Semua yang perlu Anda ketahui tentang Libra, aset kripto baru milik Facebook

Tim Luno
Kembali ke blog


lama baca 3 menit

Facebook telah mengumumkan cryptocurrency besutannya, Libra. Dengan mengandalkan dompet digital yang dinamai Calibra, cryptocurrency ini diharapkan bisa menjadi cara baru untuk membayar barang dan jasa sehari-hari secara langsung dari smartphone pengguna.

Berikut cara kerja Libra.

Apa itu Libra?

Facebook telah mengungkapkan tentang cryptocurrency tersebut dengan cukup rinci. Sebagai langkah besar adopsi cryptocurrency di dunia, Libra nantinya dapat digunakan dengan hampir tanpa biaya.
Anda dapat beli, atau menarik Libra Anda secara online atau melalui tempat pertukaran lokal seperti supermarket, dan menggunakannya di aplikasi dompet lain atau dompet Calibra milik Facebook sendiri yang nantinya akan terintegrasi dengan WhatsApp atau Facebook Messenger.

Libra juga didukung Visa, Mastercard, dan perusahaan lainnya seperti Uber, Spotify dan eBay. Dengan maraknya perusahaan barang dan jasa yang terlibat di proyek ini, tampaknya akses menuju sistem keuangan baru untuk semua orang semakin menarik perhatian. Pada akhirnya, semua orang akan bisa membayar hampir apa saja mulai dari belanja mingguan mereka, hingga layanan Uber atau Spotify - semuanya menggunakan Libra (Libras? Librae? Librii? Para ahli bahasa belum memutuskan apa bentuk jamak dari Libra).

Bagaimana cara kerja cryptocurrency?

Cryptocurrency merupakan mata uang digital yang menggunakan kriptografi dalam melakukan validasi dan memastikan keamanan transaksi. Cryptocurrency merupakan bentuk mata uang digital dimana transaksi antara dua pihak dilakukan dengan aman (dan seringkali bersifat anonim), sehingga banyak orang berargumen bahwa cryptocurrency lebih aman dalam menghadapi bahaya penipuan.

Cryptocurrency kebanyakan dibangun pada jaringan blockchain; suatu jaringan yang mencatat transaksi, mirip seperti buku kas tradisional. Transaksi bisa berupa pergerakan mata uang, barang maupun data - dan bersifat aman.

Keuntungan besar dari cryptocurrency adalah sifatnya yang terdesentralisasi, yang berarti tidak ada satu pihak pun yang menentukan bagaimana cara cryptocurrency beroperasi dan tidak ada satu pihak pun yang mengendalikan mata uang tersebut, berbeda dengan mata uang tradisional yang dikendalikan oleh bank sentral suatu negara. Cara kerja yang demikian berkebalikan dengan jaringan tersentralisasi, seperti sistem perbankan, dimana ada satu otoritas semacam bank sentral yang mengambil keputusan.

Apa perbedaan cryptocurrency besutan Facebook ini?

Libra milik Facebook tersebut merupakan stablecoin, yang berarti Libra didukung oleh suatu cadangan aset - dan terhubung dengan beberapa mata uang internasional - dari sejumlah bank sentral untuk menjaga agar harganya tetap stabil.

Menurut Facebook, dua permasalahan terbesar dari cryptocurrency adalah skalabilitas dan volatilitas harga. Bitcoin (cryptocurrency ‘reguler’), misalnya, telah mengalami fluktuasi harga yang cukup hebat dalam beberapa tahun terakhir ini yang disebabkan oleh permintaan dan penawaran.

Para pengembang Libra telah menyampaikan bahwa peluncuran Libra melalui aplikasi Facebook akan menjadikannya lebih mudah diakses langsung oleh lebih dari 2 miliar orang di seluruh dunia - jumlah pengguna aplikasi Facebook setiap bulannya.

Bagaimana cara Anda memiliki dan menggunakan Libra?

Libra dapat diakses melalui dompet Libra seperti Calibra milik Facebook dan dompet digital lainnya buatan pihak ketiga.

Para pengguna akan dapat menggunakan uang mereka untuk membeli Libra dan menambahkannya ke dompet digital mereka. Jika telah tersimpan, mata uang tersebut dapat digunakan untuk membayar “transaksi sehari-hari, seperti membeli kopi, belanja mingguan atau ketika mengendarai transportasi umum.”

Facebook menyampaikan bahwa pada mulanya Libra akan mendukung pembayaran peer-to-peer antar individu, sekaligus cara pembayaran barang dan jasa lainnya - misalnya pemindaian QR code.

Teknologi tersebut pada akhirnya akan meluas hingga integrasi sistem point-of-sales di pertokoan, yang akan memfasilitasi pembayaran di dalam toko dengan cara yang sama seperti pembayaran dengan kartu debit dan kartu kredit atau dengan teknologi tanpa kontak. Sekali lagi, ini bukanlah hal yang revolusioner, tetapi cukup evolusioner.

Karena sistem ini terintegrasi dengan WhatsApp dan Facebook Messenger, para pengguna akan mampu mengirim dan menerima uang dari dan ke teman serta kerabat mereka semudah mengirim pesan.

Teknologi ini juga akan bekerja dengan bisnis lainnya dalam platform tersebut, ujar Facebook.

Apakah Luno akan memasukkan Libra?

Laporan resmi Libra telah dirilis dengan rencana waktu peluncuran pada awal 2020, dan kami akan mengikuti perkembangan Libra dengan cermat dan sambil menanti proyek tersebut terus berkembang, kami akan mempertimbangkan penambahan koin tersebut di platform kami. Selebihnya, Anda dapat membaca pendapat kami tentang proyek baru ini.

Avatar Tim Luno
Penulis

Tim Luno

Kami menulis semua hal tentang cryptocurrency untuk mengedukasi dan membuka lebih banyak mata serta pandangan tentang cryptocurrency. Blog kami menyampaikan pandangan Luno dan berbagai opini dan karakter unik di tim kami. Kami tidak akan pernah memberi Anda nasihat atau tips tentang keuangan, dan kami mendorong Anda untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya terlebih dahulu sebelum membeli atau terlibat dalam bursa cryptocurrency apapun. Dunia cryptocurrency adalah dunia yang menantang dan harga di pasar bisa berubah dalam hitungan detik, jadi lakukanlah investasi cryptocurrency Anda dengan bijak. Sampaikan kepada kami pendapat Anda tentang blog kami melalui Twitter kami @lunomoney

Jangan sampai ketinggalan!

Beli, simpan, dan belajar Bitcoin dan Ethereum sekarang

Desktop Icon Apple App Store Logo Google Play Store Logo