Berita Kripto mingguan: Bitcoin close di level tertinggi sejak Januari 2018

Tim Luno
Kembali ke blog


4 minute read

BTC vs Saham atau BTC vs Emas?

Ada banyak pembahasan, diskusi, dan bahkan ulasan beberapa minggu terakhir tentang korelasi Bitcoin dengan pasar saham sejak kenaikan harga besar akhir Juli lalu. Tetapi jika kita perhatikan aset lainnya, korelasi Bitcoin dengan emas telah melonjak akhir-akhir ini, mencapai level tertinggi sejak jatuhnya pasar pada bulan Maret ketika kedua aset tersebut anjlok. Tetapi dengan nilai emas yang turun kembali di bawah US$2.000 (hampir Rp 30 juta), apakah kita sebagai ‘penggila’ aset kripto khawatir?

 

 

Sinyal bullish kuat si raja kripto

Sepertinya hal tersebut tidak tercermin di kondisi pasar saat ini. Bitcoin ditutup (close) minggu lalu di level tertinggi sejak Januari 2018. Ini adalah sinyal bullish kuat untuk si raja kripto! Indeks Fear & Greed di sebagian besar bulan Agustus juga berada di zona 'Extreme Greed'. Jika Bitcoin dapat menembus resistance pada US$12.000 (Rp 177 juta), dapatkah kita akhirnya melihat kembali ke level tertingginya sepanjang masa di tahun 2017 atau bahkan melampauinya?

 

 

Analisis pasar

 

Minggu lalu harga Bitcoin close jauh di atas US$11.500 (Rp 170 juta) sebelum melonjak lagi ke US$12.000 (Rp 177 juta) pada hari Senin pagi. Ini adalah harga close mingguan tertinggi sejak Januari 2018 - lebih dari 2,5 tahun yang lalu - dan dapat dianggap sebagai perubahan besar pada struktur pasar terutama untuk harga Bitcoin. Bulls pasti sedang beruforia karena mereka mendominasi pasar saat ini.

 

Jika kita lihat pergerakan harga dalam rentang waktu yang lebih panjang dalam dua minggu terakhir, hal tersebut seharusnya memicu sinyal bullish di antara trader teknikal. Meskipun ada kemungkinan pullback dan volatilitas yang tinggi karena kita tengah menguji kembali level US$12.000 (Rp 177 juta) sebagai resistance. Jika tren naik terus mendominasi, level US$14.000 (206 juta) akan menjadi level selanjutnya yang harus kita awasi.

 

Agustus = Extreme Greed

 

Indeks Fear & Greed di sepanjang bulan Agustus hampir didominasi oleh “Extreme Greed”. Indeks ini sekarang berada di angka 84, setelah berhasil terdorong ke atas level 80 untuk pertama kalinya dalam lebih dari setahun. Dengan hampir sebagian besar aset kripto menunjukkan performa yang sangat baik akhir-akhir ini, pasar seolah bersemangat untuk lakukan banyak aktivitas trading. Seperti yang kami sampaikan minggu lalu, periode "Extreme Greed" seperti ini, secara historis biasanya tidak akan berlangsung lama. Selalu berhati-hati dan tidak gegabah kapanpun Anda trading!.

 

Volume trading BTC menurun?

 

Volume trading BTC harian yang sebenarnya mulai turun selama seminggu terakhir dan sekarang kembali ke level awal Juni. Dengan keuntungan altcoin yang kuat akhir-akhir ini, trader mungkin lebih fokus pada altcoin bulan ini. Namun, ini terlihat kembali normal minggu ini, karena volume Bitcoin memantul naik pada hari Senin.

 

Volatilitas Bitcoin menurun

 

Volatilitas Bitcoin kembali turun belakangan ini. Volatilitas 30 hari sekali lagi lebih tinggi ungguli volatilitas 7 hari, setelah seminggu yang cukup datar bagi Bitcoin. Namun, volatilitas BTC masih berada di atas volatilitas yang sangat rendah yang kita lihat di awal minggu bulan Juli.

 

 

Bitcoin telah melewati titik tertinggi sepanjang masa di beberapa negara

Harga Bitcoin biasanya dihitung dalam mata uang dolar AS (US$). Jika kita melihat BTC vs. mata uang fiat lainnya, kita sudah memiliki beberapa titik tertinggi sepanjang masa. Bitcoin 169% lebih tinggi dari ATH sebelumnya dari Desember 2017 vs Peso Argentina. Selain itu, Lira Turki dan Real Brasil telah melewati ATH sebelumnya. Mata uang Argentina terlihat melemah akibat pemerintah yang gagal membayar utangnya awal tahun ini, yang menyebabkan rekor mata uang peso untuk 1 Bitcoin.

 

Kita dapat melihat bahwa kesenjangan antara mata uang yang stabil, seperti USD dan JPY, dan mata uang yang kurang stabil, seperti Rand Afrika Selatan dan Real Brasil, telah melebar selama dua tahun terakhir. Di musim dingin 2019 (Januari - Februari), BTC memiliki kinerja yang kurang lebih sama dengan semua mata uang ini. Dengan lebih banyak mata uang nilainya merosot secara global, investor akan mencari alternatif seperti Bitcoin, yang menawarkan safe haven terhadap inflasi dan pemerintah yang tidak stabil.

Avatar Tim Luno
Penulis

Tim Luno

Kami menulis semua hal tentang cryptocurrency untuk mengedukasi dan membuka lebih banyak mata serta pandangan tentang cryptocurrency. Blog kami menyampaikan pandangan Luno dan berbagai opini dan karakter unik di tim kami. Kami tidak akan pernah memberi Anda nasihat atau tips tentang keuangan, dan kami mendorong Anda untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya terlebih dahulu sebelum membeli atau terlibat dalam bursa cryptocurrency apapun. Dunia cryptocurrency adalah dunia yang menantang dan harga di pasar bisa berubah dalam hitungan detik, jadi lakukanlah investasi cryptocurrency Anda dengan bijak. Sampaikan kepada kami pendapat Anda tentang blog kami melalui Twitter kami @lunomoney

It’s never too late to get started

Buy, store and learn about Bitcoin, Ethereum, XRP and Litecoin now

Desktop Icon Apple App Store Logo Google Play Store Logo