Kembali ke Artikel

Bawa Bitcoin ke Kancah Mainstream

Werner van Rooyen
lama baca 3 menit

Kami di Luno sangat suka memakai Bitcoin karena dari berbagai keunggulan yang jelas dibandingkan dengan alat tukar uang lainnya. Dilihat dari daya tarik market dari berbagai negara dimana kami beroperasi, kami yakin suatu saat dalam waktu dekat ini Bitcoin menjadi alat tukar uang yang dipakai banyak orang. Tidak luput, setiap harinya kami selalu di tanyai orang "kenapa saya harus pakai Bitcoin?".

Kami ketahui kurangnya industri Bitcoin itu sendiri belum dapat menjelaskan secara penuh kegunaannya kepada publik. Contohnya, keunggulan Bitcoin bagi para pedagang online sangat terdokumentasi dengan jelas: terima pembayaran lebih murah, tidak ada chargeback. Tetapi bagi para konsumer yang melakukan pembayaran tidak lah dijelaskan, mengapa mereka harus memakai Bitcoin dibanding alternatif lainnya seperti kartu kredit?

Sebenarnya banyak keuntungannya bagi mereka.

Contoh pertamanya adalah customer experience yang jauh lebih unggul (terutama di mobile, salah satu kunci utama bagi para e-commerce di emerging market), privasi lebih terjaga (paling penting untuk pengiriman antar negara), keleluasaan melakukan transaksi kecil, bergabung ke dalam network pedagang global, dan tentunya, untuk berbagai banyak orang di emerging market, keleluasaan untuk transaksi online dimana yang biasanya mereka tidak dapat lakukan, mungkin karena mereka tidak mempunyai kartu kredit, atau kartu kredit mereka sedang ditolak karena masuk kedalam resiko penipuan yang terdapat di negara tersebut.

Patut menjadi catatan bahwa dengan layanan seperti Luno, Anda bisa lakukan semua itu langsung dengan Bitcoin, atau memakai 'Bitcoin as a rails' - menjadikan Bitcoin sebagai tulang punggung mekanisme pembayaran tetapi tetap mata uang lokal yang dilihat dan dipakai - ini akan menjadi perbedaan yang besar untuk penggerak adopsi mainstream awal.

Mungkin contoh-contoh diatas terlihat seperti penggunaan niche tertentu saja, tetapi sebenarnya mereka itu niche yang besar dan penting yang memecahkan permasalahan ril bagi banyak orang di dunia ini. Pembayaran online hanyalah satu contoh saja, masih banyak lainnya, terutama di market dimana kami beroperasi. Menariknya, saat kami menggabungkan niche ini semua barulah terlihat dan terbentuknya nilai-nilai menarik baru lainnya (detil lebihnya akan kami jabarkan ke postingan blog kami berikutnya).

Di Luno kami percaya bahwa adopsi Bitcoin ke mainstream akan bermulai dari tipe niche-niche seperti ini - area dimana Bitcoin dapat memecahkan problem atau kekurangan dari metode pembayaran lainnya atau limitasi dari mata uang lainnya - lalu dari sini bercabang ke adopsi mainstream yang lebih luas. Namun, sangatlah kritis nilai proposisi ini harus dipilah dan diartikulasi dengan baik terlebih dahulu, dan lebih pentingnya lagi, terkomunikasi dengan baik kepada orang yang benar melalui saluran yang tepat, pada saat yang tepat.

Kami akan sangat fokus energi dan sumber daya kami secara proaktif di tahun 2016 ini. Untuk memulai, kami baru saja merilis tiga video baru Luno yang kami sangat gembira untuk di sharing dengan Luno dan masyarakat Bitcoin lainnya.

Yang pertama, 'Bitcoin First Date', khusus mengeksplorasi pengalaman pengguna dalam melakukan pembayaran online:

Berikutnya 'How Fast is Bitcoin?' sebuah video humoris yang menunjukkan seberapa cepat uang dapat ditransfer keliling dunia dengan menggunakan Bitcoin. Ini adalah ilustrasi yang penting mengenai kekuatan memilah, fokus kepada kecepatan daripada biaya. Kami selalu agak skeptis mengenai persaingan biaya pengiriman uang antar negara yang menggunakan Bitcoin dengan satu sama lain, tentu dalam jangka pendek. Ada beberapa keuntungan menarik lainnya termasuk interoperabilitas dan penyatuan likuiditas yang kami akan membahas lebih dalam di postingan blog lain waktu, tetapi untuk sekarang kecepatan adalah yang paling utama bagi kita dan pengguna lainnya.

Yang terakhir, cocok untuk Anda yang baru saja memulai dan mencari wadah mudah untuk membeli dan menyimpan Bitcoin pertama Anda, kami persembahkan 'You know what Bitcoin is, right?':

Bila Anda belum mengikuti kami, Anda bisa lihat video lainnya di saluran channel YouTube milik Luno.

Semoga video-video ini memberikan kiasan yang bagus untuk kedepannya bagi Anda, dan kami sangat menanti untuk berbagi info lainnya dalam setahun kedepan.

Seperti biasa, bila Anda punya masukan atau ide, mohon hubungi kami di [email protected], kami akan senang untuk mendengarkannya.

Marcus

Avatar Werner van Rooyen
Penulis

Werner van Rooyen

Werner heads up Business Development and Growth at Luno. His passions include payments, e-commerce, technology, marketing and design: something that he has been fortunate enough to do on three different continents. Werner has lived and worked in South Africa, the United States, Indonesia, Taiwan and China.

Tidak ada kata terlambat untuk mulai menggunakan Bitcoin. Pelajari, beli, dan gunakan Bitcoin dengan Luno sekarang.

Desktop Icon Apple App Store Logo Google Play Store Logo