Berita Kripto: Cetak all-time high baru Rp 280 JUTA - mampukah BTC tembus US$ 20,000?

Team Luno
Kembali ke blog


lama baca 4 menit

 

Momentum BTC yang telah kita nanti-nantikan akhirnya datang juga! Setelah tiga tahun penantian, Bitcoin akhirnya cetak harga all-time high baru! Pada hari Senin 30 November 2020 sekitar pukul 22:00 WIB BTC cetak all-time high baru 🚀🚀🚀

 

Harga Bitcoin telah meningkat secara dramatis selama beberapa bulan terakhir. Meskipun sempat terjadi koreksi harga singkat setelah berhasil menyentuh level US $ 19,000 (Rp 269 juta), Bitcoin kembali melambung di hari Senin dan melampaui $19,900 (Rp 282 juta) di beberapa exchange. Aset kripto dengan market cap terbesar ini menutup bulan November dengan kenaikan 37% – salah satu bulan terbaik dalam sejarah Bitcoin. Akankah bulan hal serupa terjadi di penghujung tahun ini?

 

Catatan: All-time high menempatkan Bitcoin di level harga yang baru. Kemungkinan hal ini akan mempengaruhi volatilitas dan Anda perlu bertindak dengan hati-hati di tengah kondisi pasar sekarang ini. Selalu lakukan DYOR atau mencari informasi terkini seputar pasar kripto dan selalu gunakan ‘cold money’ atau uang nganggur untuk investasi maupun trading.

Analisis harga BTC

Pasar aset kripto sedang cuan dalam satu bulan terakhir. Hal ini bisa dilihat dari grafik BTC/USD, dimana Bitcoin baru saja monthly-close dengan harga tertinggi sepanjang masa (all-time high). Di bulan November, harga Bitcoin mencapai angka tertingginya sejak Desember 2017 dan ditutup di atas US$19,700 (Rp 277 juta) Senin lalu. Bitcoin tampak mengalami kenaikan dibandingkan sebelumnya, baik secara teknikal maupun fundamental. Bukan tidak mungkin level US$20,000 (Rp 283 juta) di bulan Desember dapat ditembus oleh BTC.

 

Kami memperkirakan ada volatilitas pergerakan harga yang tinggi dalam beberapa bulan ke depan. Terutama jika BTC menyentuh level harga baru di atas US$20,000. Jika terjadi koreksi harga, kemungkinan kita dapat melihatnya hingga ke level US$ 14,000 (Rp 199 juta) pada grafik bulanan. Jika terjadi kenaikan, level US $20,000 bisa kita gunakan sebagai level support.

 

 

Pasar kripto semakin greedy 

Indeks Fear and Greed kembali sentuh ke level tertinggi yang belum pernah dicapai sebelumnya, dengan indeks angka 95. Terjadi sedikit penurunan minggu lalu ketika BTC terkoreksi, yang bisa diartikan sebagai pergerakan sehat bagi keseluruhan sentimen. Namun, dengan rekor harga baru Bitcoin kemarin, sentimen pasar kembali ke level atas. Dengan media mainstream yang mengabarkan angka tertinggi Bitcoin, investor baru dan orang dengan ‘sindrom’ FOMO (fear of missing out) dari ritel dapat berpotensi mendorong sentimen semakin tinggi dalam beberapa minggu ke depan.

 

Volume Bitcoin tertinggi sepanjang sejarah 

Minggu lalu merupakan minggu yang luar biasa bagi sebagian besar exchange. Hal in dikarenakan Bitcoin berhasil mencatatkan volume harian tertinggi sepanjang sejarah pada hari Kamis, 26 November. Lebih dari $7.5 miliar (Rp 106 triliun) Bitcoin diperdagangkan – naik $2 miliar dari yang tercatat dua minggu lalu. Rata-rata volume trading harian sekarang berada di angka US$ 4 miliar (Rp 57 triliun) -  rata-rata tertinggi yang pernah terlihat dalam sejarah Bitcoin.

 

Volatilitas terus meningkat 

Tren volatilitas BTC minggu lalu dipenuhi kenaikan dan penurunan; terjadi koreksi besar pada harga BTC yang disusul dengan pemulihan tajam dalam waktu beberapa hari. Volatilitas terus mengalami peningkatan di sepanjang minggu. Volatilitas mingguan kini kembali ke level yang belum pernah dilihat sejak Mei tahun ini.

 

 

Apakah para investor ritel baru akhirnya masuk pasar aset kripto? 

Banyak yang mengomentari fakta tentang rendahnya pencarian Google (Google search) tentang Bitcoin tahun ini - hanya 24% dari angka tertinggi di bulan Desember 2017. Apakah hal ini berarti hype Bitcoin menurun, atau meningkatnya jumlah orang yang memahami pengetahuan seputar Bitcoin? Sampaikan pendapat Anda lewat media sosial kami!

Avatar Team Luno
Penulis

Team Luno

On our way to the moon, we write about all things crypto. And don’t forget we’re humans too. Our blog conveys the views of Luno and the many unique opinions and characters within our team. We’ll never provide you with financial advice, and we urge you to conduct your own research before purchasing or trading any cryptocurrencies. It’s a brave new world out there, and the market can be volatile at times, so never trade with funds you can’t afford to lose. Want to let us know how much you love our blog? Tweet us @lunomoney.

Jangan sampai ketinggalan!

Beli, simpan, dan belajar Bitcoin, Ethereum, XRP, dan Litecoin sekarang

Desktop Icon Apple App Store Logo Google Play Store Logo