Berita kripto: Volume Bitcoin meroket saat harga turun

Tim Luno
Kembali ke blog


lama baca 3 menit

Harga Bitcoin turun tapi rata-rata volume trading malah meroket! Kok bisa? Simak penjelasannya di berita kripto yang telah kami rangkum untuk Anda di bawah ini.

Penurunan harga Bitcoin terbesar ketiga di sepanjang sejarah Bitcoin

Turunnya harga Bitcoin minggu lalu sebesar 37,53% dalam satu hari merupakan penurunan harga terbesar ketiga di sepanjang sejarah Bitcoin. Sebelumnya, penurunan harga terjadi 38.67% di 2011, dan yang terbesar 48.57% persen tahun 2013. Nampaknya ketakutan para investor karena wabah Covid-19 telah berdampak sangat signifikan, tidak hanya pada Bitcoin  tapi juga pasar global keseluruhan.

 

Penurunan harga cryptocurrency dengan market cap terbesar ini bukanlah hal asing lagi. Harga Bitcoin sekarang berada tepat di atas angka US$5.000 (Rp 70 juta), setelah sempat melambung tinggi hingga US$10.400 (Rp 145 juta) pada pertengahan Februari lalu. Meskipun demikian, dilihat dari tahun ke tahun, harga Bitcoin masih naik 26% dibandingkan Maret tahun lalu.

 

Kapitalisasi market Bitcoin masih stabil meski harga Bitcoin turun

Anjloknya harga Bitcoin cukup berdampak besar pada seluruh pasar aset kripto. Namun ternyata market share Bitcoin tetap relatif stabil dibandingkan aset kripto lainnya. Dalam satu minggu, kapitalisasi market Bitcoin bergerak naik 0.07% dan aset kripto berbasis teknologi blockchain ini masih mendominasi dengan total kapitalisasi market (market cap) sebesar 63.38% dari total market aset kripto keseluruhan.

 

Di sisi lain, sebagian besar altcoins turun lebih dari 50% antara 12 Maret hingga 13 Maret. Namun harga mulai sedikit pulih tak lama setelahnya. Kenaikan harga ditunjukkan oleh aset kripto seperti XRP dan LTC dengan nilai masing-masing 0.34% dan 0.05%. Sebaliknya, Ethereum turun sebanyak 1.37% dan Bitcoin Cash 0.12%.

Pasar global berduka, volume trading Bitcoin malah meroket

Rata-rata volume trading harian Bitcoin dalam sepekan meroket tajam pada Kamis, 12 Maret. Dengan total US$4,2 miliar (Rp 60,9 triliun), jumlah volume trading tersebut belum pernah terlihat sejak Agustus 2019.

 

Rata-rata volume trading dalam 7 hari melonjak Jumat lalu, 13 Maret. Di hari tersebut volume rata-rata 7 hari menyentuh US$1,5 miliar (Rp 21,7 triliun) - dua kali lipat lebih besar dibandingkan di awal minggu.

 

Bukan tanpa alasan, kenaikan dramatis ini masih hasil dari dampak dari COVID-19 yang menyebabkan kepercayaan pelaku pasar (investor) mulai melemah. Akibatnya, market pun melakukan sell-off disusul dengan tren bearish yang bergerak cukup agresif.

Terobos habis level moving average, akankah 200WMA dapat kita andalkan sebagai level support?

Tidak ada analisis teknikal (technical analysis) yang dapat menjelaskan penurunan harga yang telah kita lihat minggu lalu. Hal ini dapat kita jadikan indikasi dan pengingat bahwa indikator teknis hanyalah sebuah indikator.

 

Harga Bitcoin turun menerobos sebagian besar level moving average mingguan minggu ini. Tidak hanya itu, level moving average 200-minggu (200WMA) juga ditembus. Level tersebut pernah menjadi level support Bitcoin saat harga Bitcoin anjlok pada 2019.

 

Apakah level tersebut akan menjadi level support harga Bitcoin lagi?

 

Jika tidak, level support selanjutnya mungkin akan kita lihat di sekitar US$ 4.000 (Rp 58 juta). Secara historis, biasanya terjadi peningkatan volume trading di level tersebut.

 

Avatar Tim Luno
Penulis

Tim Luno

Kami menulis semua hal tentang cryptocurrency untuk mengedukasi dan membuka lebih banyak mata serta pandangan tentang cryptocurrency. Blog kami menyampaikan pandangan Luno dan berbagai opini dan karakter unik di tim kami. Kami tidak akan pernah memberi Anda nasihat atau tips tentang keuangan, dan kami mendorong Anda untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya terlebih dahulu sebelum membeli atau terlibat dalam bursa cryptocurrency apapun. Dunia cryptocurrency adalah dunia yang menantang dan harga di pasar bisa berubah dalam hitungan detik, jadi lakukanlah investasi cryptocurrency Anda dengan bijak. Sampaikan kepada kami pendapat Anda tentang blog kami melalui Twitter kami @lunomoney

Jangan sampai ketinggalan!

Beli, simpan, dan belajar Bitcoin, Ethereum, XRP, dan Litecoin sekarang

Desktop Icon Apple App Store Logo Google Play Store Logo