Berita kripto: Analisis pasar & harga BTC minggu 28

Tim Luno
Kembali ke blog


lama baca 4 menit

Berita kripto minggu ini kembali lagi! Peristiwa terkini di pasar kripto, pergerakan harga BTC baik dari sisi fundamental maupun teknikal selama seminggu terakhir kami bahas tuntas.

Pasar kripto masih dalam kondisi sideways

 

Satu pekan terakhir menambah rentetan periode sideways dimana harga Bitcoin bergerak di level yang masih sama dalam beberapa pekan terakhir. Volatilitas harga yang rendah bisa saja menjadi kabar yang menurunkan minat trading trader aset kripto seperti Bitcoin. Khususnya bagi trader atau investor yang baru terjun di dunia trading kripto.

 

Tapi pertanyaannya sekarang adalah sampai kapan tren sideways ini akan terus berlanjut? Saat jarak support dan resistance semakin sempit seperti sekarang ini - akankah lonjakan harga BTC akan segera terjadi? Saat lonjakan yang kita semua nantikan terjadi, kami pastinya akan berikan informasinya melalui Berita Kripto untuk Anda.

 

Korelasi Bitcoin dan saham meningkat

 

Di sisi lain, sayangnya korelasi Bitcoin dan saham terlihat makin tinggi dimana terjadi pullback harga BTC pada hari Senin karena pengaruh turunnya pasar saham. ETH, Emas, dan S&P 500 pun alami pergerakan kecil dalam sepekan terakhir. Hal ini membuat kami agak sulit untuk menarik terlalu banyak kesimpulan. Namun secara umum, satu pekan terakhir adalah periode yang cukup datar di pasar kripto. 

 

 

Analisis pasar

 

Selagi Bitcoin bergerak sideways dalam beberapa minggu terakhir, candlestick hijau mingguan seperti yang dapat Anda lihat di grafik atas kemungkinan bisa menjadi sinyal tren bullish yang akan datang. Minggu lalu, Bitcoin close di harga yang lebih tinggi dari dua minggu sebelumnya dan kami mulai melihat higher lows di sumbu mingguan. Hal tersebut menunjukkan kondisi sebaliknya dari kondisi pasar di bulan Juni secara umum, dimana terlihat lower lows pada sumbu mingguan.

 

Kondisi tersebut juga diperkuat dengan level support mingguan belum ditembus sama sekali. Namun, ada baiknya juga bagi kita menguji ulang dari posisi terendah sebagai support di level US$8.700 (Rp 130 juta - Rp 131 juta) dimana jika terjadi penurunan harga berikutnya di level tersebut, ada kemungkinan bears kembali ke untuk memimpin price action.

 

Kabar baiknya

 

Hashrate Bitcoin turun tajam pasca Halving di bulan Mei lalu, namun kini hashrate kembali naik ke level tertinggi yang pernah kami lihat di awal 2020. Jika diperhatikan dengan baik di grafik di bawah, hashrate Bitcoin mingguan sebetulnya berhasil mencapai level tertingginya sepanjang masa yang baru di minggu ini.

 

Hal ini membuktikan spekulasi tentang banyaknya penambang (miner) yang berhenti setelah halving bulan Mei berhasil terbantahkan karena data jelas mengindikasikan bahwa miners masih ada - bahkan mungkin jumlahnya kini lebih banyak dari sebelumnya.

Indeks Fear dan Greed masih di bawah level netral

 

Sentimen pasar tidak banyak berubah dalam sepekan terakhir, masih berada di bawah kondisi netral. Dibutuhkan lebih banyak price action atau aktivitas trading untuk meningkatkan volume trading untuk mendorong sentimen pasar naik ke area yang lebih positif. Dengan kondisi sideways dan volume trading yang rendah akhir-akhir ini, sentimen masih berada di area yang sama, karena investor tidak dapat memutuskan apa yang harus dilakukan di tengah kondisi seperti in.

Volume Bitcoin masih tunjukkan tren turun

 

Volume trading mingguan terus menunjukkan tren turun minggu ini yang merupakan implikasi wajar dari pasar yang bergerak sideways. Uniknya, volume trading keseluruhan di pasar kripto (altcoins) terlihat lebih stabil daripada volume Bitcoin. Tentu saja tren penurunan volume raja kripto ini sedikit mencemaskan bagi kita.

 

Volatilitas terus menurun

 

Seperti yang kami sampaikan minggu lalu, volatilitas Bitcoin dalam 30 hari berada pada posisi terendah tahunan (yearly-low) dan turun lebih rendah lagi minggu ini. Saat ini volatilitas berada di level terendah sejak April 2019.

 

Namun, volatilitas mingguan baru saja berhasil membuat rata-rata volatilitas kembali ke level 30 hari. Ini menunjukkan bahwa rata-rata pergerakan harian Bitcoin lebih besar selama seminggu terakhir daripada rata-rata dalam sebulan terakhir. Apakah kita akan segera melihat perubahan tren volatilitas?

 

 

Berita kripto minggu ini kembali lagi! Peristiwa terkini di pasar kripto, pergerakan harga BTC baik dari sisi fundamental maupun teknikal selama seminggu terakhir kami bahas tuntas.

 

Isi artikel ini hanya bertujuan sebagai informasi dan bukan saran investasi atau bentuk rekomendasi ataupun ajakan. Luno selalu menyarankan Anda untuk mendapatkan nasihat keuangan oleh Anda dan untuk Anda sendiri sebelum berinvestasi atau trading cryptocurrency.

Avatar Tim Luno
Penulis

Tim Luno

Kami menulis semua hal tentang cryptocurrency untuk mengedukasi dan membuka lebih banyak mata serta pandangan tentang cryptocurrency. Blog kami menyampaikan pandangan Luno dan berbagai opini dan karakter unik di tim kami. Kami tidak akan pernah memberi Anda nasihat atau tips tentang keuangan, dan kami mendorong Anda untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya terlebih dahulu sebelum membeli atau terlibat dalam bursa cryptocurrency apapun. Dunia cryptocurrency adalah dunia yang menantang dan harga di pasar bisa berubah dalam hitungan detik, jadi lakukanlah investasi cryptocurrency Anda dengan bijak. Sampaikan kepada kami pendapat Anda tentang blog kami melalui Twitter kami @lunomoney

Jangan sampai ketinggalan!

Beli, simpan, dan belajar Bitcoin, Ethereum, XRP, dan Litecoin sekarang

Desktop Icon Apple App Store Logo Google Play Store Logo