Mau investasi ICO? Cek fakta ICO yang harus kamu tahu

Tim Luno
Kembali ke blog


lama baca 3 menit

Investasi ICO (Initial Coin Offering) mungkin terasa lebih aman dibandingkan membeli cryptocurrency “reguler” langsung, mirip seperti ketika Anda ingin memasak nasi, dibandingkan ketika harus menyiapkan rendang daging. Namun walaupun terlihat sederhana - ketika masak nasi pun, ada juga risiko kegagalan dalam proses tersebut yang harus Anda pahami & pelajari sebelum memulai prosesnya.

ico_need_to_know

ICO (Initial Coin Offering) merupakan sebuah cara inovatif yang digunakan untuk mendanai startup dalam bentuk cryptocurrency. Kebanyakan proses pendanaan startup biasanya dilakukan melalui platform crowdfunding, tetapi kini ICO pribadi mulai banyak dipilih sebagai cara untuk mendanai proyek-proyek cryptocurrency.

Dalam ICO, token dijual kepada para spekulator atau investor di exchange dan dapat dibayar dengan mata uang lokal atau cryptocurrency lain, seperti Bitcoin atau Ethereum. Token ini kemudian dijadikan unit-unit mata uang fungsional ketika (atau jika …) target pendanaan ICO telah tercapai dan proyek tersebut diluncurkan.
Bayangkan ICO sebagai sumber modal bagi startup yang masih cukup muda dan nekad. ICO merupakan pilihan pendanaan bagi perusahaan-perusahaan ini karena tidak perlunya kepatuhan akan aturan dan keberadaan perantara, seperti di metode pendanaan tradisional, misalnya venture capital.

Kedengarannya baik bukan? Namun jangan salah - ketika ICO digunakan oleh mereka pemain-pemain nakal untuk melakukan kecurangan dan penipuan, di situlah masalah dan keraguan akan ICO muncul. Kita telah banyak mendengar banyaknya kisah mengerikan tentang orang-orang yang kehilangan uang dalam jumlah besar - bahkan terkadang semua uang mereka! Mereka berinvestasi pada proyek cryptocurrency yang dibuat oleh tim yang tidak paham seluk beluk cara mengembangkan teknologi tersebut, atau bahkan yang sebenarnya tidak pernah berniat mengembangkannya sama sekali! Jika Anda tertarik, kami telah menggali lebih dalam mengenai para pemain di balik layar ini yang bisa Anda baca di salah satu kisah Medium kami.

Ketika Anda berinvestasi di sebuah ICO yang masih berusia relatif muda, biasanya produk dan layanannya masih belum berjalan. Dengan kata lain Anda bertaruh di proyek tersebut. Jika tim dibaliknya ternyata kuat, Anda akan memiliki kemungkinan sukses yang lebih tinggi (sekalipun ide mereka bukanlah suatu terobosan yang inovatif) dibandingkan dengan tim yang tidak berpengalaman namun memiliki ide yang lebih baik.

Di Luno, kami selalu merekomendasikan Anda untuk mengkaji tim yang ada di balik sebuah proyek ICO atau blockchain yang Anda minati sebelum melakukan investasi. Yang paling penting adalah investasi dimulai dengan edukasi, bukan pembelian. Kami rekomendasikan agar Anda menyediakan waktu untuk melakukan riset terhadap suatu proyek sebelum Anda menginvestasikan uang Anda.

Berikut ini adalah beberapa hal yang sebaiknya Anda cari tahu tentang tim-tim di balik proyek cryptocurrency yang masih baru:

Identitas dan latar belakang mereka

Tidak sulit untuk mencari tahu siapa saja orang yang bekerja di balik sebuah proyek cryptocurrency dan peran mereka. Kami sarankan Anda mengunjungi situs web atau profil LinkedIn mereka untuk memastikan bahwa mereka orang-orang yang dapat dipercaya. Craft.co membuat rincian daftar perusahaan-perusahaan cryptocurrency yang besar, termasuk sejarah perusahaan dan nama-nama anggota tim yang memimpinnya. Kerahkan keahlian Anda stalking di media sosial dan cari tahu lebih banyak sebelum menginvestasikan uang Anda.

Pengalaman mereka

Seperti apa tim mereka? Seberapa besar tim mereka dan apakah jumlah uang yang mereka targetkan masuk akal dibandingkan dengan jumlah tim mereka? Apakah mereka memiliki pembagian anggota tim teknis yang cukup dibandingkan dengan anggota tim pemasaran, humas, dukungan pelanggan, dan bagian hukum? Apakah di antara mereka ada yang pernah menjadi pengacara atau bankir, atau teknisi yang berpengalaman dalam dalam proyek software yang rumit? Banyak juga ya! Sekali lagi, tempat terbaik untuk menemukan informasi ini adalah situs web atau profil media sosial mereka. Jika informasi ini sulit untuk dicari, maka Anda perlu bertanya mengapa.

Seperti apakah rekam jejak mereka?

Ulasan negatif di media publikasi yang terpercaya (dilengkapi dengan bukti kuat untuk mendukungnya) merupakan peringatan yang jelas. Anda tidak akan mau berinvestasi dalam sebuah cryptocurrency yang anggota timnya pernah berhubungan dengan kejahatan keuangan, misalnya.

Apakah Anda bisa menghubungi mereka?

Cobalah menghubungi tim tersebut secara langsung melalui media sosial atau saluran lainnya seperti Telegram. Apakah mereka dengan aktif melakukan posting dan membangun komunitas? Apakah mereka menanggapi pertanyaan dan komentar yang ada? Apakah situs web mereka mencantumkan lebih dari satu cara mengontak mereka? Apakah setiap anggota tim memiliki media sosial mereka yang bisa diakses? Ingatlah bahwa tim di balik suatu ICO terdiri dari orang-orang biasa, jadi kemudahan mengontak mereka bukanlah hal yang mustahil dilakukan.

DYOR (do your own research) - lakukan riset Anda

Kami tidak akan lelah menekankan pentingnya mencari tahu dan memastikan bahwa uang yang Anda dapatkan dengan susah payah tidak akan jatuh ke tangan pihak yang salah. Ingatlah, ada ratusan ICO di luar sana. Anda tidak perlu langsung terlibat ke dalam ICO yang pertama kali Anda ketahui. Ambil waktu untuk melakukan riset dengan baik dan perhatikan beberapa crowdsale yang terjadi untuk menguji intuisi Anda, kemudian mulailah dalam jumlah yang kecil.

Apakah Anda memiliki cerita atau pengalaman seputar ICO yang ingin Anda bagikan kepada kami? Kami selalu senang mendengarkan pengalaman Anda di dunia kripto, jadi beritahu kami. Ingin terhubung terus dengan kami? Temukan kami di Instagram atau Facebook.

Avatar Tim Luno
Penulis

Tim Luno

Kami menulis semua hal tentang cryptocurrency untuk mengedukasi dan membuka lebih banyak mata serta pandangan tentang cryptocurrency. Blog kami menyampaikan pandangan Luno dan berbagai opini dan karakter unik di tim kami. Kami tidak akan pernah memberi Anda nasihat atau tips tentang keuangan, dan kami mendorong Anda untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya terlebih dahulu sebelum membeli atau terlibat dalam bursa cryptocurrency apapun. Dunia cryptocurrency adalah dunia yang menantang dan harga di pasar bisa berubah dalam hitungan detik, jadi lakukanlah investasi cryptocurrency Anda dengan bijak. Sampaikan kepada kami pendapat Anda tentang blog kami melalui Twitter kami @lunomoney

Jangan sampai ketinggalan!

Beli, simpan, dan belajar Bitcoin dan Ethereum sekarang

Desktop Icon Apple App Store Logo Google Play Store Logo