Kembali ke Artikel

Mengenai Bitcoin hard fork

Werner van Rooyen
lama baca 3 menit

Bitcoin sedang berada di situasi krusial dan sulit dimengerti saat ini. Melalui artikel ini, kami akan menjelaskan apa itu hard fork yang marak dibicarakan dan apa implikasinya terhadap Bitcoin Anda di Luno.

Apa itu hard fork?

Komunitas Bitcoin -terdiri dari pengguna, platform exchange, platform layanan dompet, bisnis, developer, dan penambang- telah lama berdebat tentang masalah ukuran blok (block size).

hard_fork_image

Bitcoin, dalam kondisinya saat ini, hanya dapat memproses transaksi dalam jumlah tertentu. Jaringan Bitcoin telah berkembang dan menjadi sangat populer hingga mencapai kondisi dimana transaksi kirim dan terima Bitcoin kini sangat lambat dan jauh lebih mahal daripada beberapa tahun lalu.

Karena BItcoin adalah suatu software yang dibangun dengan protokol yang terbuka dan melalui kesepakatan bersama, developer (atau kelompok developer) manapun dapat mengajukan perubahan dan perbaikan pada teknologi Bitcoin. Penambang Bitcoin diperbolehkan untuk vote dan mengimplementasikan perubahan tersebut, dan pengguna Bitcoin dapat memutuskan untuk mengikuti perubahan tersebut atau tidak.

Jika perubahan yang diajukan cukup signifikan, versi baru software akan tercipta. Versi baru ini mungkin saja tidak cocok dengan versi lama. Jika  komunitas Bitcoin merasa perubahan ini kontroversial, versi baru akan melakukan ‘fork’ dari cabang utama (versi lama) dan beroperasi dengan aturan baru (versi baru).

Beberapa bulan terakhir, satu dari proposal perubahan ini, yang dikenal dengan Bitcoin Unlimited, mendapatkan dukungan dari penambang dan berkembang kian populer. Bitcoin Unlimited berencana untuk meningkatkan limit ukuran blok (block size) sehingga jaringan dapat memproses lebih banyak transaksi sekaligus, tidak seperti versi yang ada saat ini, yang dikenal dengan nama Bitcoin Core.

Jadi, apa yang terjadi dengan Bitcoin saya menjelang hard fork?

Jika Anda memiliki sepuluh Bitcoin (10 BTC) sebelum hard fork, Anda akan memiliki saldo 10 Bitcoin Core dan 10 Bitcoin Unlimited setelah fork terjadi.

Karena ini bukan pertama kali mata uang digital (cryptocurrency) mengalami fork, kami akan menjelaskan apa yang harusnya terjadi:

  • Kedua versi akan menentukan nilai pasar, melalui masing-masing penawaran dan permintaan versi tersebut
  • Ada kemungkinan bahwa nilai volatilitas pasar akan mengalami peningkatan drastis, saat-saat menjelang hard fork
  • Kami akan menonaktifkan withdrawal untuk kedua chain (versi) selama 1-2 hari setelah fork terjadi untuk memastikan kami dapat memproses transaksi dengan aman
  • Exchange (seperti Luno) akan memutuskan, berdasarkan kondisi pasar, apakah mereka akan menyediakan akses ke pertukaran versi apa (atau kedua versi)
  • Penyedia wallet (seperti Luno) akan memutuskan, berdasarkan kondisi pasar, apakah mereka akan menyediakan transaksi pengiriman dan penerimaan Bitcoin versi apa (atau kedua versi)
  • Setelah beberapa saat, salah satu mata uang mungkin muncul sebagai “pemenang”, berdasarkan transaksi, volume perdagangan, nilai tukar, pangsa pasar dan sebagainya
  • Setelah beberapa saat, mata uang yang dominan mungkin akan dikenal (lagi) hanya sebagai “Bitcoin”
  • Kedua mata uang bisa menikmati adopsi pasar yang cukup untuk hidup berdampingan, dengan nama yang berbeda dan nilai tukar yang berbeda

Apa yang harus kamu lakukan?

Hard fork mata uang digital (cryptocurrency) adalah persoalan yang bersifat sangat teknis. Anda harus menyimpan Bitcoin Anda dengan platform khusus penyedia dompet Bitcoin yang memiliki tim dengan kompetensi teknis kelas dunia, disertai dengan keamanan standar dunia, seperti Luno.

Kapan hard fork akan terjadi?

Anggota dari tim pengembang Bitcoin Unlimited telah menyatakan bahwa karena penambang Bitcoin menyediakan keamanan dan mengawasi Blockchain, fork hanya akan terjadi jika proposal tersebut mendapatkan 75% dukungan para penambang.

Anda dapat melihat dukungan terhadap proposal Bitcoin disini: https://coin.dance/blocks

Walaupun proposal Bitcoin Unlimited kian populer, tidak ada tanggal atau jaminan bahwa Bitcoin Unlimited akan terjadi.

Apa yang akan dilakukan Luno?

Kami akan mendukung debat ini serta model yang disetujui mayoritas untuk perkembangan Bitcoin ke depannya.

Tujuan utama kami adalah untuk menjaga uang pelanggan kami dengan aman dan untuk menjaga pasar Bitcoin yang sederhana, teratur, dan berguna di negara dimana kami beroperasi.

Kami akan mendukung -beli, jual, kirim, terima, simpan, dan trading- versi Bitcoin yang mendapatkan dukungan mayoritas komunitas Bitcoin yang terdiri dari pengguna, penambang, platform penyedia layanan wallet dan exchange. Kami dapat memutuskan, berdasarkan kondisi pasar, untuk mendukung kedua versi Bitcoin atau hanya salah satu versi Bitcoin di masa yang akan datang.

Jika kami memutuskan untuk mendukung hanya salah satu versi, kami akan membuat mekanisme agar pengguna kami dapat melakukan withdrawal versi Bitcoin lainnya.

Ringkasan

infographic

  1. Fork tidak terjadi → Luno beroperasi seperti biasa
  2. Fork terjadi → Deposit dan penarikan akan dihentikan minimal selama 24 jam
  3. Fork terjadi dan Bitcoin Unlimited berhenti → Kami melanjutkan operasional dengan Bitcoin Core seperti biasa
  4. Fork terjadi dan Bitcoin Core berhenti → Kami berubah mengikuti Bitcoin Unlimited dan melanjutkan operasional seperti biasa
  5. Fork terjadi dan kedua chain (versi) tetap beroperasi namun salah satu versi lebih dominan → Luno mengikuti chain dominan, namun memperbolehkan withdrawal dari chain minoritas
  6. Fork terjadi dan kedua chain memiliki nilai penting → Kami menyediakan akses ke kedua chain setelah kami memperbarui sistem dan aplikasi kami

Ini adalah momen penting dalam evolusi Bitcoin. Kami akan bekerja keras untuk komunitas Bitcoin yang lebih baik dan memastikan transisi yang stabil jika hard fork terjadi di masa yang akan datang.

 

Avatar Werner van Rooyen
Penulis

Werner van Rooyen

Werner heads up Business Development and Growth at Luno. His passions include payments, e-commerce, technology, marketing and design: something that he has been fortunate enough to do on three different continents. Werner has lived and worked in South Africa, the United States, Indonesia, Taiwan and China.

Tidak ada kata terlambat untuk mulai menggunakan Bitcoin. Pelajari, beli, dan gunakan Bitcoin dengan Luno sekarang.

Desktop Icon Apple App Store Logo Google Play Store Logo