Berita Kripto: Tembus resistance Rp 700 juta - kemana gerak harga Bitcoin selanjutnya?

Tim Luno
Kembali ke blog


lama baca 4 menit

 

Harga Bitcoin dan pasar kripto awalnya terpantau relatif tenang minggu lalu, namun diakhiri dengan lonjakan harga yang cukup mengesankan. Harga Bitcoin menembus US$ 50,000 (Rp 700 juta) untuk pertama kalinya! Pertanyaannya sekarang apakah angka $50,000 ini hanyalah titik awal baru sebelum harga naik lebih tinggi, atau apakah ini adalah titik tertinggi dari bull run Bitcoin?

 

Kehebohan ini dimulai hari Senin lalu, ketika Tesla mengumumkan bahwa mereka telah membeli Bitcoin dengan nilai kira-kira US$ 1.5 miliar (Rp 21 triliun). Hal tersebut mendorong kenaikan harga dengan cepat tepat di saat sentimen pasar mulai mendatar. Minggu ini adalah giliran para pemain tradisional yang membawa kabar baik. Mastercard, BNY Mellon, dan Deutsche Bank umumkan berita besar terkait aset kripto. Siapakah yang akan menjadi sorotan di pekan depan?

 

Pekan ini ETH cenderung melambat dan masih mencari titik tertingginya di atas US$ 2,000 (Rp 26 juta). Apakah ETH mampu mengikuti jejak Bitcoin dan menembus level Resistance?

 

Analisis harga Bitcoin

 

Bitcoin telah beberapa kali berupaya menembus level US$50,000 (Rp 700 juta) dalam sepekan terakhir sebelum akhirnya sukses menembus angka tersebut, dengan level Resistance yang terus menerus meningkat sepanjang minggu kemarin.

 

Si Raja kripto ini tampaknya siap untuk terus mendaki lebih tinggi. Indikasi kuat terlihat dari tercapainya harga tertinggi yang baru yang lebih tinggi (new and higher tops) beberapa kali di sepanjang minggu lalu. Kami mengamati harga tinggi yang lebih tinggi serta harga rendah yang lebih tinggi, yang artinya, level Support juga terus didorong naik.

 

Sentimen pasar masih berada pada level ekstrim 

Indeks Fear and Greed berada di angka 95 pekan ini, tidak mengalami perubahan dibandingkan dengan minggu lalu, dan masih berada pada area “Extreme Greed”. Investor masih menantikan angka tertinggi yang baru, dan penurunan sentimen pasar yang signifikan pulih hanya dalam beberapa hari.

 

Volume Bitcoin kembali meningkat 

Berita terkait Bitcoin di minggu lalu mengakibatkan aktivitas di exchange kembali meningkat. Rata-rata volume harian Bitcoin dalam sepekan lagi-lagi naik ke atas US$ 10 miliar (Rp 140 triliun) minggu ini. Jika harga Bitcoin mengalami break dari level US$ 50,000 (Rp 700 juta), maka investor tentu akan kembali menyerbu exchange.

 

Volatilitas mingguan naik ke level tertinggi baru 

Volatilitas jangka pendek telah meningkat sepanjang minggu lalu, dengan pergerakan harian dari harga bitcoin yang cukup besar menuju ke angka US$ 50,000 (Rp 700 juta). Didorong oleh candlestick harian sebesar 19.5% minggu lalu, volatilitas mingguan kini berada di level tertinggi sejak periode awal market crash Maret tahun lalu.

 

Bagaimana berita memengaruhi pasar Bitcoin?

Sudah seminggu penuh dengan berita tentang rally atau pergerakan harga Bitcoin bertebaran di hampir semua media. Tetapi bagaimana pengaruhnya terhadap pasar? Pasar merespon dengan sangat positif! Berita tentang investasi Bitcoin US$ 1,5 miliar Tesla pada hari Senin - BTC melonjak lampaui ATH sebelumnya. Harga Bitcoin naik dari US$ 39.500 (Rp 555 juta) menjadi US$ 46.500 (Rp 650 juta) dalam 24 jam berikutnya. Kenaikan tersebut setara dengan return 24 jam sebesar 17,7%.

Ini adalah cerita yang sedikit berbeda ketika raksasa keuangan terlibat, meskipun masih ada pergerakan. Pada hari Rabu, 10 Feb, Coindesk menerbitkan sebuah artikel yang menyatakan bahwa Mastercard akan mengizinkan pedagang untuk menerima pembayaran dalam aset kripto tahun ini. Mastercard kemudian mengkonfirmasi cerita ini. Dalam 24 jam berikutnya, Bitcoin naik 5,7%, dari US$ 45.250 (Rp 633 juta) menjadi US$ 47.834 (Rp 670 juta). Akhirnya, BNY Mellon mengumumkan, pada hari Kamis, 11 Feb, bahwa mereka akan menahan, mentransfer, dan mengeluarkan Bitcoin dan mata uang kripto lainnya atas nama klien manajemen asetnya. Dalam 24 jam berikutnya, Bitcoin naik 3,4%, dari US$ 46.100 (Rp 645 juta) menjadi US$ 47.700 (Rp 668 juta).

 

Jejak karbon bitcoin tidak sebesar jejak karbon industri teknologi 

Jejak iklim Bitcoin telah kembali menarik perhatian media, namun dibandingkan dengan industri digital lainnya, jejak karbon Bitcoin masih sangat kecil. Para ekonom digital memperkirakan jejak karbon BTC sebesar 36.95 Mt CO2.

BBC memperkirakan total emisi yang dihasilkan oleh sektor teknologi adalah sebesar 1600 Mt CO2. Dengan kata lain, Bitcoin menyumbang sebesar kira-kira 2.3% dari emisi global terkait dengan teknologi digital. Jadi, mengapa kita tidak mulai memperhatikan emisi industri teknologi digital secara keseluruhan? Langkah yang logis dan progresif jelas adalah mengembangkan dan menaruh fokus pada penambahan sumber-sumber energi terbarukan ke dalam peta sumber energi.

Avatar Tim Luno
Penulis

Tim Luno

Kami menulis semua hal tentang cryptocurrency untuk mengedukasi dan membuka lebih banyak mata serta pandangan tentang cryptocurrency. Blog kami menyampaikan pandangan Luno dan berbagai opini dan karakter unik di tim kami. Kami tidak akan pernah memberi Anda nasihat atau tips tentang keuangan, dan kami mendorong Anda untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya terlebih dahulu sebelum membeli atau terlibat dalam bursa cryptocurrency apapun. Dunia cryptocurrency adalah dunia yang menantang dan harga di pasar bisa berubah dalam hitungan detik, jadi lakukanlah investasi cryptocurrency Anda dengan bijak. Sampaikan kepada kami pendapat Anda tentang blog kami melalui Twitter kami @lunomoney

Jangan sampai ketinggalan!

Beli, simpan, dan belajar Bitcoin, Ethereum, XRP, dan Litecoin sekarang

Desktop Icon Apple App Store Logo Google Play Store Logo