Kembali ke Artikel

Biaya jaringan Bitcoin

Timothy Stranex
lama baca 4 menit

Kami akan mengubah biaya kami pada 1 Maret 2017.

Perubahan yang dimaksud adalah biaya BTC 0.0002 untuk transaksi pengiriman dan penerimaan Bitcoin, jadwal biaya berdasarkan volume trading dengan pengurangan signifikan di Luno Exchange, dan beberapa perubahan kecil untuk tiap negara.

Karena transaksi pengiriman dan penerimaan Bitcoin sebelumnya gratis, di artikel ini kami akan menjelaskan alasan mengapa kami mengenakan biaya ini, hubungannya dengan ekosistem Bitcoin saat ini, serta memperkenalkan alternatif gratis kami: kirim dan terima Bitcoin melalui alamat email dan nomor ponsel.

Bitcoin network fees

Bitcoin sering dipromosikan sebagai solusi yang murah dan baik untuk pembayaran mikro. Walaupun dulunya hal ini benar, Bitcoin tidak lagi sesuai untuk transaksi pembayaran dengan nilai kecil. Untuk mengerti akan hal ini, kami akan menjelaskan secara singkat mengenai teknologi yang mendukung Bitcoin.

Seluruh transaksi Bitcoin dicatat di suatu sistem kas yang disebut ‘blockchain’. Sistem kas ini bersifat immutable (artinya jika transaksi telah dicatat, maka transaksi tidak dapat dihapus) dan selalu direplikasi dalam jumlah banyak (artinya setiap transaksi disalin ribuan kali oleh semua orang yang menjalankan software Bitcoin).

Kedua hal ini, immutability dan replikasi, membuat Bitcoin blockchain suatu sistem yang sangat kuat. Namun satu kekurangannya adalah setiap transaksi harus diproses dan disimpan ribuan kali. Duplikasi ini menyebabkan biaya yang tinggi dalam hal sumber computing seperti bandwidth, ruang disk, memory, dan waktu CPU.

Karena Bitcoin semakin populer, jumlah transaksi semakin bertambah dengan cepat. Sumber computing yang diperlukan untuk memproses transaksi beberapa tahun lalu sangat minim, namun sekarang jumlahnya sangat signifikan. Selain itu, kapasitas Bitcoin blockchain dibatasi oleh “block size limit”: seringkali jumlah transaksi yang diproses lebih banyak daripada kemampuan sistem tersebut untuk memprosesnya.

Oleh karena itu, banyak orang dan bisnis yang berpartisipasi di jaringan Bitcoin (seperti penambang/miners dan node operators) mulai memberikan tekanan untuk memprioritaskan dan mengurangi beban transaksi dengan biaya transaksi.

Berikut adalah grafik yang menunjukkan biaya transaksi jaringan Bitcoin dalam beberapa tahun yang lalu:

Biaya Transaksi Jaringan Bitcoin Harian

Sejak Luno berdiri, kami telah membayarkan biaya transaksi ini untuk para pelanggan kami. Namun, seiring dengan meningkatnya biaya dan jumlah orang yang menggunakan layanan kami, biaya transaksi ini menjadi sangat besar. Untuk mengirimkan satu transaksi beberapa tahun lalu, kami membayar sekitar BTC 0.0001 atau USD 0.02, namun untuk memproses transaksi yang sama saat ini, kami harus membayar sekitar BTC 0.0004 atau USD 0.42, peningkatan 20 kali lipat dalam hal mata uang fiat. Membayarkan biaya ini juga mendorong perilaku tidak efisien seperti mengirimkan ribuan transaksi kecil melalui jaringan ini ketika satu transaksi besar sebenarnya lebih efisien.

Alhasil, kami terpaksa harus mengenakan biaya kirim dan terima untuk transaksi yang diproses melalui jaringan Bitcoin.

Kami telah memberlakukan biaya dimana kami sebenarnya tidak mendapatkan keuntungan apapun dari transaksi kirim dan terima ini, namun hanya untuk menutup kerugian. Dengan memberlakukan biaya asli transaksi ini, pelanggan dapat memutuskan perilaku transaksi mereka dengan lebih baik.

Kami berencana untuk mengubah biaya kami dari waktu ke waktu sesuai dengan biaya di jaringan Bitcoin. Contohnya, jika Bitcoin blockchain memberlakukan teknologi baru untuk membuat transaksi lebih efisien dan menambahkan limit kapasitas teknologi tersebut, biaya akan diturunkan.

Alternatif gratis

Penjelasan di atas hanya berlaku untuk transaksi yang dikirimkan melalui Bitcoin blockchain. Luno juga mendukung metode pembayaran alternatif: pembayaran Bitcoin off-chain. Pembayaran yang dilakukan oleh pelanggan Luno ke orang lain dapat diproses secara internal tanpa harus ditransmisikan melalui jaringan Bitcoin. Dengan itu, kami tidak perlu mengenakan biaya transaksi.

Fitur ini telah tersedia untuk semua pelanggan Luno. Masukkan alamat email atau nomor ponsel penerima ketika Anda mengirimkan pembayaran Anda dan kami akan memproses langsung dengan nol biaya.

FAQ

BERAPA BIAYA YANG BARU?

  • Setiap transaksi pengiriman dikenakan biaya kirim dinamis
  • Setiap transaksi penerimaan dikenakan 0.0002 BTC
  • Penerimaan dan pembayaran dengan alamat email dan nomor ponsel tetap gratis dan instan

DIMANA SAYA DAPAT MENEMUKAN SEMUA INFORMASI BIAYA BARU?

Semua informasi biaya per negara dapat dilihat di: https://www.luno.com/id/countries

MENGAPA LUNO MENGENAKAN BIAYA PENERIMAAN BITCOIN?

Biaya transaksi yang dikenakan oleh jaringan Bitcoin dihitung berdasarkan ukuran transaksi. Transaksi terdiri atas suatu set input dan output. Jika terlalu banyak input, maka ukuran transaksi menjadi lebih besar. Setiap kali transaksi diterima, hal tersebut akan menjadi input transaksi yang akan datang.

Oleh karena itu, untuk setiap transaksi yang diterima, ada biaya yang harus dibayarkan di masa yang akan datang. Karena beberapa pelanggan ‘menerima’ lebih banyak transaksi daripada ‘mengirimkan’, padahal pelanggan lain ‘mengirimkan’ lebih banyak daripada ‘menerima’, tidak adil jika kami memberlakukan biaya penuh untuk mereka yang mengirim namun tidak untuk mereka yang menerima.

BAGAIMANA JIKA SAYA INGIN MENGIRIM DAN MENERIMA BANYAK JUMLAH-JUMLAH KECIL?

Kami menyarankan Anda untuk mengirim dan meminta pembayaran dengan alamat email atau nomor ponsel sehingga kami akan memproses pembayaran Anda secara instan dan gratis.

APAKAH BIAYA AKAN NAIK ATAU TURUN DI MASA AKAN DATANG?

Kami berencana untuk melacak biaya pada jaringan Bitcoin. Teknologi Bitcoin perlahan-lahan berkembang dan dapat menjadi lebih efisien seiring dengan waktu (misalnya Segregated Witness atau Bitcoin Unlimited). Selain itu, ketika teknologi "lapisan kedua" (seperti Lightning atau Teechan) telah tersedia dan kuat, kami akan membuat ini tersedia pada platform kami.

Namun untuk sekarang, pembayaran yang dikirim atau diterima antara pelanggan Luno berdasarkan alamat email atau nomor ponsel akan berlangsung instan dengan nol biaya.

APA PANDANGAN ANDA MENGENAI “BLOCK SIZE DEBATE”?

Kami ingin menerapkan teknologi apapun yang memperoleh adopsi luas di ekosistem Bitcoin, baik Segregated Witness, Bitcoin Unlimited, Lighting, Teechan, etc.

Avatar Timothy Stranex
Penulis

Timothy Stranex

Timothy is co-founder and CTO at Luno. Before founding Luno, Timothy was a software engineer at Google in Switzerland. He holds an MSc in Theoretical Physics from the University of Zürich and a BSc in Physics, Mathematics and Computer Science from the University of Cape Town.

Tidak ada kata terlambat untuk mulai menggunakan Bitcoin. Beli, simpan, dan pelajari Bitcoin sekarang.

Desktop Icon Apple App Store Logo Google Play Store Logo