Akui punya aset kripto, George Soros dorong Bitcoin naik Rp 780 juta? #BeritaKripto

Tim Luno
Kembali ke blog


lama baca 2 menit

 

Mungkin Anda masih ingat kalau beberapa waktu lalu, harga Bitcoin dan aset kripto lainnya sempat turun pada momen yang hampir bersamaan dengan turunnya instrumen investasi konvensional lainnya. Tentunya banyak yang berharap-harap cemas jika harga Bitcoin naik lagi?

 

Banyak yang menyangka bahwa ada korelasi antara turunnya harga Bitcoin dengan harga pasar modal. Namun nampaknya, itu hanyalah kebetulan semata. Karena ternyata, Bitcoin naik dan kembali menembus level $50.000 (Rp 700 juta) pada hari Selasa lalu, padahal Wall Street tengah bergejolak. Aset kripto lain seperti XRP dan Ethereum juga ikut mengalami kenaikan dalam 7 hari terakhir.

 

Lalu pada hari Rabu (6/10), Bitcoin naik lagi hingga menyentuh $55.499 (sekitar Rp 777 juta). Harga Bitcoin naik ke level tertinggi dalam 5 bulan terakhir ini terjadi berkat klaim dari Soros Fund Management. Perusahaan investasi milik miliarder dan investor Amerika Serikat George Soros itu menyebutkan bahwa mereka juga ikut melakukan trading Bitcoin, namun aset Bitcoin yang mereka miliki memang tidak terlalu banyak.

 

Dari dalam negeri, mantan Menteri Perdagangan era mantan presiden SBY - Gita Wirjawan juga memberikan opini positif tentang aset kripto. Gita Wirjawan berpendapat bahwa nilai transaksi aset kripto ini berpotensi ungguli transaksi kartu kredit. Hal ini juga didorong - salah satunya oleh tren aset kripto yang meningkat pesat secara global.

 

"Saat ini aplikasi blockchain sudah progresif sekali, sehingga transaksi kripto akan melebihi kartu kredit. Hanya masalah waktu saja," ujarnya saat hadir di Indonesia Knowledge Forum X 2020 'Towards BUSINESS REBOUND: Accelerate Economic Recovery through Knowledge' pada Kamis 7 Oktober 2021.

 

Di Amerika Serikat sendiri, aset kripto kelihatannya mendapatkan dukungan dari Ketua Federal Reserve, Jerome Powell. Dalam sebuah kongres yang berlangsung pada hari Rabu lalu, Powell menyebutkan bank sentral AS “tidak memiliki keinginan” untuk melarang aset kripto, termasuk Stablecoin. 

 

Pernyataan Powell dapat mengurangi ketakutan bahwa AS akan mengikuti jejak Tiongkok. Kabar tersebut juga menghapus hambatan terbesar aset kripto, terutama bagi investor institusional.

 

Analisis harga

 

Setelah berjuang di level resistance $45.000 (Rp 630 juta) selama tiga minggu, harga Bitcoin naik dan akhirnya menembus $50.000 (Rp 700 juta). Bahkan si Raja Kripto ini berhasil terbang hingga menembus $55.000 (Rp 770-an juta).

 

Sepanjang bulan Agustus dan September, Bitcoin dipertukarkan di kisaran $46.000 - $48.000 (Rp 644 juta - Rp 672 juta). Level tersebut merupakan level support yang kuat, dan harga kemungkinan akan mengalami konsolidasi di area ini. Jika bitcoin gagal mempertahankan support di atas $48.000 (Rp 672 juta), maka support berikutnya akan berada di level resistance sebelumnya yaitu di angka $45.000 (Rp 630 juta). Jika harga jatuh di bawah angka ini, maka level support selanjutnya akan berada di kisaran $40.000 (Rp 560 juta).

 

Positifnya, level resistance terdekat adalah pada $56.000 (Rp 800 juta), harga tertinggi bitcoin sejak bulan Mei 2021. Jika berhasil menembus angka ini, maka resistance berikutnya ada di kisaran $56.000 (Rp 800 juta).

 

Isi artikel ini hanya bertujuan sebagai informasi dan bukan saran investasi atau bentuk rekomendasi ataupun ajakan. Luno selalu menyarankan Anda untuk mendapatkan nasihat keuangan oleh Anda dan untuk Anda sendiri sebelum berinvestasi atau trading cryptocurrency.

Avatar Tim Luno
Penulis

Tim Luno

Kami menulis semua hal tentang cryptocurrency untuk mengedukasi dan membuka lebih banyak mata serta pandangan tentang cryptocurrency. Blog kami menyampaikan pandangan Luno dan berbagai opini dan karakter unik di tim kami. Kami tidak akan pernah memberi Anda nasihat atau tips tentang keuangan, dan kami mendorong Anda untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya terlebih dahulu sebelum membeli atau terlibat dalam bursa cryptocurrency apapun. Dunia cryptocurrency adalah dunia yang menantang dan harga di pasar bisa berubah dalam hitungan detik, jadi lakukanlah investasi cryptocurrency Anda dengan bijak. Sampaikan kepada kami pendapat Anda tentang blog kami melalui Twitter kami @lunomoney

Jangan sampai ketinggalan!

Beli, simpan dan belajar tentang aset kripto sekarang

Desktop Icon Apple App Store Logo Google Play Store Logo