Berita Kripto: Bitcoin bounce ke Rp 177 juta & ETH cetak yearly-high baru

Tim Luno
Kembali ke blog


lama baca 4 menit

Pasar kripto kembali menunjukkan tren naik setelah Federal Reserve (bank sentral Amerika Serikat, setara dengan Bank Indonesia) mengumumkan minggu lalu bahwa mereka bersedia mengembalikan tingkat inflasi ke level normal dengan rata-rata 2%. Terjadi lonjakan harga Bitcoin (BTC) dalam jumlah kecil di hari Selasa hingga menyentuh US$12.000 (Rp 177 juta).

 

Sementara itu, aktivitas transaksi di blockchain Bitcoin mendekati level tertinggi. Level ini terakhir kita lihat pada Januari 2018, dimana jumlah alamat dompet aktif harian baru saja lampaui angka 1 juta. Jumlah ini jauh lebih tinggi daripada Januari 2018 ketika harga BTC mencapai US$14.000 (Rp 207 juta) lebih.

 

Pasar kripto diramaikan dengan kenaikan harga Ether (ETH) yang berhasil melampaui yearly-high sebelumnya yang terjadi di pekan ke 2 Agustus tahun 2020. Bahkan ETH berhasil sentuh harga tertingginya dalam 2 tahun terakhir setelah naik hampir 17% sejak akhir pekan lalu.

Analisis pasar

 

Kami menelusuri pergerakan harga Bitcoin per 4 jam di grafik candlestick 4 jam untuk melihat arah gerak harga Bitcoin minggu ini. Garis support hilang, namun harga berhasil naik kembali menembus support selama akhir pekan. Dengan lonjakan harga yang terjadi hari Selasa sore, level berikutnya yang harus diamati adalah US$12.000 (Rp 177 juta). Jika level tersebut menjadi support, sinyal harga bullish akan semakin kuat dan mungkin BTC akan kembali sentuh level yearly-high nya. Jika resistance berada di sekitar US$12.000, kita perlu melakukan pengujian ulang trendline akan menjadi level pertama yang harus diperhatikan.

 

Sentimen pasar belum alami perubahan

 

Dengan harga BTC yang berada di poisi sideways dalam sepekan terakhir, sentimen pasar kembali datar. Indeks Fear and Greed menunjukkan bahwa pasar masih dalam level “greed”. Jika Anda masih ingat, bulan Agustus diawali dan diakhiri dengan level greed, dan kami belum pernah melihat level greed dalam sebulan penuh sebelumnya.

 

Volume Bitcoin kembali turun

Volume Bitcoin masih cenderung menurun dimana aktivitas trading BTC di beberapa exchange terkemuka pun terlihat tidak sebanyak biasanya. Jumlah volume di pasar BTC pun berkurang karena token Altcoins dan DeFi telah menjadi pusat perhatian banyak trader dan investor di sepanjang Agustus.

 

Volatilitas terendah dalam satu bulan

Volatilitas mingguan BTC turun menjadi 1,9% - terendah sejak akhir Juli, sebelum BTC mulai bergerak menuju new-highs. Volatilitas 30 hari juga mengalami penurunan dalam sepekan terakhir, dan di akhir Agustus kembali ke level yang sama dengan yang terlihat di awal bulan.

 

Transaksi Bitcoin nyaris samai level tertinggi di 2017

Menurut data dari Sentiment, alamat dompet BTC harian yang aktif di blockchain Bitcoin telah meningkat dengan stabil dalam dua tahun terakhir. Bulan ini, aktivitas di jaringan Bitcoin kembali ke level yang belum kita lihat sejak Januari 2018. Lebih dari 1 juta alamat aktif harian - berdasarkan rata-rata mingguan, telah terdaftar sejak awal Agustus.

 

Saat ini ada lebih banyak aktivitas di jaringan Bitcoin daripada pertengahan tahun lalu. Hal ini menjadi indikasi positif bahwa penggunaan Bitcoin meningkat mengikuti kenaikan harga, seperti yang telah kita lihat dalam beberapa bulan terakhir.

 

Bitcoin dan emas bergerak bersamaan

 

Kamis lalu, Federal Reserve mengumumkan bersedia membiarkan inflasi meningkat lebih tinggi dari biasanya untuk mencapai target tingkat rata-rata inflasi 2%. Perubahan ini menandai perubahan kebijakan besar. Emas, yang dianggap sebagai lindung nilai inflasi tradisional (traditional inflation hedge), langsung melonjak setelah pengumuman tersebut, namun kembali turun dan terjadi retrace setelah beberapa menit. Bagaimana dengan Bitcoin? Ternyata harga bitcoin mengikuti pola yang sama persis.

 

Kedua aset tersebut telah diperdagangkan bersama-sama sejak saat itu, meningkatkan tingkat kepercayaan investor pada Bitcoin sebagai "emas digital”. Fenomena ini mungkin hanya korelasi harga jangka pendek, tetapi menarik untuk kita lihat apakah trader aset tradisional akan memperlakukan Bitcoin sebagai emas digital.

 

Berita kripto minggu ini kembali lagi! Peristiwa terkini di pasar kripto, pergerakan harga BTC baik dari sisi fundamental maupun teknikal selama seminggu terakhir kami bahas tuntas.

 

Isi artikel ini hanya bertujuan sebagai informasi dan bukan saran investasi atau bentuk rekomendasi ataupun ajakan. Luno selalu menyarankan Anda untuk mendapatkan nasihat keuangan oleh Anda dan untuk Anda sendiri sebelum berinvestasi atau trading cryptocurrency.

Avatar Tim Luno
Penulis

Tim Luno

Kami menulis semua hal tentang cryptocurrency untuk mengedukasi dan membuka lebih banyak mata serta pandangan tentang cryptocurrency. Blog kami menyampaikan pandangan Luno dan berbagai opini dan karakter unik di tim kami. Kami tidak akan pernah memberi Anda nasihat atau tips tentang keuangan, dan kami mendorong Anda untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya terlebih dahulu sebelum membeli atau terlibat dalam bursa cryptocurrency apapun. Dunia cryptocurrency adalah dunia yang menantang dan harga di pasar bisa berubah dalam hitungan detik, jadi lakukanlah investasi cryptocurrency Anda dengan bijak. Sampaikan kepada kami pendapat Anda tentang blog kami melalui Twitter kami @lunomoney

Jangan sampai ketinggalan!

Beli, simpan, dan belajar Bitcoin, Ethereum, XRP, dan Litecoin sekarang

Desktop Icon Apple App Store Logo Google Play Store Logo