Berita Kripto: Minat terhadap aset kripto berkembang pesat

Tim Luno
Kembali ke blog


4 minute read

Awal pekan lalu harga BTC naik ke level diatas US$12.000 (Rp 180 juta) dalam waktu yang relatif singkat, namun harga BTC mulai turun perlahan setelahnya. Akankah Bitcoin mampu mempertahankan tren naik saat ini, atau aktivitas trading yang sedikit stagnan minggu ini bisa menjadi sinyal pergerakan harga selanjutnya?

 

Sementara itu, altcoin masih menjadi pusat perhatian banyak investor. Pencarian Google untuk kata "buy crypto" telah meningkat tajam bulan ini dan total kapitalisasi pasar aset kripto berada pada level tertinggi sejak April 2018. Dominasi Bitcoin memang telah menurun ke level terendah dalam setahun terakhir dengan persentase 58%. Apakah memang saatnya altcoins menyalip posisi BTC?

 

Analisis harga

Harga bitcoin tidak mampu bertahan di atas US$12.000 (RP 180 juta) minggu lalu. BTC turun relatif tajam setelah menyentuh level tertinggi tahunan yang baru. Harga BTC telah cenderung naik perlahan sejak pertama kali menunjukkan sinyal naik pada akhir Juli. Tetapi tren turun minggu ini tidak begitu mengejutkan mengingat naik-turun harga aset kripto adalah hal yang lumrah.

 

Jika nantinya tren naik bertahan, bulls sepertinya akan berupaya menembus kisaran US$12.500 (Rp 187 juta). Namun jika harga close di bawah trendline, skenario yang mungkin terjadi adalah bears akan mengincar level US$11.000 (Rp 166 juta), dengan sumbu candlestick merah turun menyentuh US$10.500 (Rp 157 juta).

 

Euforia pasar mulai mereda?

 

Sentimen pasar tetap tinggi minggu ini, meskipun ada tanda-tanda level “Extremely greedy” mereda. Kini indeks Fear & Greed sekarang kembali ke angka 75 menandakan pasar berada di level "Greedy". Seperti yang bahas minggu lalu, BTC baru saja melalui periode “Extremely greedy” terlama. Ciri pasar yang sehat ditunjukkan dengan tren naik dan turun, oleh sebab itu sedikit koreksi merupakan hal yang wajar. 

 

Investor baru masuki pasar aset kripto?

 

Minat investor baru terhadap aset kripto bisa jadi meningkat. Pasalnya, kata keyword "buy crypto" atau secara harfiah artinya beli aset kripto telah berkembang pesat. Hal ini didukung dengan data yang menyatakan bahwa pencarian Google untuk keyword tersebut menyentuh level tertinggi sejak Januari 2018, saat pasar aset kripto mencapai puncaknya. Ini menunjukkan masuknya investor baru yang ingin tahu tentang aset kripto, tetapi kita masih jauh dari euforia yang terlihat pada Januari 2018 lalu.

 

Menariknya, Bitcoin sendiri tidak mendapatkan daya tarik yang sama. Minat pencarian untuk "buy bitcoin" berada di level yang datar sejak puncak halving Mei lalu.

 

Volume Bitcoin mendatar

 

Dengan sedikit kenaikan harga BTC, volume trading harian juga mendatar minggu ini. Beberapa hari terakhir volume turun sedikit lebih rendah. Hal ini cukup menarik untuk melihat apakah ini awal dari tren penurunan volume atau harga.

 

Volatilitas 7 hari masih rendah

 

Kita mengharapkan volatilitas yang lebih banyak minggu lalu karena Bitcoin naik ke level tertinggi tahunan yang baru. Tetapi pasar mulai mendatar tanpa munculnya dorongan menuju level tertinggi yang baru. Volatilitas 7 hari cenderung menurun bulan ini, karena pasar menunggu arah pergerakan BTC.

 

Whale kumpulkan lebih banyak BTC

 

Menurut data dari Santiment, jumlah dompet yang menyimpan lebih dari 1000 BTC (US$ 11,8 juta atau lebih, sekitar Rp 177 miliar) baru saja mencapai level tertinggi baru sepanjang masa. Dari dompet yang menampung lebih dari 1000 BTC, 2096 memegang antara 1000 hingga 10.000 BTC, sementara 104 dompet menyimpan di atas 10.000 BTC.

 

Jumlah dompet yang menyimpan lebih dari 1000 BTC turun selama bull run 2013 dan 2017 saat whales berusaha menghasilkan profit. Kenaikan baru-baru ini dapat diartikan bahwa pemegang BTC besar saat ini tidak tertarik untuk menghasilkan profit. Sebaliknya, tampaknya whales sedang gencar mengakumulasi Bitcoin karena jumlah Bitcoin yang mereka simpan lebih banyak.

 

Total kapitalisasi pasar crypto di level tertinggi sejak April 2018

 

Total kapitalisasi pasar aset kripto saat ini berada pada level tertinggi sejak April 2018. Market cap keseluruhan sentuh kisaran US$382 miliar (Rp 5730 triliun). Angka ini masih 55% lebih rendah dari angka tertinggi di Januari 2018. Sementara itu, Bitcoin turun 40% dari market cap tertinggi sepanjang masa (all-time high).

 

 

Berita kripto minggu ini kembali lagi! Peristiwa terkini di pasar aset kripto, pergerakan harga Bitcoin baik dari sisi fundamental maupun teknikal kami bahas tuntas.

 

Isi artikel ini hanya bertujuan sebagai informasi dan bukan saran investasi atau rekomendasi ataupun ajakan. Luno selalu menyarankan Anda untuk mendapatkan nasihat keuangan oleh Anda dan untuk Anda sendiri sebelum berinvestasi atau trading cryptocurrency.

Avatar Tim Luno
Penulis

Tim Luno

Kami menulis semua hal tentang cryptocurrency untuk mengedukasi dan membuka lebih banyak mata serta pandangan tentang cryptocurrency. Blog kami menyampaikan pandangan Luno dan berbagai opini dan karakter unik di tim kami. Kami tidak akan pernah memberi Anda nasihat atau tips tentang keuangan, dan kami mendorong Anda untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya terlebih dahulu sebelum membeli atau terlibat dalam bursa cryptocurrency apapun. Dunia cryptocurrency adalah dunia yang menantang dan harga di pasar bisa berubah dalam hitungan detik, jadi lakukanlah investasi cryptocurrency Anda dengan bijak. Sampaikan kepada kami pendapat Anda tentang blog kami melalui Twitter kami @lunomoney

It’s never too late to get started

Buy, store and learn about Bitcoin, Ethereum, XRP and Litecoin now

Desktop Icon Apple App Store Logo Google Play Store Logo