Kembali ke Artikel

Cara melindungi Bitcoin dan kripto Anda dari penipuan

Claristy
lama baca 3 menit

Anda pasti pernah mendengar cerita seorang korban yang kehilangan Bitcoin, baik dalam jumlah kecil maupun besar. Kebanyakan kasus-kasus seperti ini adalah peretasan tidak langsung, atau insiden yang disebabkan oleh phising atau penipuan karena orang-orang tidak mengetahui cara melindungi Bitcoin dan kripto dengan benar.

Sebenarnya, insiden peretasan seperti ini dapat dihindari dengan mudah jika kita melakukan prosedur keamanan yang tepat.

Bitcoin security

Cara melindungi Bitcoin dan aset kripto Anda mungkin terdengar seperti tugas yang besar dan sulit, namun sebenarnya tindakan pencegahan dan praktik-praktik terbaik tersebut juga harus Anda lakukan untuk akun online bank Anda.

Langkah pertama: Pilih perusahaan yang bereputasi baik dan dapat dipercaya

Langkah pertama untuk melindungi Bitcoin adalah dengan memastikan Anda memilih perusahaan yang bereputasi baik untuk membeli, menjual, menyimpan dan mengatur Bitcoin dan aset kripto Anda.

Sebelum menyerahkan uang ataupun rincian identitas Anda, Anda perlu melakukan pemeriksaan kesehatan perusahaan:

  • Pastikan perusahaan memiliki rekam jejak (track record) yang terjamin
  • Verifikasi identitas para pemilik dan karyawan di LinkedIn
  • Pertimbangkan prosedur perusahaan dalam memverifikasi pelanggan dan mencegah kejahatan
  • Lakukan riset terhadap perusahaan investor yang mendukung perusahaan tersebut

Banyak penerobosan keamanan dalam lingkup ini dapat dihindari dengan menerapkan langkah keamanan tambahan. Pastikan Anda nyaman dengan perusahaan yang Anda pilih lalu lakukan langkah berikut untuk melindungi uang (dan data) Anda.

Langkah kedua: Lindungi diri Anda dari hacker

Keamanan terbaik tidak berhenti hanya pada menemukan perusahaan yang bereputasi baik. Jika Anda tidak melakukan kewajiban Anda untuk melindungi akun Anda, tidak ada keamanan back-end yang dapat mencegah para hacker mencuri Bitcoin Anda.

Sama seperti menjaga rumah Anda aman. Bahkan kunci atau gembok berteknologi tinggi sekalipun tidak akan menjaga Anda tetap aman jika Anda membiarkan pintu Anda terbuka lebar. Para hacker cenderung mengeksploitasi mata rantai terlemah dalam suatu sistem keamanan.

Dengan beberapa pertimbangan sederhana, Anda dapat melakukan cara melindungi Bitcoin Anda berikut ini:

  • Keamanan password yang lebih kuat: gunakan password yang unik dengan minimal 16 karakter dan jangan pernah membagikannya kepada siapapun
  • Aktifkan otentikasi dua-faktor: dengan ini, tidak ada orang yang dapat mengakses akun Anda tanpa akses ke telepon genggam Anda
  • Lindungi akun email Anda: gunakan password yang aman, unik dan rumit serta aktifkan otentikasi dua faktor
  • Kunci akun Anda: jika Anda mencurigai akun Anda terkompromi atau diakses oleh orang lain, segera kunci akun Anda.

Langkah ketiga: Pelajari cara mengenali penipuan dan phishing

Serangan phishing terjadi ketika pelaku kriminal membuat situs web dan email yang terlihat seperti milik perusahaan yang terpercaya. Menggunakan imitasi ini, mereka kemudian mengelabui Anda untuk memberikan rincian penting Anda, seperti informasi sign-in atau pembayaran Anda.

Anda mungkin menerima email dari penyedia Dompet Bitcoin Anda yang meminta Anda memeriksa aktivitas terakhir. Ketika Anda klik tautan di dalam email, Anda tiba-tiba diminta memasukkan ulang rincian pembayaran Anda. Jika Anda terjebak, para pelaku kriminal akan mendapatkan informasi Anda. Ini adalah salah satu bentuk phishing yang terjadi.

Ini tidak terjadi hanya pada Bitcoin atau aset kripto

Aktivitas phishing telah menarik perhatian seluruh warga internet. Phishing dilakukan bukan hanya kepada para pengguna kripto, tapi juga terjadi pada akun online.

Sekilas, imitasi ini terlihat asli namun ia meminta konsumer untuk masuk ke akun mereka dengan memasukkan email dan password, atau rincian log-in lainnya. Banyak yang terjebak karena mengira email dikirimkan oleh perusahaan terpercaya, padahal tidak.

Meskipun ini bukanlah kesalahan perusahaan yang ditiru para phishers, phishing dapat merusak reputasi perusahaan karena orang-orang mungkin tidak paham bahwa serangan tersebut berasal dari tempat lain. Satu-satunya langkah yang dapat diambil oleh perusahaan yang terpercaya adalah mencoba mengedukasi penggunanya mengenai phishing. Namun sebenarnya, semua masih bergantung kepada Anda sebagai pemilik akun untuk memberi perhatian ekstra agar tidak terjebak dalam penipuan-penipuan ini.

Untuk memastikan Anda tidak menjadi korban serangan phishing:

  • Selalu periksa URL dari situs web sebelum masuk atau klik sebuah iklan
  • Ketik URL secara langsung daripada mencari nama perusahaan di Google
  • Jangan pernah bagikan password atau rincian pembayaran Anda melalui email atau pesan seluler
  • Perhatikan intuisi Anda — jika sesuatu terasa tidak benar, periksa ulang
  • Jangan tawarkan rincian Anda tanpa alasan dan berhati-hatilah dengan informasi sensitif (misalnya, PIN Anda)
  • Periksa alamat email sebelum membalas email
  • Jika Anda tidak yakin dengan sebuah situs web, coba log-in dengan password palsu

Bagaimana Anda menjaga Bitcoin Anda tetap aman?

Keamanan adalah hal yang sangat serius untuk Luno

Di Luno, melindungi uang dan data pelanggan kami adalah prioritas utama kami. Kami telah melakukan beberapa sistem keamanan Bitcoin yang paling canggih di dunia dan yang tidak pernah terkompromi sebelumnya.

Beberapa langkah keamanan yang kami lakukan untuk melindungi Bitcoin Anda meliputi:

  • Penyimpanan deep freeze: kami menyimpan kunci pribadi di dalam dompet multi-tanda tangan, yang tersebar di berbagai brankas bank yang berbeda
  • Hot wallet: untuk memungkinkan Anda menarik Bitcoin secara instan, kami menggunakan sistem hot wallet. Hot wallet ini dibentuk dengan dompet multi-tanda tangan dengan kunci yang dibagi dua, antara Luno dan BitGo
  • Password: kami menyimpan password dalam bentuk potongan-potongan kecil dan menyarankan pelanggan kami untuk menggunakan password yang kuat
  • Otentikasi dua faktor (Two-factor authentication / 2FA): kami menyediakan 2FA sehingga Anda dapat menjaga akun Anda lebih aman
  • Enkripsi: seluruh layanan web dan komunikasi kami terjadi dalam saluran yang diamankan dengan SSL dan dompet-dompet disimpan dengan enkripsi PGP. Seluruh informasi identitas pribadi dienkripsi dan disimpan dengan aman.

Artinya, seluruh informasi sensitif pelanggan kami dienkripsi. Tidak ada individu atau karyawan yang memiliki akses langsung ke dana Bitcoin konsumer.

Seluruh karyawan kami telah melewati pemeriksaan latar belakang dan menerima pelatihan keamanan yang reguler dan menyeluruh. Selain itu, kami juga menjalankan audit keuangan dan keamanan secara teratur untuk menguji integritas sistem kami.

Secara keseluruhan, kami mengatur sistem keamanan Luno sekelas dengan bank. Keamanan dana dan data pelanggan Luno akan selalu menjadi prioritas utama kami.

Avatar Claristy
Penulis

Claristy

A graduate from the University of Indonesia, Claristy is young, enthusiastic, passionate and been awarded as one of the most outstanding students by several companies and institutions in Indonesia. She is a combination of a perfectionist and a high achiever.

Tidak ada kata terlambat untuk memulai.
Beli, simpan, serta pelajari Bitcoin dan Ethereum sekarang.

Desktop Icon Apple App Store Logo Google Play Store Logo