Halving dorong harga Bitcoin naik empat kali lipat? Simak fakta Bitcoin halving berikut

Tim Luno
Kembali ke blog


lama baca 4 menit

Bitcoin halving diperkirakan akan terjadi minggu ini atau lebih tepatnya Selasa 12 Mei 2020. Dalam keadaan normal, biasanya kita akan melihat komunitas kripto berkumpul di bar atau cafe, taman, dan lounge di berbagai belahan dunia untuk menghabiskan waktu bersama dengan sesama penggemar Bitcoin. Tetapi di tahun 2020 ini, aplikasi Zoom dan forum Redditlah yang sepertinya akan menggantikan tempat umum dimana mereka berkumpul.

Apapun yang sedang terjadi, Bitcoin halving tetap mampu membangkitkan semangat dan antusiasme para penggermar kripto. Terbukti, tidak hanya berita -hasil pencarian Bitcoin halving di Google pun naik dan akun Twitter kripto tidak berhenti membahas halving sejak berbulan-bulan lalu. Namun, kebanyakan informasi di internet di luar sana tidaklah selalu seakurat yang Anda harapkan.

Kami telah merangkum beberapa kesalahpahaman umum mengenai halving. Pastikan Anda menunjukkan pengetahuan Anda atau info menarik jika Anda mengikuti pesta virtual untuk merayakan halving ya! Anda juga dapat memposting foto Anda di Instagram Anda dan jangan lupa tag Instagram. kami. Pasti seru!

Apakah jumlah Bitcoin saya akan berkurang setengah setelah halving? Tidak

Jangan khawatir - Bitcoin halving tidak akan berdampak pada jumlah Bitcoin yang Anda miliki. Tidak ada yang akan secara magis menghilangkan setengah jumlah Bitcoin Anda, Anda tidak akan dipaksa untuk mengembalikan Bitcoin Anda, dan JANGAN, KAMI ULANGI: JANGAN memberikannya kepada seseorang yang Anda temui via chat atau daring sosial yang berkata bahwa Anda harus memberikan setengah Bitcoin Anda karena ini hari halving.

Bitcoin halving merupakan kejadian berulang (biasanya terjadi empat tahun sekali) dimana jumlah Bitcoin yang diberikan kepada para penambang (miner) berkurang separuh nilainya. Mata uang fiat seperti Dolar Amerika diterbitkan oleh bank sentral, sedangkan tidak ada lembaga pusat manapun yang ‘menerbitkan’ Bitcoin. Tertulis pada protokol Bitcoin bahwa Bitcoin baru ‘diterbitkan’ sebagai imbalan (reward) bagi para penambang ketika mereka melakukan validasi ‘block’.

Ketika Bitcoin diluncurkan tahun 2009, imbalan tersebut berjumlah 50 BTC per block. Halving diprogramkan untuk terjadi tiap 210,000 block yang tertambang, yang kira-kira membutuhkan waktu empat tahun. Pada tahun 2012, jumlah ini berkurang menjadi 25 BTC per block. Pada tahun 2016, berkurang menjadi 12.5 BTC per block. Halving tahun ini akan mengurangi imbalan block dari 12.5 menjadi 6.25 Bitcoin. Halving keempat diperkirakan trjadi pada tahun 2024 dimana imbalan akan turun menjadi 3.125 BTC baru, dan demikian seterusnya.

Akankah Bitcoin halving menurunkan persediaan Bitcoin? Tidak semuanya

Anda akan melihat banyak orang yang mengatakan bahwa halving berarti persediaan Bitcoin turun. Hal ini tidaklah akurat. Persediaan Bitcoin tidak akan turun setelah Bitcoin halving - persediaan Bitcoin barulah yang akan turun setelah halving.

Persediaan Bitcoin selalu bertambah dan akan tetap demikian hingga mencapai jumlah total yang dapat dibuat (21 juta Bitcoin, seperti yang tertulis pada protokol Bitcoin). Hal ini akan terjadi kira-kira pada tahun 2140. Namun seperti yang telah dijelaskan, Bitcoin dibuat ketika para miner (penambang) berhasil mendapatkan imbalan setelah memverifikasi block pada blockchain Bitcoin. Ketika imbalan (block reward) ini mengalami halving, ini berarti jumlah Bitcoin yang dibuat setiap menit menurun. Dengan kata lain, persediaannya masih bertambah, tetapi dengan kecepatan yang lebih lambat.

Halving pada dasarnya adalah sebuah mekanisme untuk mengendalikan inflasi. Anggaplah Satoshi telah meluncurkan jaringan Bitcoin dengan persediaan penuh 21 juta yang siap digunakan, maka insentif untuk kenaikan nilai akan mengecil, karena jumlah persediaan akan kemungkinan besar melampaui permintaan. Untuk mendorong pertumbuhan yang berkesinambungan, Satoshi memilik skala logaritma dimana bisa diatur hari tertentu untuk halving. Artinya, walaupun 80% dari jumlah persediaan Bitcoin telah ditambang (mining) dalam waktu 10 tahun pertama, Bitcoin paling akhir tidak akan dikeluarkan hingga tahun 2140. Kita masih memiliki waktu lebih dari satu abad untuk menjamin insentif bagi para penambang untuk berpartisipasi dalam jaringan, dan bagi pasar untuk memahami berapakah nilai Bitcoin.

Namun kecil kemungkinan bahwa mereka yang mengatakan persediaan Bitcoin akan turun setelah halving, melakukannya dengan niat jahat. Mereka mungkin hanya malas mencari informasi lebih banyak. Namun, penting untuk dipahami bahwa halving mengurangi jumlah Bitcoin baru karena ini akan mempengaruhi pemahaman Anda mengenai dampak kejadian ini pada harga Bitcoin, yang mana terdapat banyak teori-teori dan klaim-klaim luar biasa …

Akankah harga Bitcoin segera terbagi dua atau menjadi dua/empat kali lipat? Tidak ada yang tahu

Menurut sejarah, halving berkontribusi pada beberapa pergerakan harga Bitcoin secara signifikan. Namun, anggapan bahwa harga Bitcoin dipastikan terbagi dua, menjadi dua atau empat kali lipat dalam semalam adalah anggapan yang keliru.

Prinsip penawaran dan permintaan tetap berlaku sampai tahap tertentu, tetapi sama seperti yang telah kami jelaskan, persediaan (supply) Bitcoin tidak benar-benar turun dan permintaan tidak akan serta merta meningkat. Jika kita menerima bahwa halving sebelumnya memang membawa pergerakan harga yang besar, maka pergerakan harga yang besar ini seringkali terjadi beberapa bulan setelah halving terjadi dan tidak segera terjadi, meskipun terkadang ada kenaikan kecil. Hal ini kemungkinan besar terjadi karena penurunan persediaan Bitcoin baru, serta naiknya permintaan akibat hype seputar halving karena orang-orang yang memandang betapa jeniusnya peristiwa ini.

Namun ada banyak faktor kompleks lain yang berlaku. Contohnya, kemungkinan adanya dampak pada harga akibat kenaikan biaya komputasi yang ditanggung penambang untuk mengatasi tingkat kesulitan penambangan (mining) dan untuk menghasilkan keuntungan.

Namun pada akhirnya, meskipun faktor-faktor ini mungkin telah menaikkan harga Bitcoin sebelumnya, tidak ada jaminan bahwa hal serupa akan terjadi lagi kali ini. Pasar telah menjadi lebih 'matang' sekarang dan kondisi dunia sudah cukup berbeda dibandingkan empat tahun lalu, jadi sulit untuk mengatakan bahwa hal yang lama pasti akan tetap berlaku atau terjadi.

Terdapat lebih banyak hype dan publikasi mengenai halving, yang berpotensi menjadikan jumlah permintaan BTC meningkat. Selain itu, keuntungan dapat mencapai paling tidak 5000x dari ukuran halving sebelumnya. Demikian pula, ada lebih banyak institusi dan instrumen keuangan, yang artinya, halving dapat lebih mempengaruhi harga dibanding tahun-tahun sebelumnya dan adanya kemungkinan tidak ada pergerakan sama sekali. Kita perlu menunggu dan melihat.

Apakah Bitcoin halving akan menghancurkan para penambang? Hampir tidak mungkin

Hal ini mungkin adalah ketakutan terbesar yang dimiliki orang-orang menjelang halving pertama. Namun tebaklah apa yang terjadi? Jaringan Bitcoin masih berdiri dan masih berkembang. Para penambang (miner) kecil mungkin mengalami masa sulit dan beberapa diantara mereka sayangnya terpaksa gulung tikar. Namun pusat-pusat penambangan telah berevolusi dengan kecepatan eksponensial dalam beberapa tahun terakhir untuk meningkatkan keuntungan mereka.

Selain itu, seperti yang disebutkan, Bitcoin halving merupakan peristiwa terkenal. Setiap penambang yang bijak tentunya telah mempersiapkan teknologi dan prosesnya. Penambangan akan terus berlanjut. Bitcoin akan terus berlanjut.

Jangan lupa untuk ikuti kami di Facebook dan Instagram untuk informasi menarik lainnya seputar Bitcoin dan aset kripto lainnya.

To the moon!

Avatar Tim Luno
Penulis

Tim Luno

Kami menulis semua hal tentang cryptocurrency untuk mengedukasi dan membuka lebih banyak mata serta pandangan tentang cryptocurrency. Blog kami menyampaikan pandangan Luno dan berbagai opini dan karakter unik di tim kami. Kami tidak akan pernah memberi Anda nasihat atau tips tentang keuangan, dan kami mendorong Anda untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya terlebih dahulu sebelum membeli atau terlibat dalam bursa cryptocurrency apapun. Dunia cryptocurrency adalah dunia yang menantang dan harga di pasar bisa berubah dalam hitungan detik, jadi lakukanlah investasi cryptocurrency Anda dengan bijak. Sampaikan kepada kami pendapat Anda tentang blog kami melalui Twitter kami @lunomoney

Jangan sampai ketinggalan!

Beli, simpan, dan belajar Bitcoin, Ethereum, XRP, dan Litecoin sekarang

Desktop Icon Apple App Store Logo Google Play Store Logo