Berita kripto: Terima dana stimulus warga Amerika Serikat serbu Bitcoin

Tim Luno
Back to blog


lama baca 3 menit

Bagaimana kondisi pasar kripto sepekan terakhir? Bagaimana pergerakan harga BTC? Simak jawaban dan info lengkapnya di berita kripto berikut ini!

Pasar kripto: Harga BTC terkoreksi, Ethereum menguat

Pasar kripto terpantau cukup volatil pekan lalu, namun lonjakan menjelang akhir pekan memberikan sedikit ruang bagi kita untuk bernafas lega. Dilihat dari kapitalisasi market (market cap) bulanan, Mid Caps masih memimpin di bulan ini dengan kenaikan 22%.

Sementara itu market cap Bitcoin turun hingga 0,7% pada 15 April, namun secara keseluruhan terjadi kenaikan 7% di bulan April. Sedangkan dari sisi harga, BTC naik 4% dalam satu minggu terakhir.

Dengan kenaikan harga hampir 16%, Ethereum (ETH) yang juga merupakan “anggota” dari Large Caps terlihat menguat dan ungguli Bitcoin dan XRP. Tak heran jika investor berharap tren bullish altcoin akan segera terjadi.

Nilai korelasi saham dan kripto masih positif

Minggu lalu kita telah melihat adanya kenaikan kecil karena pasar melambung cukup tinggi. Setelah puncak kenaikan dalam satu bulan (sejauh ini) terjadi pada 9 April, kini pasar sedang menguji ulang level-level yang sama. Efek dari penguatan pasar saham?

Pasar saham masih terlihat kuat dan sepertinya hanya bereaksi terhadap berita positif. Di sisi lain, angka pengangguran di AS kini telah melampaui 22 juta orang, atau sekitar 15% dari total tenaga kerja di negara tersebut. Donald Trump ingin membuka aktivitas perekonomian Amerika Serikat sesegera mungkin dan berharap akan segera kembali normal. Kami masih tidak yakin bahwa pulihnya pasar saham baru-baru ini akan terus berlanjut dan kemungkinan besar masih akan mempengaruhi pasar kripto juga.

Bitcoin masih dipercaya sebagai pelindung nilai kekayaan (safe-havens) meskipun volume trading turun

Turun lagi - Volume trading Bitcoin terendah dalam sebulan lebih

Volume rata-rata trading mingguan kembali menunjukkan penurunan setelah sempat naik dua minggu lalu. Volume Bitcoin sekarang kembali ke level yang sama dengan sebelum anjloknya pasar (market crash) Bitcoin bulan lalu. Yang perlu kita garis bawahi adalah volume masih menunjukkan tren naik terhitung sejak awal Januari 2020 dan belum menunjukkan tren turun.

Terima dana stimulus, warga AS simpan nilai kekayaan di aset kripto seperti Bitcoin

Pemerintahan di beberapa negara telah mengeluarkan paket stimulus dana bantuan dalam jumlah besar belakangan ini. Di Amerika Serikat, dana bantuan sebesar US$1.200 (Rp 19 juta) diberikan kepada penduduk negara tersebut pekan lalu. Tak lama muncul cuitan Twitter dari CEO Coinbase, Brian Armstrong, yang mengatakan bahwa mereka melihat lonjakan pembelian / deposit dengan jumlah total US$1.200 baru-baru ini. 

Jepang juga mempertimbangkan untuk memberikan 100.000 yen (Rp 14,5 juta) kepada semua warganya untuk meredam tekanan ekonomi yang disebabkan oleh COVID-19. Apakah sebagian dari uang itu juga akan pindah ke aset kripto seperti Bitcoin?

Tolak naik, harga Bitcoin berada di level resistance yang solid

Harga Bitcoin sentuh beberapa level resistance minggu lalu dan masih di level US$7.000 (Rp 109 juta). Mari kita lihat analisa Moving Average-nya:

Setelah menyentuh garis Moving Average (MA) 50 hari minggu lalu, harga BTC naik bahkan lampaui level tersebut. Jika harga berhasil naik ke atas, kita mungkin akan melihat kenaikan hingga level US$8.000 (Rp 125 juta). Di level tersebut harga Bitcoin akan bersinggungan atau menyentuh garis MA 100 hari dan MA 200 hari. Perlu kita Ingat bahwa banyak aktivitas trading di area US$7.000 secara historis, dan kenaikan ke harga US$8.000 tidak akan mudah.

Sementara ini harga BTC masih “ditopang” oleh level support yang sama dengan level terendah di Desember tahun lalu. Kemungkinan munculnya tren turun hingga ke level US$5.800 (Rp 92 juta) masih ada jika price action masih menunjukkan penurunan.

Avatar Tim Luno
Author

Tim Luno

Kami menulis semua hal tentang cryptocurrency untuk mengedukasi dan membuka lebih banyak mata serta pandangan tentang cryptocurrency. Blog kami menyampaikan pandangan Luno dan berbagai opini dan karakter unik di tim kami. Kami tidak akan pernah memberi Anda nasihat atau tips tentang keuangan, dan kami mendorong Anda untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya terlebih dahulu sebelum membeli atau terlibat dalam bursa cryptocurrency apapun. Dunia cryptocurrency adalah dunia yang menantang dan harga di pasar bisa berubah dalam hitungan detik, jadi lakukanlah investasi cryptocurrency Anda dengan bijak. Sampaikan kepada kami pendapat Anda tentang blog kami melalui Twitter kami @lunomoney

Jangan sampai ketinggalan!

Beli, simpan, dan belajar Bitcoin, Ethereum, XRP, dan Litecoin sekarang

Desktop Icon Apple App Store Logo Google Play Store Logo