Berita Kripto: BULLISH! Bitcoin mendekati all time-high!

Tim Luno
Kembali ke blog


lama baca 4 menit

 

Berita Kripto kembali lagi! Setelah kami dua pekan vakum, kini kami kembali lagi untuk pastikan bahwa Anda tidak ketinggalan berita di industri kripto khususnya di saat bull run seperti sekarang! 

 

Sedikit kilas balik ke beberapa minggu ke belakang, performa Bitcoin di bulan November nyaris tanpa ‘cacat’. Tadi siang, harga BTC melonjak ke level tertinggi baru di tahun 2020 ke $ 18.000 (Rp 252 juta) lebih - harga tertinggi sejak Desember 2017. Harganya sekarang telah naik lebih dari 30% sejak awal bulan ini dan saat ini belum menunjukkan tanda-tanda penurunan atau koreksi tajam.

 

Apa yang mendorong kenaikan BTC kali ini? Apakah ada kaitannya dengan investor institusional? Atau karena berita seputar PayPal yang memasuki pasar Amerika Serikat? Apakah kita akan melihat BTC mencapai titik tertinggi sepanjang masa sebelum akhir tahun ini? Biasanya kita akan terbawa euforia di momen seperti ini - saat BTC terus naik. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk selalu kumpulkan informasi terkini dan terakurat seputar pasar kripto dan selalu berhati-hati dalam mengambil keputusan.

 

Di sisi lain, ETH terlihat meningkat meskipun lebih lambat, sementara XRP dan Litecoin telah menunjukkan performa yang baik selama beberapa hari terakhir. Sepertinya akan cukup menarik bagi kita untuk melihat arah pergerakan altcoin saat ini.

 

Bitcoin sentuh harga tertinggi baru

 

Pada 17 November, 2020, harga BTC close di US$17,645.41 (Rp 248 juta) – naik 5.56% dari $16,716.11 (Rp 235 juta) di hari sebelumnya. Ini merupakan titik close tertinggi sejak 19 Desember, 2017.

 

Bitcoin semakin melesat pada 18 November - kurang dari 24 jam setelah menembus level US$17.000 per BTC (Rp 240 juta), Bitcoin tembus US$18.300 lebih per BTC (Rp 259 juta). Naik Rp 18 juta lebih!

 

Selain itu, masih di hari yang sama - Bitcoin berhasil tembus ATH (All Time-High) market cap-nya.

Market cap saat ini : $339,063,054,937 di harga US$18,471

Market Cap 2017 : $335,823,7421,648 di harga US$20,052

 

Analisis harga

Bitcoin berhasil close dengan candlestick hijau selama enam pekan berturut-turut. Akankah pekan ini juga ditutup dengan trend yang sama? Sepertinya begitu. Meskipun harga Bitcoin gagal weekly-close di atas level resistance mingguan di kisaran US$ 16.200, tetapi level tersebut berhasil ditembus pekan ini.

 

Weekly-close di atas level US$16.000 tidak akan langsung menjadikan level mingguan tertinggi sepanjang masa (all time-high weekly level) - US$ 20.000 menjadi level resistance. Jika terjadi close di bawah US$ 16.200, maka hal ini merupakan indikasi bahwa pembeli mulai ‘lelah’, dan mungkin saja akan terjadi retest di level US$ 14,000.

 

Namun, karena saat ini Bitcoin terus menguat karena adanya permintaan kuat dari investor, pada akhirnya, semua mata sekarang tertuju pada level US$ 20.000.

 

Volume Bitcoin masih tinggi 

 

 

Setelah rata-rata volume trading mingguan tembus yearly-high minggu lalu, terlihat adanya sedikit penurunan di minggu ini. Namun, rata-rata volume tahunan masih sekitar US$ 2,5 miliar (Rp 35 triliun), hal ini menunjukkan bahwa volume Bitcoin masih sangat tinggi, dan kenaikan harga saat ini didukung dengan adanya oleh volume trading yang kuat tersebut.

 

Pasar masih di posisi Extremely Greedy

 

 

Indeks Fear and Greed Index berada di angka 86 dan masih mengindikasikan “Extreme Greed”. Meskipun sentimen saat ini berada di sekitar level tertinggi yang kita lihat di indeks ini, kita harus ingat bahwa fenomena ini tidak terjadi selama kenaikan harga di tahun 2017. Namun seperti yang selalu kami tekankan bahwa indeks tidak terlalu sering berada di level setinggi ini, dan penurunan level di indeks ini bukanlah tidak mungkin.

 

Jumlah alamat hampir samai level tertinggi 2017

 

 

Jumlah alamat BTC aktif telah tumbuh dengan kuat selama periode bullish di kuartal ke 4 tahun ini, dan rata-rata alamat aktif mingguan berada di level tertinggi sejak Januari 2017. Pada tanggal 9 November, jumlah alamat harian melampaui 1,2 juta alamat aktif. Jumlah alamat aktif harian Bitcoin yang lebih tinggi hanya tercatat sebanyak lima hari, dan semuanya terjadi selama puncak kenaikan BTC di tahun 2017. Kenaikan jumlah di tahun ini lebih organik dibandingkan tahun 2017 karena kenaikan jumlah alamat aktif tidak didorong oleh lonjakan tinggi yang sama saat puncak kenaikan tahun 2017. Peningkatan alamat aktif menunjukkan bahwa Bitcoin mengalami peningkatan penggunaan dan adopsi. Ini adalah pertanda bullish dan sehat, dan menggarisbawahi kekuatan pergerakan naik saat ini.

Berita Kripto: BULLISH! Bitcoin mendekati all time-high!

Avatar Tim Luno
Penulis

Tim Luno

Kami menulis semua hal tentang cryptocurrency untuk mengedukasi dan membuka lebih banyak mata serta pandangan tentang cryptocurrency. Blog kami menyampaikan pandangan Luno dan berbagai opini dan karakter unik di tim kami. Kami tidak akan pernah memberi Anda nasihat atau tips tentang keuangan, dan kami mendorong Anda untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya terlebih dahulu sebelum membeli atau terlibat dalam bursa cryptocurrency apapun. Dunia cryptocurrency adalah dunia yang menantang dan harga di pasar bisa berubah dalam hitungan detik, jadi lakukanlah investasi cryptocurrency Anda dengan bijak. Sampaikan kepada kami pendapat Anda tentang blog kami melalui Twitter kami @lunomoney

Jangan sampai ketinggalan!

Beli, simpan, dan belajar Bitcoin, Ethereum, XRP, dan Litecoin sekarang

Desktop Icon Apple App Store Logo Google Play Store Logo