Berminat trading Bitcoin? Lakukan 6 hal ini terlebih dahulu 

Tim Luno
Kembali ke blog


lama baca 3 menit

Keuntungan besar menjadi daya tarik bagi para traders dalam melakukan beli-jual Bitcoin di Exchange (bursa). Berita tentang keuntungan berlimpah setelah investasi Bitcoin memang benar adanya, namun tak sedikit pula orang yang alami kerugian.

Untung-rugi investasi tergantung pada strategi yang digunakan termasuk dalam trading Bitcoin. Kebanyakan trader rugi dan gagal karena salah strategi, cepat merasa puas dengan ilmu yang dimiliki, dan kurangnya persiapan, khususnya bagi para pemula.

Jika Anda seorang pemula, simak beberapa hal yang harus Anda lakukan sebelum trading Bitcoin di bawah ini.

Tentukan tujuan, apakah Anda ingin menjadi trader atau investor?

Jika ingin menjadi seorang investor Bitcoin, Anda cukup fokus pada investasi jangka panjang dimana aset investasi yang Anda beli akan terakumulasi untuk mendapatkan keuntungan di masa depan. Tetapi Anda perlu sabar menunggu waktu yang tepat untuk beli, lalu menunggu kenaikan harga yang signifikan untuk jual. Dibutuhkan waktu yang cukup lama, bisa dalam hitungan bulan, tahun, atau bahkan lebih lama lagi.

Sedangkan jika Anda ingin menjadi trader Bitcoin, keuntungan didapat dalam jangka waktu yang lebih pendek seperti minggu, hari, atau bahkan menit. Karena itu, trader akan membeli aset yang punya potensi kenaikan harga dalam jangka pendek seperti Bitcoin.

Takar risiko keuangan Anda sebelum trading Bitcoin - Jangan gunakan uang yang tidak dapat Anda relakan

Bitcoin adalah aset investasi yang pergerakan naik-turun harganya cukup cepat bahkan dalam hitungan menit. Semakin naik harga Bitcoin, semakin besar potensi keuntungan yang mungkin Anda dapatkan. Namun, trading Bitcoin juga memiliki resiko karena pergerakan harganya. Oleh sebab itu, Anda perlu pastikan dana yang Anda gunakan untuk trading adalah cold money atau uang nganggur.

Cara mudah untuk menentukan apakah Anda trading menggunakan cold money adalah membayangkan jika Anda rugi saat trading. Apakah kerugian tersebut akan mempengaruhi standar hidup Anda? Apakah tabungan Anda akan habis karena kerugian tersebut? Jika jawabannya iya, mungkin Anda harus mempertimbangkan kembali jumlah dan sumber dana yang Anda gunakan.

Tidak ada seorangpun yang ingin rugi, berapapun jumlahnya, namun pesan yang kami coba sampaikan di sini adalah bahwa hubungan emosional (depresi atau frustasi) dengan nilai kerugian Anda akan terasa lebih ringan jika Anda trading menggunakan cold money.

Gunakan platform layanan trading Bitcoin terpercaya dan aman

Ada hal-hal penting yang dapat menjadi standar Anda dalam memilih platform layanan trading yang terpercaya dan aman, diantaranya adalah:

  1. Asal-usul platform
  2. Kemudahan dalam transaksi termasuk deposit dan withdrawal. Sebaiknya pilih layanan trading menerima deposit dan withdrawal melalui bank lokal
  3. Hindari platform yang menerima deposit dan withdrawal dengan metode beresiko tinggi seperti tunai karena rawan pencucian uang (money laundering) atau penipuan.
  4. Keamanan dalam melakukan transaksi trading
  5. Memiliki akun media sosial dan layanan pelanggan yang mudah untuk dihubungi

Semua informasi di atas bisa Anda dapatkan di Google, situs penyedia data dan rating perusahaan layanan bursa kripto seperti CryptoCompare, forum-forum internet dimana Anda dapat mencari ulasan (review) dan testimoni dari pengguna atau pelanggan tentang platform yang sedang Anda akan gunakan.

Mulai dalam jumlah uang yang kecil sebagai modal

Cara yang cukup aman namun konservatif adalah dengan mendanai akun trading Anda menggunakan cold money dalam jumlah kecil secara bertahap. Cara tersebut juga dapat membantu Anda membangun konsistensi, kedisiplinan trading, dan kepercayaan diri Anda sebagai seorang pemula. Misalnya di Luno, Anda dapat mulai trading dengan jumlah kecil yaitu Rp15.000. Jika rasa percaya diri Anda sudah meningkat, Anda dapat tambah modal trading Anda dalam jumlah yang lebih besar.

Pahami karakteristik Bitcoin dengan baik

Untuk memperbesar peluang Anda meraih keuntungan dari trading, Anda perlu mencari informasi sebanyak mungkin tentang barang yang ingin Anda beli atau jual, misalnya Bitcoin. Bagaimana sifat-sifat Bitcoin? Apa yang menjadi keunggulan dan kekurangan Bitcoin? Seberapa besar permintaan terhadap Bitcoin? Apa yang menyebabkan harga Bitcoin naik turun? Informasi lebih lanjut seputar informasi tentang karakteristik Bitcoin dapat Anda lihat di portal belajar Luno di sini.

Pelajari dasar-dasar trading

Ilmu trading tidak dapat dikuasai dalam waktu semalam dan dibutuhkan ketekunan saat belajar trading. Dasar-dasar trading perlu dipahami agar kedepannya Anda dapat memperdalam ilmu dan jam terbang trading Anda dengan lebih mudah.

Selain memahami istilah-istilah trading dan bisa membaca grafik trading, dasar-dasar trading yang kami rekomendasikan untuk Anda pelajari diantaranya Analisis Teknikal untuk trading aset kripto, teori supply dan demand dalam trading. Anda juga dapat mengikuti Luno Webinar yang akan kami siarkan langsung melalui Instagram dan Facebook Luno Indonesia. Jadwal, topik, dan informasi selengkapnya dapat Anda lihat di sini.

 

Itulah tips dari kami, semoga dapat Anda terapkan dan bermanfaat khususnya bagi Anda, para trader pemula. 

Avatar Tim Luno
Penulis

Tim Luno

Kami menulis semua hal tentang cryptocurrency untuk mengedukasi dan membuka lebih banyak mata serta pandangan tentang cryptocurrency. Blog kami menyampaikan pandangan Luno dan berbagai opini dan karakter unik di tim kami. Kami tidak akan pernah memberi Anda nasihat atau tips tentang keuangan, dan kami mendorong Anda untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya terlebih dahulu sebelum membeli atau terlibat dalam bursa cryptocurrency apapun. Dunia cryptocurrency adalah dunia yang menantang dan harga di pasar bisa berubah dalam hitungan detik, jadi lakukanlah investasi cryptocurrency Anda dengan bijak. Sampaikan kepada kami pendapat Anda tentang blog kami melalui Twitter kami @lunomoney

Jangan sampai ketinggalan!

Beli, simpan, dan belajar Bitcoin, Ethereum, XRP, dan Litecoin sekarang

Desktop Icon Apple App Store Logo Google Play Store Logo