Kembali ke Artikel

15 Pertanyaan Bitcoin dari webinar Luno Indonesia

Claristy
lama baca 3 menit

Kami mengadakan webinar berjudul Bitcoin 101 & Live QnA dimana Country Analyst Luno Indonesia, Claristy, menjelaskan mengenai Bitcoin dan menjawab pertanyaan secara LIVE dari peserta webinar.

Webinar awalnya dijadwalkan untuk jangka waktu selama 45 menit, namun akhirnya webinar berlangsung lebih lama karena banyaknya pertanyaan yang diajukan oleh peserta webinar. Kami sangat berterima kasih untuk antusiasme semua peserta webinar.

Luno Indonesia webinar

Luno Indonesia webinar

Anda dapat melihat siaran ulang webinar di laman Facebook Luno Indonesia di sini.

Berikut pertanyaan yang banyak disebut mengenai Bitcoin dan Luno:

1. Apakah saya harus beli 1 Bitcoin langsung? Berapa minimum pembelian Bitcoin? Apakah pembelian Bitcoin seperti beli emas, misalnya kita harus membayar uang seharga 1 kg emas misalnya?

Tidak. Anda dapat membeli Bitcoin berapa pun yang Anda mau, berbeda ketika Anda membeli emas. Misalnya, Anda memiliki uang senilai Rp4.000.000 dan ingin Anda belanjakan semuanya untuk Bitcoin, maka Anda akan mendapatkan 0.08 Bitcoin (mis. ketika harga 1 BTC adalah Rp50.000.000 saat itu). Anda bahkan dapat membeli Bitcoin dengan jumlah yang lebih kecil.

2. Apakah saya dapat membeli dan menjual Bitcoin dengan USD di Luno?

Tidak. Jika Anda terverifikasi di Luno Indonesia, Anda hanya dapat melakukan jual beli Bitcoin dengan mata uang Rupiah.

3. Apakah Luno akan menyediakan layanan mata uang digital lain ke depannya (seperti Ethereum)?

Kemungkinan tersebut selalu ada. Perkembangan mata uang digital tersebut yang akan menentukan apakah kami akan menambahkannya ke Luno atau tidak. Bitcoin saat ini adalah mata uang digital terbesar. Jika Anda memiliki Bitcoin, Anda dapat menggunakannya untuk membeli mata uang digital lain.

4. Apakah saya dapat memindahkan Bitcoin dari paper wallet saya ke Luno dan sebaliknya?

Bisa. Untuk bantuan lebih lanjut, mohon hubungi support@luno.com.

5. Apa kelebihan Luno dibandingkan exchanger lain?

Luno adalah platform penyedia layanan “Bitcoin wallet” dan “Bitcoin exchange”. Anda dapat beli, jual, dan simpan Bitcoin dengan Luno Wallet, dan Anda dapat trading Bitcoin di Luno Exchange. Artinya, Luno adalah tempat yang aman untuk menyimpan Bitcoin Anda karena prosedur keamanan yang kami lakukan untuk Bitcoin dan uang Anda.

Di perusahaan yang hanya menyediakan layanan Bitcoin exchange, Anda perlu memindahkan Bitcoin Anda ke layanan Bitcoin wallet untuk menjaga Bitcoin Anda aman. Di Luno, Anda menghemat waktu dan tenaga karena Anda tidak perlu melakukan perpindahan lagi.

Di Indonesia, Luno adalah pilihan terbaik dalam menyimpan Bitcoin Anda dengan aman. Kami melakukan prosedur keamanan global untuk setiap Bitcoin pelanggan kami.. Luno Bitcoin Wallet tersedia di Play Store untuk Android dan App Store untuk iOS sehingga Anda dapat mengakses Bitcoin Anda dimanapun Anda berada.

6. Jumlah bitcoin hanya 21 juta, apakah itu akan cukup di masa depan? Mengingat visi Bitcoin untuk menjadi mata uang yang digunakan di seluruh dunia?

Tentu cukup. Bitcoin dapat dipecah menjadi bagian-bagian kecil yang disebut satoshi. Anda dapat membeli hanya 0.00000001 Bitcoin. Beberapa tahun lalu 1 Bitcoin seharga Rp5.000.000, sehingga orang harus membayar 1 Bitcoin untuk membeli 1 buah ponsel (misalnya). Namun saat ini, 1 Bitcoin senilai dengan Rp50.000.000, sehingga Anda hanya perlu membayarkan 0.1 Bitcoin untuk ponsel yang sama. Jadi, nilai Bitcoin akan terus meningkat. Jumlah tersebut diatur agar nilai Bitcoin tetap berharga seiring berjalannya waktu.

7. Apakah Luno menyediakan private key?

Luno menyimpan private key semua pelanggan Luno dengan aman. Anda dapat membaca mengenai prosedur keamanan kami di sini.

8. Apa untuk melakukan transaksi harus ditukar ke Bitcoin dulu?

Jika Anda ingin berbelanja di toko offline dan online yang menerima Bitcoin, Anda sebenarnya membayar dengan Bitcoin. Namun jika Anda hanya memiliki saldo Rupiah di Luno, kami akan mengkonversi Rupiah tersebut ke Bitcoin secara otomatis ketika Anda membayar/mengirimkan Bitcoin.

9. Jika saya mengirimkan Bitcoin ke teman saya di negara lain, bagaimana cara dia menukar Bitcoin ke mata uang di negara tersebut?

Luno saat ini beroperasi di negara-negara Eropa, Indonesia, Malaysia, Afrika Selatan, dan Nigeria. Anda tetap dapat mengirim Bitcoin ke negara apapun jika Anda memiliki alamat dompet penerima. Penerima Bitcoin di negara lain dapat mendaftarkan wallet yang mendukung jual beli Bitcoin dalam mata uang negara lokal lalu memberikan alamat dompetnya untuk Anda.

10. Apakah saya dapat memasang position di exchange Luno? Berapa lama posisi itu akan bertahan?

Benar. Anda dapat memasang order untuk jual atau beli Bitcoin di harga tertentu. Order tetap akan bertahan (available) jika belum ada orang lain yang mengambil order Anda. Untuk jual/beli instan, Anda dapat menuju ke bagian BELI dan JUAL yang ada di laman awal Luno.

11. Apakah transaksi Bitcoin bisa dilakukan secara offline tanpa internet?

Tidak bisa. Anda perlu terhubung dengan internet agar aplikasi Luno Anda dapat bekerja dan Anda dapat mengirimkan Bitcoin Anda.

12. Apa pendapat Anda mengenai pelaku yang menggunakan Bitcoin untuk menghindari pajak atau pencucian uang, atau mereka yang mendanai tindak terorisme?

Di semua negara dimana Luno beroperasi, kami sangat mementingkan keamanan dan kepatuhan (compliance). Kami selalu melakukan prosedur KYC (know your customer), AML (anti-money laundering), serta mekanisme deteksi penipuan yang ketat. Lihat di sini untuk membaca lebih lanjut.

13. Bagaimana cara mengikuti perubahan harga Bitcoin?

Harga Bitcoin berubah terus-menerus setiap menit tergantung permintaan dan penawaran. Untuk mengecek harga Bitcoin, Anda dapat mengunjungi laman harga Bitcoin di sini. Atau, Anda dapat mengikuti akun LINE@ Luno Indonesia (dengan ID @luno) untuk mendapatkan update harga Bitcoin harian.

14. Apakah ada rencana dari LUNO untuk membuat ATM Bitcoin?

Untuk saat ini, kami belum memiliki rencana untuk membuat ATM Bitcoin.

15. Bagaimana cara agar dapat bekerja di Luno?

Anda dapat mengecek laman Karir Luno di sini untuk bergabung dengan tim Luno.

Jika Anda memiliki pertanyaan lain mengenai cara beli Bitcoin, cara menjaga Bitcoin Anda dengan aman, atau pertanyaan lainnya, silahkan kunjungi Portal Pembelajaran Luno atau Pusat Bantuan Luno.

To the moon!

Avatar Claristy
Penulis

Claristy

A graduate from the University of Indonesia, Claristy is young, enthusiastic, passionate and been awarded as one of the most outstanding students by several companies and institutions in Indonesia. She is a combination of a perfectionist and a high achiever.

Tidak ada kata terlambat untuk mulai menggunakan Bitcoin. Beli, simpan, dan pelajari Bitcoin sekarang.

Desktop Icon Apple App Store Logo Google Play Store Logo