Blog Luno

To the moon: masa depan uang
Kembali ke Blog

10 tahun lalu, lahir blok pertama Bitcoin

Team Luno
lama baca 2 menit

10 tahun yang lalu, Barack Obama mengatakan “Ya, kita bisa!” dan terpilih sebagai Presiden Amerika Serikat. Sepuluh tahun yang lalu, film legendaris Avatar yang indah dirilis, dan kita merayakan perayaan empat puluh tahun sejak manusia pertama mendarat di bulan. Sepuluh tahun yang lalu juga menjadi tanggal dimana terjadi suatu peristiwa penting - blok pertama Bitcoin.

first_blockchain

Ya, pada tanggal 3 Januari 2019, Satoshi Nakamoto menandakan dimulainya blok orisinil, atau genesis block -- blok pertama Bitcoin

Dalam blok pertama Bitcoin tersebut, tidak ada kegiatan mining yang terlibat -- namun 50 Bitcoin langsung tercatat (coded) di softwarenya. 50 Bitcoin pertama tersebut ditetapkan agar tidak bisa digunakan, sehingga hanya Bitcoin yang ditambang secara publik yang bisa memiliki nilai.

Hal tersebut merupakan pengorbanan luar biasa bagaikan yang terjadi di dongeng, mengingat bahwa kini 50 Bitcoin bernilai lebih dari USD 192.200. Dan nampaknya, dunia akan mendapat akhir yang bahagia, melihat bahwa komunitas ini telah menja sejak 50 Bitcoin Nakamoto membentuk fondasi dasar dari sistem finansial global baru.

Ketika akhirnya Satoshi mengirimkan Bitcoin sebagai percobaan pada Hal Finney yang merupakan seorang pengembang, hal tersebut telah selamanya terpatri di sejarah sebagai transaksi Bitcoin pertama.

Bitcoin saat ini

Bagaimana tepatnya keadaan Bitcoin saat ini?

Saat ini penambang Bitcoin mendapat block reward sebesar 12.5 Bitcoin. Block reward mengacu pada Bitcoin baru yang diberikan oleh jaringan blockchain pada penambang. Setiap tercapainya 210,000 blockblock reward dipotong menjadi setengah dari jumlah awalnya, dan ini terjadi setiap empat tahun. Tiap harinya, ada 144 block yang ditambang. Jumlah tersebut setara dengan 1800 Bitcoin.

Menariknya, sebuah riset yang dilakukan oleh perusahaan Chainalysis menunjukkan bahwa 20% dari Bitcoin tidak dapat lagi diakses. Oleh karena itu, dari 17.3 juta Bitcoin yang saat ini ada di sirkulasi, hanya 11 juta yang bisa diakses.

Setelah artikel kami mengenai kejadian-kejadian terkait industri cryptocurrency di tahun 2018, kami (tidak) sabar untuk melihat bagaimana Bitcoin akan berkembang, sekaligus apa yang dapat terjadi di tahun 2019.

Sistem keuangan baru

Dengan meletakkan fondasi teknologi dasar, blok pertama Bitcoin yang dibuat Satoshi menjadi katalis dari suatu perubahan besar yang ke depannya akan menjadi topik hangat di tingkat global.

Block tersebut menjadi titik awal dari Bitcoin beserta aset-aset kripto lainnya yang tercipta setelahnya, begitu juga dengan sebuah sistem keuangan baru -- sistem yang memberikan kembali kendali atas uang Anda, ke tangan Anda sendiri.

Meski perlu waktu untuk memahami mengenai aset kripto, perayaan tahun kesepuluh dari terciptanya Bitcoin merupakan sesuatu yang pantas dirayakan. Kita sudah melihat bagaimana industri ini mengalami kenaikan dan penurunan, tapi secara keseluruhan, industri kripto ini telah mengalami kemajuan yang signifikan. Terutama dengan adanya komunitas yang menaruh prioritas pada pembangunan struktur, kami bisa melihat bahwa meskipun evolusi sistem ini tidak terjadi dalam waktu dekat, perubahan ini mungkin dapat terjadi lebih cepat dari prediksi-prediksi kubu kontra.

Bagaimana prediksi Anda tentang masa depan Bitcoin 10 tahun ke depan? Beri tahu kami melalui Facebook dan Twitter.

Avatar Team Luno
Penulis

Team Luno

On our way to the moon, we write about all things crypto. And don’t forget we’re humans too. Our blog conveys the views of Luno and the many unique opinions and characters within our team. We’ll never provide you with financial advice, and we urge you to conduct your own research before purchasing or trading any cryptocurrencies. It’s a brave new world out there, and the market can be volatile at times, so never trade with funds you can’t afford to lose. Want to let us know how much you love our blog? Tweet us @lunomoney.

Tidak ada kata terlambat untuk memulai.
Beli, simpan, serta pelajari Bitcoin dan Ethereum sekarang.

Desktop Icon Apple App Store Logo Google Play Store Logo