Berita kripto: Beberapa bank sentral kaji mata uang digital

Tim Luno
Kembali ke blog


lama baca 2 menit

Segudang berita dan informasi menarik seputar dunia kripto telah kami rangkum untuk Anda dan tentunya sayang untuk Anda lewatkan. Mulai dari bergabungnya bank sentral beberapa negara di dunia untuk mengukur potensi mata uang digital hingga adopsi massal cryptocurrency oleh usaha kecil. Informasi selengkapnya dapat Anda simak di bawah ini.

Bank sentral dunia bergabung untuk pelajari mata uang digital

Dilansir dari Reuters, sejumlah bank sentral besar bergabung untuk meninjau potensi pengembangan mata uang digital yang disebut CBDC (Central Bank Digital Currency). Bank sentral yang tergabung meliputi Bank Sentral Eropa, bank sentral Jepang, Kanada, Inggris, Swedia dan Swiss. Penilaian seputar pemilihan fungsi, teknis, pelaksanaan ekonomi serta penggunaan lintas batas menjadi beberapa poin utama dalam proyek tersebut.

Secara umum, sistem CBDC akan diimplementasikan melalui database terpusat yang dikelola oleh pemerintah. Besar kemungkinan mereka akan menggunakan teknologi blockchain, dengan sistem yang sama seperti Bitcoin. Namun, tidak seperti cryptocurrency, yang bersifat terdesentralisasi, kontrol moneter akan tetap dipegang pemerintah.

Capai titik tertinggi sejak November 2019, kenaikan volume trading Bitcoin diikuti kenaikan volatilitas

Dengan volume trading harian US$ 800 - US$ 900 juta di minggu ketiga Januari 2020, volume trading Bitcoin cukup stabil. Volume naik Lebih dari $ 1,7 miliar atau Rp 23,8 triliun (asumsi kurs Rp14.000) pada 14 Januari, yang merupakan volume harian tertinggi sejak akhir November.

Pergerakan naik juga terjadi pada volatilitas Bitcoin. Tercatat hingga minggu ketiga Januari 2020, volatilitas 30 hari Bitcoin berlanjut naik 3,5% mengikuti naiknya volume trading Bitcoin. Tren ini belum terlihat lagi sejak November tahun lalu dimana saat itu harga Bitcoin jatuh US$2.000 dalam seminggu dan menyentuh level bawah US$6.500 (Rp 91 juta, asumsi kurs Rp14.000).

Lebih dari sepertiga usaha kecil di AS terima Cryptocurrency sebagai pembayaran

Adopsi cryptocurrency secara massal terus tumbuh karena semakin banyak orang, pemerintah, usaha dan organisasi mulai memahami dan melihat potensi besar dalam penggunaan cryptocurrency.

Dalam sebuah laporan survei HSB (Hartford Steam Boiler) yang dilakukan oleh Zody Analytics di AS pada 2019, dari 505 usaha kecil-menengah di seluruh bagian Amerika Serikat, 36% mengatakan mereka menerima crypto sebagai alat pembayaran yang diterima.

Mereka berpendapat bahwa biaya pemrosesan yang lebih rendah dan transaksi yang lebih cepat merupakan alasan utama mereka dalam menggunakan mata uang kripto sebagai alat pembayaran.

Outlet perusahaan besar seperti Sephora, Burger King, Starbucks, Whole Foods, dan banyak lagi juga menerima pembayaran dalam bentuk kripto di berbagai outlet.

Investor institusi pimpin terbentuknya bull market?

Dilansir dari CME Group’s Exchange Daily Volume and Open Interest Report, aktivitas trading Bitcoin Futures meningkat belakangan ini bahkan open interest (jumlah kontrak terbuka untuk pasar berjangka dan opsi) melonjak hingga US$ 240 juta atau Rp 3,36 triliun (asumsi kurs Rp14.000), US$ 100 juta lebih tinggi dari jumlah open interest di harga yang sama sebelumnya (US$ 9000) pada November 2019.

Total volume Bitcoin Futures di CME pada minggu ketiga Januari pun jauh lebih tinggi lampaui level tertinggi volume di bulan Oktober tahun lalu. Volume trading juga bahkan telah meningkat hingga US$ 500 juta - US$ 700 juta (Rp 7 triliun - Rp9,8 triliun, asumsi kurs Rp14.000) beberapa kali di 2020.

Kenaikan-kenaikan level volume trading dan open interest Bitcoin Futures dapat menjadi indikasi kuat bahwa para investor institusi (pemilik saham) mulai memiliki pandangan positif terhadap Bitcoin.

Avatar Tim Luno
Penulis

Tim Luno

Kami menulis semua hal tentang cryptocurrency untuk mengedukasi dan membuka lebih banyak mata serta pandangan tentang cryptocurrency. Blog kami menyampaikan pandangan Luno dan berbagai opini dan karakter unik di tim kami. Kami tidak akan pernah memberi Anda nasihat atau tips tentang keuangan, dan kami mendorong Anda untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya terlebih dahulu sebelum membeli atau terlibat dalam bursa cryptocurrency apapun. Dunia cryptocurrency adalah dunia yang menantang dan harga di pasar bisa berubah dalam hitungan detik, jadi lakukanlah investasi cryptocurrency Anda dengan bijak. Sampaikan kepada kami pendapat Anda tentang blog kami melalui Twitter kami @lunomoney

Jangan sampai ketinggalan!

Beli, simpan, dan belajar Bitcoin, Ethereum, XRP, dan Litecoin sekarang

Desktop Icon Apple App Store Logo Google Play Store Logo