Blog Luno

To the moon: masa depan uang

Kembali ke Blog

Evolusi mata uang - Bitcoin dan cryptocurrency (Bagian tiga)

Claristy
lama baca 2 menit

Minggu ini kita akan melihat evolusi mata uang. Pada dua artikel sebelumnya, kami membahas bagaimana selama ini uang telah berubah, dari komoditas menuju mata uang fiat. Setelah melihat ke belakang, kini saatnya menatap ke depan. Di Luno, kami percaya bahwa cryptocurrency yang terdesentralisasi adalah langkah selanjutnya dari evolusi uang - inilah alasannya.

evol_3

Mata uang bukanlah suatu materi khusus atau semacamnya. Jika orang bisa, dan mau menggunakannya sebagai sarana pertukaran nilai, maka itu menjadi mata uang.

Bitcoin — langkah selanjutnya dalam evolusi mata uang?

Seperti yang kita lihat sebelumnya, apapun bisa dijadikan mata uang jika memenuhi kelima hal berikut:

  • Divisibilitas – dapat dibagi ke unit yang lebih kecil (misalnya, satu dolar dapat dipecah menjadi beberapa sen)
  • Keterbatasan/kelangkaan – harus dalam persediaan yang terbatas (misalnya, persediaan emas terbatas pada jumlah yang dapat kita tambang)
  • Durabilitas – bisa bertahan bahkan ketika melalui banyak orang (misalnya, uang kertas zaman sekarang yang tahan air)
  • Transferabilitas – mudah dipertukarkan (misalnya, Anda memberikan selembar uang kertas pada seseorang dan uang itu langsung menjadi milik mereka)
  • Sifat interchangeable – unit individualnya dapat dipertukarkan (misalnya, sebuah koin 1 dolar memiliki nilai pembayaran yang sama dengan koin 1 dolar lainnya)

Bitcoin dianggap oleh beberapa orang sebagai langkah logis berikutnya dari evolusi mata uang. Bitcoin memenuhi kelima ciri utama di atas dengan sempurna, dan juga lebih cocok dengan keadaan dunia modern yang saling terhubung. Bitcoin bersifat:

  • Dapat dibagi – satu Bitcoin dapat dibagi ke dalam unit-unit hingga bagian sekecil satu per seratus juta
  • Terbatas – total persediaan Bitcoin terbatas pada jumlah 21 juta yang memberikan nilainya sendiri
  • Tahan lama – karena Bitcoin tidak memiliki bentuk fisik, Bitcoin tidak akan pernah lapuk
  • Dapat dipindahtangankan – Bitcoin bersifat digital sehingga Anda bisa mengirimkannya kepada siapa saja, di mana saja kapan saja
  • Sepadan – Bitcoin mana saja memiliki nilai yang sama dengan Bitcoin lainnya

Faktor kepercayaan juga merupakan bagian besar dari perhitungan ini. Kepercayaan bukanlah sesuatu yang dapat Anda buat atau paksakan, atau ciptakan dalam waktu singkat. Butuh waktu lama untuk membangun kepercayaan, karena itulah kami memandang jangka panjang dan meyakini bahwa perubahan ini bersifat perlahan. Namun, teknologi ini telah berkembang untuk menawarkan kepada kita uang yang yang lebih cepat, lebih murah dan lebih aman dengan akses yang sama. Di seluruh dunia, orang telah bergerak menuju sistem pembayaran digital karena penggunaan uang fisik tidak terlalu diperlukan lagi (kami akan membahas hal ini dalam bagian berikutnya dari seri ini).

Bagi seseorang yang terbiasa membayar menggunakan garam, gagasan menggunakan koin emas merupakan ide yang gila. Bagi seseorang yang terbiasa menggunakan standar emas, mata uang fiat adalah hal yang sangat mengejutkan.

Perubahan pada cara kerja mata uang selalu menjadi hal yang menantang.

Bitcoin tetap menjadi kontroversi karena masih baru dan berbeda dengan apa yang biasa kita gunakan. Namun, jika Anda melihat bagaimana mata uang telah berevolusi selama ini, Anda akan melihat bahwa orang selalu bergerak menuju sistem yang paling logis di masanya. Kini, cryptocurrency merupakan jawaban yang logis. Di Luno, kami percaya bahwa inilah saatnya membawa dunia ke sistem keuangan yang lebih baik.

Avatar Claristy
Penulis

Claristy

A graduate from the University of Indonesia, Claristy is young, enthusiastic, passionate and been awarded as one of the most outstanding students by several companies and institutions in Indonesia. She is a combination of a perfectionist and a high achiever.

Tidak ada kata terlambat untuk memulai.
Beli, simpan, serta pelajari Bitcoin dan Ethereum sekarang.

Desktop Icon Apple App Store Logo Google Play Store Logo