Berita kripto: Bitcoin tembus level support, sinyal bearish?

Tim Luno
Kembali ke blog


lama baca 3 menit

Berita kripto kembali lagi! Kali ini mari kita simak beberapa berita menarik seputar Bitcoin termasuk analisa Bitcoin tembus level support US$8650 - tren segera bearish? Harga Bitcoin turun di penghujung Februari, inilah analisanya.

Bitcoin tembus level support US$8650, sinyal kuat tren bearish?

Harga Bitcoin kembali turun di minggu keempat Februari dan menembus level support US$8650 berdasarkan moving average 200 hari (200DMA). Level Support 200DMA biasanya cukup kuat, sehingga apabila pergerakan harga menembus (break) level ini bisa jadi mengindikasikan tren bearish di depan mata.

Diduga harga Bitcoin akan terus menukik ke bawah menuju level moving average 100 hari (100DMA) di harga US$8300 atau sekitar Rp 118,7 juta. Di awal bulan Maret ini harga masih berkisar di harga US$8700 atau Rp 124 juta.

Analisa turunnya harga Bitcoin dan kelas aset tradisional saat wabah virus corona

Turunnya harga aset kripto seperti Bitcoin pun bukan tanpa sebab. Dilihat dari grafik kapitalisasi pasar aset tradisional vs Bitcoin, terjadi penurunan di berbagai kelas investasi. Saat konflik AS-Iran terjadi dan wabah Coronavirus muncul di Tiongkok, aset kripto seperti Bitcoin mampu hasilkan ROI yang solid sementara pasar saham bergerak turun. Namun, merosotnya pasar saham belakangan ini karena kekhawatiran global tentang wabah Coronavirus diikuti juga oleh turunnya aset kripto. Bitcoin turun 8,9% dari kapitalisasi pasar (market cap) dalam dua hari pertama (25 dan 26 Februari).

Hancurnya pasar saham memaksa investor untuk menurunkan risiko investasi dan mengurangi posisi dengan cara menjual  aset (sell-off) yang paling beresiko (deleverage). Aset kripto yang dianggap memiliki resiko tinggi menjadi salah satu yang dikurangi posisinya oleh entitas dari keuangan tradisional.

Bitcoin vs aset lain di pasar tradisional

Deleveraging global minggu lalu menyebabkan korelasi jangka pendek antara ROI Bitcoin dan indeks pasar saham besar pun meningkat. Namun, secara historis Bitcoin dan aset kripto lainnya tidak menunjukkan adanya korelasi dengan pasar keuangan global dimana angka korelasi jangka panjang -0,0266. Sejauh ini Korelasi Bitcoin dengan DJI (Dow Jones Industrial) di 2020 adalah 0,22, masih cukup rendah. Dengan demikian aset kripto masih bisa menjadi alat diversifikasi investasi yang menarik bagi investor.

 

Dipantau dari Tradingview, harga Bitcoin mulai kembali naik dan terlihat stabil menjelang awal pekan (2 Maret) dimana level resistance berada di angka Rp 125 juta. Stabilisasi harga Bitcoin setelah terjadinya penjualan (sell-off) mungkin memberikan bukti tentang apa yang akan terjadi, dan mungkin dapat memicu lebih banyak investor institusional untuk mulai mempertimbangkan investasi di aset kripto seperti Bitcoin.

Kapitalisasi pasar aset kripto mulai pulih setelah sempat anjlok

Setelah penurunan harga minggu lalu, terjadi rebound di sebagian besar kelas aset di awal bulan ini. Total kapitalisasi pasar aset kripto pun mulai naik. Dari US$ 240,7 miliar kini naik menjadi US$ 251 miliar (Rp 3440 triliun menjadi Rp 3590 triliun).

 

Seberapa kuat rebound ini akan dapat kita ketahui setelah pergerakan harga beberapa hari kedepan. Apakah harga memang sudah menyentuh level terendah dan masih akan naik? Atau harga pulih sementara dan tren penurunan harga masih akan berlanjut?

Avatar Tim Luno
Penulis

Tim Luno

Kami menulis semua hal tentang cryptocurrency untuk mengedukasi dan membuka lebih banyak mata serta pandangan tentang cryptocurrency. Blog kami menyampaikan pandangan Luno dan berbagai opini dan karakter unik di tim kami. Kami tidak akan pernah memberi Anda nasihat atau tips tentang keuangan, dan kami mendorong Anda untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya terlebih dahulu sebelum membeli atau terlibat dalam bursa cryptocurrency apapun. Dunia cryptocurrency adalah dunia yang menantang dan harga di pasar bisa berubah dalam hitungan detik, jadi lakukanlah investasi cryptocurrency Anda dengan bijak. Sampaikan kepada kami pendapat Anda tentang blog kami melalui Twitter kami @lunomoney

Jangan sampai ketinggalan!

Beli, simpan, dan belajar Bitcoin, Ethereum, XRP, dan Litecoin sekarang

Desktop Icon Apple App Store Logo Google Play Store Logo