Blog Luno

To the moon: masa depan uang
Kembali ke Blog

Evolusi alami uang

Team Luno
lama baca 6 menit

Mengapa dan bagaimana cryptocurrency akan membentuk generasi keuangan masa depan

natural evolution id

Selama ribuan tahun terakhir, cara dunia memandang dan menggunakan uang sering kali berubah. Perubahan ini telah didokumentasikan dengan sangat baik oleh para akademisi dan sejarawan.
Perubahan yang konstan merupakan tema utama dan bagian mendasar dari cerita tentang uang.

Uang berbeda dengan sistem yang kita gunakan untuk menyimpan dan memindahkan uang karena uang adalah salah satu dari beberapa sistem berskala besar yang digunakan oleh umat manusia yang belum banyak dipengaruhi oleh teknologi. Kami percaya bahwa perubahan besar sedang berlangsung dalam evolusi uang. Hanya saja kali ini perubahan ini terjadi tepat di depan mata kita semua.

Mengapa sekarang?

Menurut pandangan kami, perubahan ini berlangsung ketika tiga hal terjadi: pola pikir kolektif kita berubah, permintaan konsumen akan evolusi uang muncul, dan adanya teknologi yang mendukung perubahan ini.

Pada dasarnya, aspek yang sangat penting dari uang adalah cara pandang kita terhadap uang. Kita, sebagai manusia, percaya uang digunakan seperti sekarang karena, ya, kita selalu diajarkan seperti itu. Tetapi bukan berarti itulah satu-satunya cara uang bisa atau seharusnya digunakan. Sebagai contoh, terlepas akhirnya berfungsi secara teknis atau tidak, penemuan Bitcoin dan blockchain telah memungkinkan kita semua untuk memikirkan kembali arti uang dan cara kerja sistem keuangan global saat ini.

Konsumen dunia telah berubah drastis beberapa dasawarsa terakhir, baik dari sisi demografi maupun perilaku. Kini baik di bidang perdagangan, media sosial, berita, atau informasi pribadi, dan lain sebagainya, kita semakin pintar menginginkan dan mengharapkan barang-barang yang lebih murah atau gratis, lebih cepat, lebih aman, dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan spesifik kita, dengan kebebasan yang menyeluruh. Hal yang sama juga berlaku dengan bagaimana kita (ingin) menggunakan uang.

Teknologi juga harus terus berkembang demi memenuhi tuntutan-tuntutan ini. Misalnya, peralihan dari koin emas yang berat ke yang lebih ringan serta mudah dibawa dan uang kertas, transisi ini hanya dapat diterapkan secara efektif dengan teknologi baru: watermarking (tanda air). Efisiensi yang dituntut masyarakat biasanya membutuhkan skala ekonomi yang besar, yang membentuk tulang punggung kemajuan peradaban manusia di mana teknologi biasanya berperan penting. Dalam dunia keuangan, efisiensi ini menandakan perlunya mata uang tunggal atau sistem pembayaran yang berlaku secara penuh. Satu dekade yang lalu, pemikiran tentang hal ini tidak akan dapat dipahami. Sekarang kita memiliki cryptocurrency yang bersifat global, terbuka, dan dapat digunakan bersama seperti Bitcoin.

Ketika kita coba memikirkan bagaimana kebanyakan industri atau dinasti pemerintahan lainnya mengalami perubahan, biasanya bukan optimasi yang muncul dari sistem itu sendiri, melainkan sesuatu yang sangat berbeda dan ‘aneh’ yang mungkin dapat mengubah status quo. Disrupsi merupakan bagian dari proses evolusi, dan dalam pandangan kami, disrupsi membutuhkan pergeseran paradigma yang menyeluruh.

Munculnya bank online dan 'fintech' bukanlah pergeseran paradigma. Dalam kebanyakan kasus, bank online dan fintech ini mengubah cara pemasaran, distribusi, atau pengalaman pengguna (User Experience) dalam mengakses uang seperti yang kita kenal sekarang, namun tidak mengubah uang itu sendiri. Dalam skema yang lebih besar, dampak yang muncul cukup kecil. Dengan cryptocurrency, uang dirubah di bagian intinya, yang memungkinkan kita untuk membayangkan dan melakukan berbagai hal dengan cara yang sangat berbeda - sebuah perubahan paradigma yang sesungguhnya.

Untuk pertama kalinya dalam beberapa generasi, sekarang kita mempunyai 'trifecta' yang dengan cepat menjadi katalisator untuk perubahan ini: pola pikir baru, kebutuhan mendasar bagi konsumen, dan teknologi baru: cryptocurrency yang terdesentralisasi.

Kemana arah semua perubahan ini?

Setiap revolusi membutuhkan platform atau sistem operasinya sendiri, dan dari masing-masing revolusi akan muncul lebih banyak produk, layanan, dan akses ke ekonomi baru. Kami sudah melihat hal ini di bidang telekomunikasi: telepon rumah digunakan hanya untuk berbicara, lalu telepon seluler memungkinkan kita berbicara dan mengirim pesan seperti SMS. Tentu, pada awalnya kedua hal tersebut lebih mahal tetapi karena skala ekonomi dimulai, harganya menjadi lebih murah, lebih cepat dan lebih mudah digunakan daripada teknologi sebelumnya. Dan, akhirnya, smartphone yang didukung dengan internet, kini bahkan lebih murah dan lebih mudah digunakan, dan dengan produk serta layanan baru yang dapat diakses, misalnya peta, aplikasi, media sosial dll. Yang penting, setiap transisi memerlukan 'peningkatan' dari cara lama untuk mengakses dan menggunakan sesuatu, ke cara baru dan yang lebih baik.

Uang juga sedang mengalami transisi yang sama, dan dengan setiap perubahan yang terjadi terbentuklah akses ke barang dan jasa yang lebih efisien dan lebih luas - efek dari, ekonomi baru. Uang kertas dianggap baik untuk transaksi langsung dan menyimpan nilai secara fisik. Uang digital menjadikan transaksi lebih baik: pembayaran lebih cepat dan lebih murah, pengiriman uang, e-commerce internasional, dan produk dan layanan online baru yang tidak dapat diakses dengan uang tunai. Cryptocurrency merupakan tahap selanjutnya dari evolusi ini, tidak hanya membuat transaksi dan menyimpan uang lebih efisien, tetapi juga menawarkan akses ke kelas aset yang baru dan ekonomi barang serta jasa, sering disebut sebagai 'aplikasi terdesentralisasi'.

Intinya, kita sedang menyaksikan sistem keuangan paralel baru yang sedang dibangun secara real time, dan kami percaya bahwa sistem keuangan yang baru dan lebih baik ini akan menunjang kehidupan umat manusia hingga generasi-generasi berikutnya. Sama halnya dengan semua sistem lainnya, sistem ini tidak sempurna, dan akan selalu terus berkembang, tetapi kami percaya sistem ini merupakan langkah perubahan yang signifikan, dan relevan khususnya di masa kita hidup saat ini.

Transisi dari ekonomi lama ke ekonomi baru akan memakan waktu, sehingga kami membayangkan banyak produk dan layanan hibrida yang menjembatani dunia keuangan lama dengan yang baru seiring berkembangnya industri ini.

Sistem keuangan hibrida dan sistem keuangan baru / ekonomi terdesentralisasi dalam diagram di atas memiliki satu kesamaan penting: Orang dan semua bisnis akan membutuhkan cryptocurrency untuk mengaksesnya. Dalam pandangan kami, mirip dengan internet saat ini, kita tidak mungkin hidup di dunia yang terdesentralisasi 100%, dan akan selalu ada ruang untuk beberapa perantara terpercaya yang membuka pintu gerbang ke dunia keuangan yang baru ini. Tetapi di dunia baru ini akan ada lebih sedikit pemain daripada yang ada saat ini, dan bagian dari fungsi mereka adalah untuk secara agresif menghilangkan perantara di pasar yang ada. Inilah yang dilakukan Luno.

Kami pada dasarnya, membangun kepercayaan dan akses ke / distribusi untuk ekonomi baru ini. Kami menyebutnya "membawa dunia ke sistem keuangan yang lebih baik", yang diabadikan dalam visi jangka panjang kami.

Sedang terjadi sekarang

Gagasan tentang sistem keuangan paralel baru yang sedang dibangun di depan mata kita mungkin terkesan agak tidak masuk akal, tetapi ketika kita melihat data dan momentum di pasar, jelas bahwa segala sesuatunya bergerak jauh lebih cepat daripada apa yang kebanyakan orang yakini.

Menurut pandangan kami, kebanyakan orang mengira mereka memahami semua tentang sistem keuangan ini dan beralih ke sistem-sistem lainnya, yang pada akhirnya hanya untuk mendapati bahwa cryptocurrency yang terdesentralisasi adalah sistem yang paling realistis ke depannya. Kami tentu telah melihat banyak bukti anekdotal untuk mendukung pendapat kami ini, dan semakin banyak kegagalan 'blockchain' dan proyek ICO yang memperkuat pendapat kami.

Cryptocurrency sudah hadir dan berkembang ketika beberapa tantangan termasuk di antaranya memastikan kemungkinan cryptocurrency dapat scaling dan juga bagaimana cryptocurrency dapat hadir dengan regulasi yang ada saat ini. Cryptocurrency dengan cepat ditangani dengan cara yang terkoordinasi secara global oleh sejumlah besar stakeholder utama. Jika ada orang yang membandingkan seperti apa industri ini lima tahun lalu dibandingkan dengan hari ini, bayangkan akan seperti apa industri ini dalam lima hingga sepuluh tahun mendatang.

Bagaimana dampak sistem keuangan ini terhadap kita, dan dunia secara keseluruhan?

Singkatnya, begitu dunia beralih ke sistem keuangan baru yang lebih baik ini, akan muncul dampak positif bagi sebagian besar konsumen dalam berbagai cara setiap harinya, seperti yang kami gambarkan dalam visi kami. Hal ini meliputi memiliki uang yang dapat dipindahkan dengan harga yang lebih murah, lebih cepat dan lebih aman, memotong perantara yang tidak diperlukan dan membagikan nilai ini kepada konsumen. Produk dan layanan yang sepenuhnya dapat dioperasikan dengan keseimbangan yang baik antara transparansi dan privasi, dengan pengalaman pengguna yang jauh lebih baik. Regulasi yang lebih efektif serta tidak terlalu membatasi dan mahal. Uang yang menjadi alat tukar yang pintar dan terprogram. Dan yang paling penting, sistem keuangan yang adil dengan akses terbuka dan sama untuk semua orang.

Artinya, jika seluruh dunia beralih ke sistem keuangan baru bisa juga menjadi salah satu redistribusi kekayaan masyarakat tercepat dan paling agresif dalam sejarah. Hal ini terjadi dikarenakan orang yang 'membeli ke dalam sistem', dalam hal ini membeli cryptocurrency seperti Bitcoin, secara efektif membantu mendanai keseluruhan penelitian dan pengembangan seluruh ekosistem, tetapi yang lebih penting, juga mendapatkan 'kepemilikan saham' di dalamnya. Itu berarti bahwa semakin awal Anda 'berinvestasi', semakin tinggi risikonya, tetapi juga berpotensi, semakin besar hasilnya.

Membeli cryptocurrency hampir mirip seperti berinvestasi dalam Visa atau Mastercard di pasar publik, dan kemudian Anda dapat menggunakan saham publiknya untuk membeli minuman soda dari toko lokal Anda. Semakin banyak orang menggunakan saham Visa atau Mastercard yang mereka miliki untuk bertransaksi, semakin banyak jaringan pembayaran yang digunakan, dan semakin berhargalah perusahaan itu kelak, kedua hal tersebut tercermin secara berurutan di dalam kenaikan harga saham. Selain itu, cryptocurrency seperti Bitcoin memiliki persediaan terbatas, yang menambah seluruh putaran umpan balik positif. Kita juga bisa menggambarkan mekanisme ini sebagai 'dapat berinvestasi di internet secara keseluruhan', tepat di awal terciptanya internet.

Bagaimanapun cara Anda memandangnya, sekarang semua orang memiliki kesempatan untuk menjadi bagian dari ekonomi baru ini dengan cara mendukung evolusi uang, dan menjadi pemilik sebagian dari sistem keuangan masa depan.

Uang telah berkembang selama ribuan tahun dan terus berubah. Kami percaya bahwa dunia saat ini tepat berada di tengah-tengah salah satu dari perubahan besar ini.

Selamat datang di evolusi uang.

Avatar Team Luno
Penulis

Team Luno

On our way to the moon, we write about all things crypto. And don’t forget we’re humans too. Our blog conveys the views of Luno and the many unique opinions and characters within our team. We’ll never provide you with financial advice, and we urge you to conduct your own research before purchasing or trading any cryptocurrencies. It’s a brave new world out there, and the market can be volatile at times, so never trade with funds you can’t afford to lose. Want to let us know how much you love our blog? Tweet us @lunomoney.

Tidak ada kata terlambat untuk memulai.
Beli, simpan, serta pelajari Bitcoin dan Ethereum sekarang.

Desktop Icon Apple App Store Logo Google Play Store Logo