Anda tidak perlu beli langsung satu Bitcoin

Kesalahpahaman yang umum terjadi untuk mereka yang baru mengenal Bitcoin adalah mereka mengira harus membeli satu (1) Bitcoin utuh, sekaligus. Setelah melihat harga 1 Bitcoin yang sedemikian tinggi (saat penulisan artikel ini, harga 1 Bitcoin = Rp36.507.000), banyak yang langsung membatalkan keinginan beli Bitcoin karena kesalahpahaman tersebut. Bitcoin bersifat digital dan tiap Bitcoin dapat dipecah-pecah tanpa batasan. Oleh karena itu, Anda dapat membeli, menjual, mengirim dan menerima ‘pecahan’ Bitcoin; yang berarti Anda tidak harus bertransaksi dengan “satu” Bitcoin langsung.

cake_id

Sama seperti semua mata uang fiat (mata uang yang diterbitkan oleh negara) yang dapat dipecah menjadi sen, 1 BTC dapat dipecah menjadi unit yang lebih kecil sampai delapan desimal: 0.00000001 BTC. Pecahan terkecil dari Bitcoin ini dikenal dengan sebutan ‘satoshi‘, yang dinamai berdasarkan orang atau kelompok orang yang menciptakan Bitcoin. Ada 100.000.000 (seratus juta) satoshis di Bitcoin.

Bursa Bitcoin memungkinkan Anda untuk menentukan jumlah mata uang lokal yang ingin Anda belanjakan dan kemudian memberi Anda jumlah Bitcoin yang setara dengan nilai mata uang lokal yang Anda mau belanjakan tersebut. Misalnya, jika 1 BTC berharga Rp10.000.000 dan Anda hanya memiliki Rp5.000.000 USD untuk dibelanjakan, Anda akan menerima 0.50 BTC.

Di sisi lain, beberapa bursa Bitcoin juga memungkinkan Anda menentukan jumlah Bitcoin yang ingin Anda beli, dan kemudian memberitahukan Anda jumlah mata uang lokal yang harus Anda bayar. Misalnya, jika Anda ingin membeli 0,25 BTC, dan nilai tukar pada saat itu adalah Rp10.000.000 per BTC, Anda perlu membayar sebesar Rp2.500.000. Perlu dipahami bahwa contoh-contoh yang kami berikan belum menambahkan biaya transaksi.

Berguna untuk transaksi sehari-hari

Harga Bitcoin telah meningkat secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Agar dapat digunakan dalam transaksi sehari-hari, orang mulai melakukan perhitungan di unit (desimal) yang lebih kecil.
Dengan memecahkannya ke unit yang lebih kecil membuat Bitcoin dapat digunakan dan terjangkau untuk semua. Jadi, jika harga Bitcoin terus meningkat hingga jutaan bahkan ratusan Rupiah, hal ini memungkinkan orang untuk membeli pecahan kecil Bitcoin. Baca lebih lanjut tentang transaksi Bitcoin di Pusat Bantuan kami.

Unit pengukuran Bitcoin

Unit pengukuran Bitcoin mengikuti International System of Units, sebuah standar pengukuran global yang telah digunakan selama berabad-abad. Unit yang paling umum digunakan adalah “bitcoin”, yang kadang ditulis dalam bit, satoshis dan cara lainnya:

UnitNilai (BTC)
BTC (atau Bitcoin)1
cBTC atau bitcent0.01
mBTC atau millibit0.001
μBTC atau bit0.000001
finney0.0000001
satoshi0.00000001

Saat ini sebagian besar platform Bitcoin – termasuk Luno – masih hanya menggunakan Bitcoin sebagai unit pengukuran: mis. 1 BTC, 0.0023 BTC dan seterusnya, namun pecahan unit yang disebutkan di atas mungkin akan digunakan dalam beberapa waktu mendatang.

Berapakah nilai mata uang lokal saya dalam Bitcoin?

Jika Anda ingin melihat seberapa banyak Bitcoin (atau pecahannya) yang dapat Anda beli:

  1. Kunjungi halaman Harga Bitcoin
  2. Pilih mata uang Anda
  3. Masukkan jumlah (dalam mata uang lokal Anda)
  4. Jumlah Bitcoin, dengan kurs saat ini, akan ditampilkan untuk Anda

luno-local-bitcoin-price-page

Did you find this useful?

1
2