Kini hadir! Stablecoin pertama di aplikasi Luno - USDC

Tim Luno
Kembali ke blog


lama baca 3 menit

🚀🚀🚀 KOIN BARU TELAH KAMI LUNCURKAN! 🚀🚀🚀

USD Coin (USDC) telah tersedia di aplikasi Luno. Kini pilihan investasi / trading aset kripto Anda kian beragam di aplikasi Luno! Anda dapat  beli, jual, dan simpan USDC di Luno dengan mudah melalui fitur unggulan kami; Jual/Beli Instan atau Exchange Luno

Ibarat kata pepatah tak kenal maka tak sayang, simak uraian mengapa USDC dapat menjadi pilihan tepat untuk diversifikasi portofolio Anda dan cara mendapatkannya di aplikasi Luno di bawah ini.

Apa itu USDC? 

USDC adalah salah satu stablecoin. Stablecoin sendiri merupakan aset kripto yang nilainya dipatokkan atau dijamin dengan aset lainnya, atau sekelompok aset yang mendasarinya. USDC sendiri dipatokkan dengan dolar AS. Pada dasarnya, yang dilakukan oleh USDC adalah menciptakan mata uang dolar dalam bentuk digital dengan menjadikan dolar sebagai token dan menempatkannya di blockchain.

Mengapa saya memerlukannya? 

Stablecoin adalah jembatan antara sistem keuangan yang baru dengan yang lama. Dolar AS versi digital memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan versi fisiknya. Diantaranya adalah

  • bentuk digital memudahkannya untuk ditransfer dan dipindahkan ke mana saja di seluruh dunia hampir secara instan
  • ‘versi fiat’ dari dolar AS digunakan lintas wilayah dan negara (berpindah tangan) secara lambat karena diatur secara ketat oleh lembaga-lembaga keuangan tradisional, mengikuti proses-proses cara lama, aturan yurisdiksi, dan lain sebagainya.

Berbeda dengan USDC yang dapat dipindahtangankan dengan lebih mudah. Hal ini juga menjadikan dolar AS sebagai token juga memberikan fungsi tambahan, yaitu memudahkan pemrogramannya dengan dan untuk digunakan dalam dApps

Apakah keunggulan lain yang bisa saya manfaatkan? 

USDC digunakan karena keunggulan atau fungsi yang dimilikinya. Salah satunya adalah untuk melindungi kestabilan nilainya dari volatilitas, khususnya saat pasar menurun – baik itu pasar aset kripto maupun mata uang lokal Anda sendiri. Di negara-negara dengan nilai mata uang yang lebih fluktuatif, kepemilikan USDC memberikan manfaat bagi Anda untuk menyimpan aset Anda dalam bentuk mata uang yang secara historis lebih terpercaya karena masih menjadi mata uang cadangan dunia,.

Contoh penggunaan lainnya adalah ketika Anda menjual aset kripto. Ketika Anda menjual, Anda ingin menyimpan uang Anda di platform sehingga siap digunakan kapan saja. Jika Anda menyimpannya dalam bentuk USDC, Anda tidak perlu membayar biaya penarikan dan biaya deposit.

Mengapa USDC? 

USDC memiliki kapitalisasi pasar di atas $5 miliar. Di luar sana, terdapat beberapa stablecoin lain yang mungkin pernah Anda dengar, seperti Tether. Kami percaya bahwa USDC memiliki sejumlah keuntungan lebih dibandingkan koin-koin lain, terutama dalam hal keamanan.

  • USDC sepenuhnya terjaminkan. Artinya, simpanan yang mereka miliki mempunyai rasio 1:1 dengan dolar AS. Jadi, untuk setiap 1 USDC yang ada, penerbit koin menyimpan 1 dolar AS sebagai jaminan.
  • Keunikan USDC adalah karena USDC dikeluarkan oleh lembaga-lembaga keuangan yang menyatakan bahwa mereka menggunakan standar pengelolaan korporat tertinggi dan berkomitmen untuk memberikan transparansi penuh.
  • Seluruh penerbit USDC wajib melaporkan kepemilikan USD mereka, yang kemudian akan dilaporkan oleh perusahaan akuntansi Grant Thornton LLP secara bulanan. Laporan bulanan ini tersedia secara daring bagi siapa saja yang ingin melihatnya. Artinya, Anda bisa yakin bahwa USDC 100% selalu dapat ditukarkan dengan dolar.

USDC diatur oleh Centre, sebuah konsorsium berbasis keanggotaan yang menetapkan standar teknis, kebijakan dan keuangan bagi stablecoin. Centre terdiri atas Circle dan Coinbase, yang merupakan dua dari perusahaan terkemuka dalam dunia cryptocurrency, dengan rekam jejak keandalan, keberhasilan yang panjang serta mengikuti aturan yang ketat.

Bagaimana cara mendapatkan dompet USDC di aplikasi Luno? 

Ada dua cara untuk membuat dompet USDC: 

  1. Ketika Anda memilih trading pair USDC pada Exchange Luno, dan pasang order, dompet USDC baru akan secara otomatis dibuat bagi Anda untuk menyimpan USDC yang baru Anda tradingkan.
  2. Cara lain untuk membuat dompet USDC adalah dengan menambahkannya secara manual ke akun Anda.

 

Untuk saat ini, Anda dapat membeli USDC dalam beberapa opsi trading pairs, diantaranya adalah;

  • Exchange : USDC/BTC, USDC/ETH
  • Jual Beli Instan : USDC/IDR, USDC/ koin lainnya.

 

Pelajari lebih lanjut cara membuat dompet USDC Anda. 

Bisakah saya mengirim USDC ke Luno?

Anda bisa mengirim USDC ke dan dari Luno dengan cara yang sama dengan Anda mengirim cryptocurrency lain melalui Luno. Cukup berikan alamat terima USDC atau kode QR Anda kepada pengirim. Anda bisa menemukannya di bawah kolom Terima pada Dompet USDC Anda pada menu Dompet.

 

Pelajari lebih lanjut tentang cara mengirim dan menerima cryptocurrency seperti Bitcoin dan termasuk USDC melalui Luno

Anda perlu bantuan lainnya seputar USDC?

Tim kami siap untuk membantu setiap permasalahan yang Anda temui, jangan ragu untuk hubungi tim Support kami via email ke [email protected] Ikuti kami di social media (Facebook, Instagram, dan YouTube) untuk menjadi orang pertama yang mengetahui koin apa yang selanjutnya akan kami luncurkan.

 

Avatar Tim Luno
Penulis

Tim Luno

Kami menulis semua hal tentang cryptocurrency untuk mengedukasi dan membuka lebih banyak mata serta pandangan tentang cryptocurrency. Blog kami menyampaikan pandangan Luno dan berbagai opini dan karakter unik di tim kami. Kami tidak akan pernah memberi Anda nasihat atau tips tentang keuangan, dan kami mendorong Anda untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya terlebih dahulu sebelum membeli atau terlibat dalam bursa cryptocurrency apapun. Dunia cryptocurrency adalah dunia yang menantang dan harga di pasar bisa berubah dalam hitungan detik, jadi lakukanlah investasi cryptocurrency Anda dengan bijak. Sampaikan kepada kami pendapat Anda tentang blog kami melalui Twitter kami @lunomoney

Jangan sampai ketinggalan!

Beli, simpan dan belajar tentang aset kripto sekarang

Desktop Icon Apple App Store Logo Google Play Store Logo