Berita kripto ke 30: Harga Bitcoin melonjak di tengah pandemi

Tim Luno
Kembali ke blog


lama baca 5 menit

Harga Bitcoin dan ETH cetak rekor tertinggi baru di tahun ini (new yearly high)! 

 

 

Banyak info dan kabar menarik di pasar kripto dan harga Bitcoin yang kami rangkum di Berita Kripto pekan ini. Sebelum itu, jika Anda ingat tingkat volatilitas sempat menyentuh titik terendahnya di pertengahan Juli tahun ini. Kini tingkat volatilitas mulai menunjukkan kenaikan! Hal ini tentunya merupakan efek harga Bitcoin melonjak sejak akhir pekan lalu.

 

Bukan hanya itu, bahkan hampir seluruh pasar kripto dalam kondisi bullish. Bitcoin dan Ethereum sama-sama mencetak rekor tertinggi baru di tahun ini (new yearly high)! Dengan cepat kedua aset kripto tersebut memangkas dan terobos habis level resistance yang ada.

 

Apakah ini awal dari bull run yang telah diprediksikan muncul pasca halving? Grafik pasar kripto terlihat ‘hijau’ dan indikatornya menunjukkan angka positif untuk pertama kalinya. Namun, kondisi iklim ekonomi global yang belum sepenuhnya pulih masih harus kita amati. Seperti yang sudah kami tekankan sebelumnya, kita juga sebaiknya tetap lakukan segala bentuk investasi dan trading dengan sangat hati-hati.

Analisis harga Bitcoin

 

Jangka pendek

Bulls nampaknya sudah kembali ke pasar kripto! Setelah merangkak naik dengan pasti di akhir pekan lalu, BTC meroket dan menerobos level psikologisnya di US$10.000 (Rp 146 juta) sebelum akhirnya mencetak harga tertinggi tahunan yang baru pada hari Selasa pagi WIB. Harga Bitcoin melonjak sentuh level tertinggi sekaligus resistance tahunan di kisaran US$11.400 (Rp 163 juta) yang belum kita lihat selama hampir setahun terakhir.

 

Momentum ini diperkuat dengan naiknya Relative Strength Index (RSI) ke level overbought dan memicu terjadinya retrace yang kami sudah duga akan terjadi ke level US$10.500 (Rp 152 juta ) dan yearly high sebelumnya. Namun, tak lama setelahnya harga Bitcoin memantul (rebound) dengan tajam hingga kembali tembus kisaran US$11.000 (Rp 158 juta) saat artikel ini kami tulis.

 

Jangka panjang

Momentum kenaikan yang kuat minggu ini diikuti dengan volume trading yang tinggi. Hal ini tentunya menghidupkan kembali pasar setelah periode sideways yang cukup panjang di tengah dampak COVID-19 dan lockdown.

 

Melihat lebih jauh ke belakang, pergerakan BTC di pekan ini juga menandai breakout trend turun yang telah berkembang sejak all-time high BTC di 2017. Hal ini mendorong kami untuk menganalisis lebih lanjut dan mau tidak mau trader harus mulai melakukan analisis ulang garis tren jangka panjang. Dan selagi harga Bitcoin perlu bertahan di atas level sekarang untuk memperkuat posisinya, analisis awal kami menunjukkan indikator bullish di pasar untuk saat ini.

 

Level yang harus Anda perhatikan 

 

Untuk memperkuat momentum dan tren naik, BTC perlu bertahan di zona retrace saat ini. Level tertinggi tahunan yang baru-baru ini berhasil dipecahkan - US$10.500 (Rp 152 juta) dapat kita jadikan level support untuk menahan harga Bitcoin turun. Jika level ini ditembus, maka level support yang harus kita perhatikan ada di area US$10,000 (Rp 146 juta) dan US$9.500 (Rp 139 juta).

Melihat potensi kenaikannya, terdapat banyak titik yang dapat dijadikan acuan awal level resistance BTC. Kita perlu melihat ke belakang hingga ke bulan Agustus 2019 untuk menemukan zona resistance yang paling dekat di level psikologis US$12.000 (sekitar Rp 172 juta), dengan level hambatan lainnya yang juga ditemukan di kisaran US$13.000 (Rp 186 juta) dan US$14.000 (Rp 200 juta).

 

Kabar baik lainnya

 

Sambutan meriah dari pasar

The Fear & Greed index menunjukkan perubahan drastis hingga masuk ke level ‘extremely greedy’ untuk pertama kalinya di 2020. Hal ini menunjukkan tanda-tanda sentimen positif dan sambutan meriah dari pasar. Sejauh tahun ini, sebagian besar angka indeks ini berada di level ‘fear’ dan hanya sempat berpindah ke level ‘greedy’ hanya dalam waktu yang relatif singkat. Indeks Fear & Greed menunjukkan level ‘extremely greedy’ terakhir kali saat puncak euforia harga Bitcoin melonjak di Juli 2019.

 

Volume Bitcoin pun ikut melonjak

Total volume trading harian Bitcoin melonjak dan cetak rekor volume harian keempat tertinggi tahun ini dengan total volume US$ 3,7 miliar (Rp 54 triliun) pada hari Senin. Volume telah menunjukkan tren turun selama berbulan-bulan, tetapi karena BTC tunjukkan momentum kenaikan dan Bitcoin melonjak lampaui yearly high di 2020, volume trading kini cenderung naik lagi.

 

Daily return tinggi - Volatilitas kembali naik

Minggu yang lalu kami bahas analisis kami mengenai volatilitas BTC yang rendah dengan pergerakan harga Bitcoin yang paling kecil dalam satu bulan. Dengan daily return 10,9% kemarin, tentunya volatilitas bukan menjadi masalah lagi. Volatilitas harian BTC dalam satu pekan telah meningkat menjadi 3,68% dari posisi terendah minggu lalu 0,5% dan saat ini telah kembali ke level volatilitas rata-rata 7 hari yang terlihat sebelumnya di sepanjang tahun ini.

 

Alamat BTC aktif sentuh angka tertinggi dalam 2 tahun

Jumlah alamat BTC aktif kini mencapai angka tertinggi dalam 2 tahun di minggu ini, dengan puncak kenaikan 1.081.981 alamat aktif harian pada Jumat lalu. Penggunaan alamat BTC harian yang lebih aktif hanya pernah teramati pada 29 hari dan semuanya terjadi pada akhir 2017 / awal 2018. Alamat aktif didefinisikan sebagai jumlah alamat terima dan kirim (from & to) unik yang secara aktif digunakan per hari.

 

Rata-rata biaya transaksi kirim dan terima BTC adalah US$ 1,97 (Rp 29 ribu) pada Jumat lalu - secara signifikan lebih rendah dari biaya transaksi rata-rata dari transaksi yang dilakukan selama puncak kenaikan BTC di 2017-2018. Ini menunjukkan bahwa implementasi solusi penskalaan on-chain seperti SegWit dan batching telah meningkatkan efisiensi teknologi blockchain pada Bitcoin.

 

Isi artikel ini hanya bertujuan sebagai informasi dan bukan saran investasi atau bentuk rekomendasi ataupun ajakan. Luno selalu menyarankan Anda untuk mendapatkan nasihat keuangan oleh Anda dan untuk Anda sendiri sebelum berinvestasi atau trading cryptocurrency.

Avatar Tim Luno
Penulis

Tim Luno

Kami menulis semua hal tentang cryptocurrency untuk mengedukasi dan membuka lebih banyak mata serta pandangan tentang cryptocurrency. Blog kami menyampaikan pandangan Luno dan berbagai opini dan karakter unik di tim kami. Kami tidak akan pernah memberi Anda nasihat atau tips tentang keuangan, dan kami mendorong Anda untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya terlebih dahulu sebelum membeli atau terlibat dalam bursa cryptocurrency apapun. Dunia cryptocurrency adalah dunia yang menantang dan harga di pasar bisa berubah dalam hitungan detik, jadi lakukanlah investasi cryptocurrency Anda dengan bijak. Sampaikan kepada kami pendapat Anda tentang blog kami melalui Twitter kami @lunomoney

Jangan sampai ketinggalan!

Beli, simpan, dan belajar Bitcoin, Ethereum, XRP, dan Litecoin sekarang

Desktop Icon Apple App Store Logo Google Play Store Logo