Berita kripto: Tutup Januari, Bitcoin tumbuh positif

Tim Luno
Kembali ke blog


lama baca 2 menit

Dunia kripto terus berkembang dan kami telah rangkum berbagai informasi dan berita kripto yang terjadi sepekan terakhir untuk Anda. Pergerakan positif harga Bitcoin pun menjadi berita utama di minggu ini. Baca berita selengkapnya di bawah ini ya!

Pergerakan positif harga, volume, dan market cap Bitcoin di penghujung Januari 2020

 

Kamis 30 Januari 2020 - untuk kedua kalinya di pekan ini, harga Bitcoin kembali naik ke level US$9000 (Rp 122 juta) setelah sempat turun. Meskipun sempat menukik di bawah US$9200, pullback berhenti di level tertinggi 19 Januari (US$9198) sebelum berbalik melonjak lebih tinggi lagi ke harga US$9530 (posisi tertinggi sejak November 2019) atau sekitar Rp 128,6 juta (asumsi kurs Rp13.500).

 

Lonjakan ke US$9530 menjadi kenaikan harga harian yang lebih tinggi untuk ketiga kalinya di minggu ini dan volume beli harian juga meningkat lebih tinggi setiap harinya - salah satu indikator bahwa aset berada dalam tren bullish yang kuat.

 

Market cap cryptocurrency secara keseluruhan berada di angka US$261.1 miliar dan seperti yang telah diduga, Bitcoin masih mendominasi sebesar 66.1%.

Total volume Bitcoin futures tembus US$ 100 miliar

 

Volume Bitcoin futures di CME (Chicago Mercantile Exchange) telah melampaui US$ 100 miliar atau Rp 1350 triliun (asumsi kurs Rp13.500). Pencapaian ini terjadi dalam waktu 2 tahun dimana CME pertama kali meluncurkan Bitcoin futures sebagai salah satu komoditi trading-nya pada Desember 2017 lalu. 

 

Managing Director and Global Head of Equity Index Alternative Investment Products CME Group, Tim McCourt, juga mengatakan bahwa Bitcoin futures kini telah menjadi salah satu derivatif Bitcoin paling likuid.

 

Melalui pencapaian tersebut, tampaknya pasar sangat tertarik dengan Bitcoin futures. Selain volume yang meningkat, partisipasi yang kuat juga terus bermunculan dari investor institusi.

Bitcoin melejit saat saham dan emas turun karena virus Corona 

 

Ketika saham global jatuh karena kekhawatiran wabah Coronavirus, investor tidak melihat ada safe-havens bagi beberapa kelas aset kecuali Bitcoin.

 

Stoxx 600, yang melacak dinamika pasar saham Eropa, turun lebih dari 2%. Sementara di Amerika Serikat, Dow Jones Industrial Average turun 384 poin atau 1,3%. 30 saham Dow secara singkat turun lebih dari 500 poin pada hari sebelumnya.

 

Kurs spot emas turun 3,36% dari puncak lokalnya namun Bitcoin dan sejumlah aset kripto lainnya bergerak naik. Harga Bitcoin terpantau melejit lebih dari 4% di kisaran US$9058 (Rp 123 juta) per 28 Januari 2020.

 

Bitcoin sekali lagi mencoba membuktikan adanya korelasi negatif antara Raja Aset Kripto itu dengan pasar tradisional (saham, obligasi dan minyak)

Teknologi blockchain bantu ekonomi Rusia hemat US$ 17,5 miliar

 

Menurut agensi media lokal - Kommersant, Rusia akan anggarkan 28,4 miliar rubel (mata uang Rusia) untuk implementasi teknologi blockchain untuk manajemen supply-chain (rantai pasokan), sektor properti, dan industri lainnya.

 

Upaya adopsi blockchain ini akan berdampak positif terhadap perekonomian Rusia dengan total nilai 1,1 triliun rubel, atau US$ 17,5 miliar (Rp 236,25 triliun)

 

Menurut Rostec - perusahaan teknologi milik Rusia, meskipun lebih rendah sekitar 50% dari anggaran sebelumnya, strategi ini masih dapat membantu ekonomi Rusia menghemat 500 miliar rubel (sekitar US$ 8 miliar) dan mengumpulkan pajak hingga 600 miliar rubel.

Avatar Tim Luno
Penulis

Tim Luno

Kami menulis semua hal tentang cryptocurrency untuk mengedukasi dan membuka lebih banyak mata serta pandangan tentang cryptocurrency. Blog kami menyampaikan pandangan Luno dan berbagai opini dan karakter unik di tim kami. Kami tidak akan pernah memberi Anda nasihat atau tips tentang keuangan, dan kami mendorong Anda untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya terlebih dahulu sebelum membeli atau terlibat dalam bursa cryptocurrency apapun. Dunia cryptocurrency adalah dunia yang menantang dan harga di pasar bisa berubah dalam hitungan detik, jadi lakukanlah investasi cryptocurrency Anda dengan bijak. Sampaikan kepada kami pendapat Anda tentang blog kami melalui Twitter kami @lunomoney

Jangan sampai ketinggalan!

Beli, simpan, dan belajar Bitcoin, Ethereum, dan XRP sekarang

Desktop Icon Apple App Store Logo Google Play Store Logo