Blog Luno

To the moon: masa depan uang

Kembali ke Blog

Luno OTC Bitcoin Desk (beta)

Team Luno
lama baca 3 menit

Update: kami telah menyediakan layanan transaksi OTC (over-the-counter) seperti yang dijabarkan di blog ini. Namun, kami telah memutuskan untuk tidak menawarkan layanan OTC untuk saat ini. Jika Anda ingin membeli Bitcoin dalam jumlah besar (ataupun kecil), kami merekomendasikan Anda menggunakan Luno Exchange.

otc

Mengenai exchange dan slippage

Cara yang paling nyaman bagi mayoritas trader untuk membeli dan menjual saham, komoditas dan Bitcoin pada harga pasar saat ini, adalah melalui exchange marketplace, seperti Luno Exchange.

Halangannya, seperti yang Anda mungkin sadari, adalah bahwa meskipun melihat nilai tukar pada saat tertentu, pertukaran sebenarnya dibatasi oleh likuiditas pasar tersebut: berapa banyak saham, komoditas atau Bitcoin Anda dapat beli atau buang pada waktu tertentu.

Suatu hal untuk melihat nilai tukar Bitcoin ketika ada hanya ada beberapa satoshi tersedia di harga itu, hal lain ketika Anda ingin membeli atau menjual sejumlah besar. Bitcoin mencapai audiens yang makin besar dan berkembang setiap harinya dan banyak orang melihat Bitcoin sebagai kelas aset, layak akan investasi yang besar.

Tapi mari kita mundurkan waktu sejenak untuk melihat harga pada pagi hari tanggal 31 Mei 2016:

bitx-depth-chart

Jika Anda pasang sell order hingga 1,223 BTC di Luno Exchange pada hari itu, maka akan dapat harga 8.287.000 IDR/BTC, seperti kalanya dicocokkan dengan penjual yang bersedia menerima sejumlah uang tersebut untuk Bitcoin mereka .

Apabila, jika Anda ingin menjual dalam jumlah besar, misalnya 100 BTC, pertama 1,223 BTC akan terjual pada harga 8.287.000 IDR/BTC tetapi Anda akan mendapatkan nilai tukar yang semakin lemah -karena likuiditas yang terbatas. Hasil akhir order seperti ini hanya akan mendapatkan harga 7.190.000 IDR/BTC, jatuh 13,2% lebih murah, inilah yang disebut slippage.

Hal ini akan terjadi kepada trader yang menempatkan order buy yang besar, tapi hanya di sisi lain dari grafik depth, di mana mereka membayar harga yang semakin tinggi pada transaksi yang besar.

Beberapa saham, surat berharga dan Bitcoin exchange menangani skenario ini melalui transaksi OTC (over-the-counter), di mana transaksi besar difasilitasi tidak melalui transaksi umum tetapi melalui saluran pribadi.

Bagaimana cara kerja OTC Luno

Ini hanyalah sebuah contoh bagaimana transaksi ini terstruktur:

  1. Pelanggan yang sudah diverifikasi menghubungi Luno OTC dan mengatakan: "Saya ingin membeli IDR 900.000.000 senilai Bitcoin hari ini". Mereka adalah pembeli.
  2. Luno menerima 900 juta dari pembeli melalui bank transfer dan memegang dana tersebut di escrow (yang artinya dana akan dipegang oleh Luno sampai transaksi selesai atau dibatalkan).
  3. Luno OTC menghubungi para traders dengan tawaran: "Kami ingin menjual 108,23812387 Bitcoin OTC diharga 8.315.000 IDR/BTC, minimal 25 BTC per transaksi, ada yang tertarik?"
  4. Trader pertama yang tertarik dan melakukan deposit BTC ke akun Luno mereka, dimana BTC ini dipegang oleh Luno dalam escrow.
  5. Luno transfer IDR ke si penjual dan transfer BTC kepada pembeli dan memotong biaya kepada kedua belah pihak dalam transaksi ini.

Keuntungan dari transaksi Bitcoin OTC

Ada banyak keuntungan untuk menambahkan OTC Desk:

  • Investor institusi sekarang dapat membeli Bitcoin dalam volume yang sangat besar. Semakin banyak orang memiliki (dan belajar mengenai) bitcoin, semakin baik untuk industrinya
  • Tidak ada efek slippage pada nilai harga tukar transaksi Anda
  • Tidak ada lonjakan besar dan harga terjun bebas di nilai harga tukar untuk pengguna lainnya
  • Biaya lebih rendah pada transaksi volume tinggi OTC

Untuk periode awal, Luno hanya akan mengenakan biaya 0,1% untuk masing pembeli dan penjual dalam transaksi OTC.

Langkah selanjutnya

Jika Anda tertarik untuk membeli Bitcoin dalam jumlah besar, kami siap membantu.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  • Ukuran minimum transaksi ini yang akan kami pertimbangkan saat ini adalah 25 BTC (untuk penjualan) dan IDR 200.000.000 untuk pembelian. Jika Anda ingin beli/jual jumlah yang lebih kecil dari itu, silakan lakukan di Luno Exchange
  • Jika Anda ingin menjual BTC, kami memerlukan Bitcoin tersebut berada di akun Luno Anda (dengan setidaknya tiga konfirmasi blockchain)
  • Jika Anda ingin membeli BTC, kami mengharuskan Rand Afrika Selatan berada di akun Anda pada saat transaksi
  • Anda harus memiliki akun yang sudah diverifikasi oleh Luno
  • Jika Anda membeli atas nama bisnis, perusahaan tersebut harus memiliki account yang telah diverifikasi oleh Luno
  • Semua transaksi OTC saat ini memakai harga mid-price (yaitu, harga tengah-tengah atau nilai rata-rata tawaran jual dan beli)
  • Kami mungkin akan memakai harga rata-rata mid-price pada interval 6, 12, 24 jam untuk memastikan harga yang adil untuk pembeli dan penjual
  • Setelah kita memiliki konfirmasi email/telepon dari kedua belah pihak, kami jalankan transaksi ini dan memungut biaya 0,1% pada masing-masing transaksi
  • Transaksi OTC akan terlihat di volume 24 jam kami, tetapi transaksi ini tidak akan berdampak apapun pada nilai harga tukar di Luno Exchange

Saya yakin Anda menyadari bahwa harga telah melonjak sekitar 30% pada bulan lalu, jadi jika Anda memiliki dan menyimpan Bitcoin saat ini, mungkin ini adalah waktu yang sangat menguntungkan untuk menjualnya sekarang ;-)

Avatar Team Luno
Penulis

Team Luno

The Luno blog conveys the views of Luno and the people within our team. We will never provide financial or any other form of advice. We urge you to conduct your own research before purchasing or trading any cryptocurrencies. Always be aware of the sometimes volatile nature of the market, and never trade with funds that you cannot afford to lose.

Tidak ada kata terlambat untuk memulai.
Beli, simpan, serta pelajari Bitcoin dan Ethereum sekarang.

Desktop Icon Apple App Store Logo Google Play Store Logo