Cryptocurrency baru besutan Facebook adalah pembawa perubahan

Tim Luno
Kembali ke blog


lama baca 3 menit

Pengumuman resmi tentang Libra, cryptocurrency global yang dicetuskan oleh Facebook, merupakan berita yang sangat penting bagi seluruh industri layanan keuangan. Kita telah melihat bagian dari hype teknologi ini dalam beberapa tahun terakhir, namun kemunculan Libra bukan semata-mata salah satu dari hype ini. Kami memandang bahwa Libra merupakan game changer, tidak hanya untuk industri cryptocurrency, tapi juga untuk sistem keuangan yang lebih luas.

Baru-baru ini kami menulis artikel tentang kebutuhan akan sistem keuangan yang lebih baik di negara berkembang, serta bagaimana cryptocurrency terdesentralisasi (dan khususnya koin yang dipatok berdasarkan mata uang fiat atau aset nyata) memiliki peran penting dalam mempengaruhi hal ini. Tulisan tersebut meliputi banyak contoh nyata kegunaan cryptocurrency yang berbeda-beda, termasuk dalam hal pengiriman uang, industri e-commerce, interoperabilitas dan bagaimana koin-koin ini dapat menghubungkan masyarakat luas yang tidak memiliki rekening bank ke sistem keuangan untuk pertama kalinya. Kami melihat jenis-jenis instrumen kripto baru ini membawa sejumlah manfaat bagi konsumen di negara-negara berkembang dan dalam prosesnya berdampak positif terhadap milyaran jiwa.

Berbagai jenis baru instrumen kripto baru ini menyelesaikan sejumlah tantangan cryptocurrency yang lebih tradisional, meskipun dengan tingkat keberhasilan yang berbeda-beda. Instrumen-instrumen kripto ini menghilangkan volatilitas, menambah skalabilitas jangka pendek yang lebih baik, dan juga meningkatkan kepercayaan karena lebih mudah dipahami. Distribusi dan penggunaan kripto ini untuk masyarakat luas secara cepat dan ekonomis, masih menjadi masalah utama.

Libra memberikan kita trifecta. Tidak hanya Libra memiliki tingkat kepercayaan (Libra didasarkan pada mata uang yang sudah dipercaya dan dipahami orang, dan penerbitnya merupakan para perusahaan global berskala besar) yang lebih baik, volatilitas (mekanisme penerbitan dilakukan lebih seimbang dan cerdas dan pada akhirnya lebih stabil) yang lebih terukur, Libra menjawab masalah distribusi dijawab melalui dua cara besar berikut ini.

Pertama, jika Facebook menambahkan Libra ke semua produk Facebook, miliaran orang akan lebih dekat dengan dunia kripto. Dan, kedua, berbagai mitra yang terlibat dalam Libra akan menjawab masalah distribusi. Sementara itu, banyak inisiatif kripto fokus pada pembuatan produk terlebih dahulu dan berharap pasar akan terbentuk dengan sendirinya, Libra pada dasarnya melakukan pendekatan yang terbalik terhadap hal tersebut dan mencoba untuk memecahkan masalah distribusi yang sulit sebelum produk diluncurkan, di sinilah letak keunikan strategi mitra global milik mereka. Kombinasi inilah yang, dalam pandangan kami, akan secara signifikan mempercepat adopsi yang lebih luas dan dapat menjadikan Libra salah satu inovasi terbesar dalam sejarah keuangan modern.

Namun, hal ini bukan berarti tidak ada tantangan. Sikap pragmatis sangatlah penting ketika kita dihadapkan dengan teknologi baru yang belum teruji. Dibandingkan dengan Bitcoin dan lainnya yang telah ada sejak lama, keamanan blockchain Libra belum teruji dalam skala besar. Hal ini merupakan risiko eksistensial dari sistem tersebut.

Kemudian akan selalu ada pula tantangan dari segi regulasi, misalnya dalam hal kendali modal yang merupakan realita kehidupan bagi banyak negara berkembang. Untuk memampukan banyak kegunaan, mereka masih memerlukan pemain lokal yang berlisensi untuk mendukung mereka, dan pastinya akses ke cadangan likuiditas kripto-ke-fiat lokal, dalam skala dan level reliabilitas yang tidak dimiliki oleh kebanyakan dari teknologi saat ini.

Mereka juga harus bersaing dengan pandangan yang berbeda-beda tentang seberapa penting dan positif teknologi ini di berbagai negara berkembang: Beberapa mungkin menyambutnya sebagai peluang besar, yang lain mungkin melihatnya sebagai ancaman bagi perekonomian mereka. Edukasi lokal masih sangat dibutuhkan pada tingkat konsumen dan pemangku kepentingan yang lebih luas, termasuk media, bank dan pemerintah. Dalam pandangan kami, tantangan-tantangan ini dapat diatasi, terutama di mana asosiasi bekerja dengan mitra lokal yang kuat untuk mendorong edukasi, penerimaan dan adopsi.

Kami percaya bahwa dalam jangka panjang, Libra akan secara signifikan meningkatkan tingkat adopsi dan penetrasi cryptocurrency secara global, baik untuk Libra maupun aset kripto lainnya seperti Bitcoin. Dengan penuh semangat, kami mendukung proyek ini selama beberapa bulan dan tahun ke depan, bekerja sama dengan semua pemangku kepentingan di negara-negara tempat kami beroperasi dan kami berharap teknologi ini akan berkontribusi terhadap tujuan akhir kami untuk membawa dunia ke sistem keuangan yang lebih baik.

To the moon,

Marcus

Avatar Tim Luno
Penulis

Tim Luno

Kami menulis semua hal tentang cryptocurrency untuk mengedukasi dan membuka lebih banyak mata serta pandangan tentang cryptocurrency. Blog kami menyampaikan pandangan Luno dan berbagai opini dan karakter unik di tim kami. Kami tidak akan pernah memberi Anda nasihat atau tips tentang keuangan, dan kami mendorong Anda untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya terlebih dahulu sebelum membeli atau terlibat dalam bursa cryptocurrency apapun. Dunia cryptocurrency adalah dunia yang menantang dan harga di pasar bisa berubah dalam hitungan detik, jadi lakukanlah investasi cryptocurrency Anda dengan bijak. Sampaikan kepada kami pendapat Anda tentang blog kami melalui Twitter kami @lunomoney

Jangan sampai ketinggalan!

Beli, simpan, dan belajar Bitcoin dan Ethereum sekarang

Desktop Icon Apple App Store Logo Google Play Store Logo