Blog Luno

Viser la lune : le futur de l’argent

Retour vers le Blog

​Mengapa Luno perlu identitas saya untuk verifikasi akun?

Claristy
4 minute(s) de lecture

Lebih dari dua juta orang di seluruh dunia mempercayakan keamanan Bitcoin dan Ethereum mereka kepada Luno. Ini merupakan suatu tanggung jawab yang besar dan tujuan utama kami adalah melindungi uang Anda dari isu keamanan atau kejahatan keuangan.

kyc_image

Di Luno, sangat penting bagi kami untuk menunjukkan cara kerja kami di belakang layar. Memilih perusahaan yang tepat untuk melindungi uang Anda merupakan hal yang sangat penting. Namun, sulit untuk membuat keputusan tanpa cukup informasi mengenai praktik keamanan dan Kepatuhan (compliance).

Oleh sebab itu, kami memilih bersikap transparan tentang bagaimana kami melindungi uang Anda. Kami tidaklah sempurna, namun kami selalu memprioritaskan keamanan dan senantiasa mengembangkan sistem kami.

Satu area dimana sering terjadi kebingungan dan kesalahpahaman adalah tentang peraturan. Dalam postingan ini, kami ingin menginformasikan mengapa kami perlu mengetahui identitas Anda ketika Anda mendaftarkan akun di Luno.

Bermain sesuai aturan

Industri Bitcoin dulunya tidak diatur oleh kebijakan apapun. Teknologi baru yang disruptif seringkali menghasilkan periode lag antara waktu terciptanya teknologi tersebut, hingga adanya kebijakan yang mengaturnya.

Banyak perusahaan yang mengambil kesempatan ini untuk mencari jalan singkat. Namun para pembuat peraturan dengan segera mengejar ketertinggalan mereka. Sejak awal, Luno memilih untuk menetapkan aturan bagi diri kami sendiri dengan menerapkan pedoman Anti Pencucian Uang (Anti Money Laundering/AML) dan Kenali Konsumer Anda (Know Your Customer/KYC). Kami sangat menyambut adanya kebijakan resmi dan percaya bahwa adanya proses yang tepat akan membuat transisi yang lebih lancar menuju uang tanpa gesekan.

Semua teknologi pasti memiliki kebaikan dan keburukan. Demikian pula dengan Bitcoin. Pada mulanya, anonimitas membuat beberapa orang menggunakan Bitcoin untuk tujuan-tujuan ilegal. Namun seiring dengan meningkatnya peraturan dan kesadaran, hal ini telah berubah. Luno senantiasa berdiskusi dengan bank, pembuat peraturan dan perusahan-perusahaan keuangan untuk membantu meningkatkan standar bagi industri aset kripto.

Apa itu AML dan KYC?

Anda mungkin pernah mendengar akronim tersebut (jangan kuatir jika Anda belum pernah mendengarnya), inilah arti sebenarnya dari akronim tersebut.

AML adalah regulasi yang dirancang untuk mencegah tindak pencucian uang

Tindak pencucian uang dilakukan oleh pelaku kriminal untuk menyembunyikan uang yang didapatkan secara ilegal.

Untuk mencegah hal tersebut, peraturan AML biasanya diterapkan oleh perusahaan-perusahaan keuangan dan pemberi pinjaman, sekaligus agen perumahan, akuntan dan lain sebagainya. Peraturan ini mewajibkan perusahaan agar menempatkan kendali untuk mencegah layanan mereka digunakan untuk kegiatan pencucian uang.

Sebenarnya, aset kripto seperti Bitcoin adalah metode dengan risiko paling tinggi untuk tindak pencucian uang, menurut laporan dari pemerintah UK. Rincian transaksi seluruhnya direkam di blockchain publik, sehingga pelaku pemerintahan dapat melacak pergerakan uang, dimana pun di dunia. Jauh lebih mudah untuk melakukan tindak pencucian uang menggunakan uang tunai atau bank, karena berbagai peraturan di berbagai negara yang berbeda-beda.

Namun, tetap saja ada pelaku kriminal yang tidak memahami hal tersebut dan mencoba untuk menggunakan cara apapun, termasuk melalui aset kripto, untuk melakukan tindak pencucian uang.

Untuk itu, kami melakukan peraturan AML mengikuti apa yang ada di perusahaan-perusahaan keuangan lainnya, dimana salah satu prosesnya adalah dengan pemeriksaan identitas pelanggan kami. Hal ini adalah untuk mencegah penggunaan aset kripto sebagai jalur untuk melakukan tindak pencucian uang, sehingga Anda tidak akan secara sengaja (ataupun tidak sengaja) melakukan hal tersebut.

Know Your Customer (KYC) adalah prosedur dimana perusahaan berusaha untuk mengenal pelanggan yang menggunakan platform mereka.

Salah satu caranya adalah dengan meminta pelanggan untuk menyertakan bukti identitas dan bukti alamat tempat tinggal. Dalam beberapa kasus, kami mungkin akan meminta beberapa dokumen pendukung lainnya.

Manfaat dari penyimpanan data ini adalah untuk keamanan uang pelanggan kami. Misalnya, dengan memiliki data mengenai pelanggan kami, kami dapat mencocokkan data sebelum memproses penarikan dana di akun Anda.

Luno hanya memproses penarikan dana ke rekening bank atas nama dokumen identitas yang terdaftar di akun Luno tersebut. Artinya, jika akun Luno dibuka atas nama Budi Santoso, maka kami hanya akan memproses penarikan dana ke rekening bank atas nama Budi Santoso.

Dengan begitu, jika karena kelalaian pelanggan akun Luno tersebut diretas oleh pihak bertanggung jawab yang mencoba melakukan penarikan dana ke rekening bank bukan atas nama Budi Santoso, maka Luno akan menolaknya dan memastikan uang Anda tetap aman.

Verifikasi akun kini jauh lebih mudah

Kami mengetahui bahwa verifikasi dokumen seringkali menjadi proses yang menyulitkan. Oleh karena itu, kami selalu berusaha untuk menawarkan perkembangan ini dalam proses kami.

Jika Anda berencana beli Bitcoin melebihi limit Anda, Anda harus melampirkan bukti identitas, lalu nantinya setelah melebihi limit lain, Anda perlu mengirimkan bukti alamat tempat tinggal.

identity_review congratulations_review

Verifikasi akun di Luno dapat dilakukan melalui aplikasi Luno di Android atau iOS, atau bisa juga melalui website Luno.

Verifikasi hanya memerlukan waktu beberapa menit, atau beberapa hari jika ada kendala atau untuk level yang paling tinggi.

Kami menghormati privasi Anda

Ketika Anda memberikan bukti identitas dan alamat Anda, tim Luno akan menggunakannya untuk memeriksa keaslian seluruh detail informasi Anda. Pemeriksaan ini kebanyakan dijalankan secara manual dengan beberapa bagian yang dijalankan secara otomatis, namun semua anggota yang terlibat telah dilatih untuk menghargai privasi Anda.

Sesuai dengan peraturan AML dan KYC, informasi Anda tersimpan dengan aman. Kecil kemungkinan bahwa informasi Anda akan diakses kembali setelah verifikasi. Kami senantiasa mematuhi hukum perlindungan data lokal. 

Informasi Anda hanya akan dibagikan kepada pihak ketiga jika kami memiliki izin atau diwajibkan oleh hukum.

Luno hanya menggunakan informasi Anda untuk memberikan layanan yang aman dan teregulasi. Kami tidak akan pernah menjual informasi Anda kepada pihak ketiga, seperti makelar data. Anda dapat membaca kebijakan privasi kami secara lengkap di sini.

Jika proses verifikasi akun Anda memerlukan waktu lebih lama dari perkiraan, harap ketahui bahwa kadang kami perlu melakukan uji kelayakan ekstra. Tim Orientasi dan Kepatuhan Konsumer kami bekerja sepanjang waktu untuk memberikan tanggapan dengan giat dan cepat, namun karena ukuran tim kami yang tidak terlalu besar, kadang akan terjadi ketertundaan ekstra.

Avatar Claristy
Auteur

Claristy

A graduate from the University of Indonesia, Claristy is young, enthusiastic, passionate and been awarded as one of the most outstanding students by several companies and institutions in Indonesia. She is a combination of a perfectionist and a high achiever.

Il n’est jamais trop tard pour débuter.
Achetez, stockez et découvrez le Bitcoin et l’ethereum sans plus attendre.

Desktop Icon Apple App Store Logo Google Play Store Logo