Kembali ke Artikel

Fork Bitcoin Cash (update)

Jodi Edmunds
lama baca 4 menit

Bitcoin Cash (BCC) dijadwalkan akan fork dari Bitcoin pada tanggal 1 Agustus 2017. Sejauh ini, tampaknya fork hanya didukung oleh sebagian kecil dari para platform, pengguna dan penambang Bitcoin. Tidak dapat dipastikan apakah fork ini akan bertahan atau bernilai tinggi nantinya.

forked-road-narrow

Bitcoin Cash adalah fork dari Bitcoin dan saat ini kami tidak berencana untuk mendukung pembelian, penjualan atau deposit Bitcoin Cash di platform Luno. Namun, jika Bitcoin Cash bertahan dan memiliki nilai yang berharga, kami akan menyediakan mekanisme bagi pelanggan kami untuk menarik Bitcoin Cash mereka (lihat FAQ, di bagian bawah laman ini). Dibutuhkan waktu untuk menerapkan fungsi ini dan hanya akan tersedia beberapa hari setelah fork terjadi.

Yang perlu Anda lakukan

Jika Anda berniat untuk menukar Bitcoin Cash ke mata uang digital atau mata uang lokal setelah fork, kami menganjurkan agar Anda menarik BTC Anda ke platform yang kompatibel dengan Bitcoin Cash, dan Anda harus melakukan hal ini sebelum fork terjadi. Kami tidak dapat merekomendasi platform pihak ketiga apapun yang dapat Anda gunakan.

Jika Anda tidak berniat untuk menukar atau memiliki Bitcoin Cash, Anda dapat menyimpan Bitcoin Anda di Luno dan dapat memilih apa yang harus dilakukan dengan dana BCC Anda di kemudian hari ketika nilai atau kegunaan BCC berharga menurut Luno. Luno akan memutuskan jika kami akan membuat mekanisme dimana Anda dapat menukarkan BCC tersebut.

Yang harus Anda ekspektasi

Saat ini, ketika fork terjadi, kami tidak akan memberhentikan penarikan, deposit, atau perdagangan Bitcoin di platform Luno. Namun, tergantung pada perkembangan yang terjadi, kami mungkin mengambil tindakan pencegahan sementara untuk melindungi dana pelanggan kami. Anda juga dapat mempersiapkan beberapa kemungkinan berikut ini dalam beberapa hari mendatang:

  • Naiknya tingkat volatilitas pasar
  • Penarikan BTC yang tertunda
  • Masalah teknis dengan Blockchain dan/atau Bitcoin Cash yang mengalami fork
  • Layanan Exchange dan Wallet lain juga memberhentikan layanan sementara atau menunda (delay)
  • Ketidakpastian dan kebingunan di media dan forum Bitcoin

Tim kami siap menghadapi kejadian teknis ini. Prioritas kami adalah menjaga dana pelanggan kami apapun skenario yang muncul, sekarang dan di masa depan.

Pertanyaan yang sering ditanyakan (FAQ)

Apa itu Bitcoin Cash?

BCC adalah mata uang alternatif (atau altcoin) yang didukung oleh sekelompok pengembang, yang akan ada berasal dari fork dari software Bitcoin yang ada saat ini. Anda dapat membaca lebih lanjut tentang proyek BCC di sini: https://www.bitcoincash.org/

 

Apakah aman untuk memiliki Bitcoin (BTC) di Luno selama fork?

Iya, dana Anda aman di Luno. Selama fork mendatang ini, tidak ada yang akan mempengaruhi saldo Bitcoin Anda: Anda tidak perlu menjualnya - kecuali jika Anda mau karena potensi terjadinya volatilitas - dan Anda tidak perlu menariknya - kecuali jika Anda ingin secara aktif menukar mata uang yang baru, Bitcoin Cash.

 

Jika ada perpecahan, apakah saya akan memiliki jumlah Bitcoin dan Bitcoin Cash yang sama?

Setelah fork, Anda akan memiliki jumlah Bitcoin (BTC) dan Bitcoin Cash (BCC) yang sama. Jika Anda memiliki 1 BTC sebelum fork, maka Anda akan memiliki 1 BTC dan 1 BCC setelah fork terjadi.

Anda tetap dapat menggunakan Bitcoin Anda seperti biasa. Anda tetap dapat menggunakannya untuk menyimpan uang Anda, menjualnya ke mata uang lokal - atau mata uang digital lainnya - berdasarkan nilai tukar yang relevan, mengirimkannya ke dompet Bitcoin lainnya, dan menggunakannya sebagai alat pembayaran di seluruh dunia. Apa pun yang Anda lakukan pada Bitcoin (BTC) setelah fork (seperti menjual, trading, atau mengirimkannya), tidak akan mempengaruhi Bitcoin Cash (BCC) Anda, karena BTC dan BCC adalah dua jenis mata uang digital yang independen dan terpisah.

Bitcoin Cash mungkin akan memiliki nilai tertentu, dan jika demikian, Anda dapat menariknya ke platform yang kompatibel dan menerima Bitcoin Cash. Bitcoin Cash tidak akan kompatibel dengan dompet, platform, atau perangkat lunak “biasa” yang tersedia saat ini.

Bitcoin Cash mungkin juga tidak memiliki nilai atau utilitas sama sekali dan akhirnya gagal. Hanya waktu yang akan membuktikannya.

 

Apa yang Luno anggap sebagai "non-trivial value"?

Kami akan menganggap Bitcoin Cash memiliki "non-trivial value" atau nilai yang tinggi jika konsisten diperdagangkan:

  • di atas level 0,01 per BTC,
  • dengan volume lebih dari 100 BTC per hari,
  • untuk jangka waktu setidaknya tujuh hari,
  • di bursa yang memiliki reputasi baik

Jika Bitcoin Cash tidak mencapai non-trivial value (nilai yang tinggi), kami tidak akan menyediakan fungsi penarikan.

 

Apa alasan terjadinya fork?

Untuk konteksnya, sebelumnya kami menulis tentang Bitcoin Unlimited near-fork (pada bulan Maret 2017): Mengenai Bitcoin hard fork. Kami menulis artikel lain yang memberikan lebih banyak informasi mengenai latar belakang tentang debat scaling, SegWit, BIP 91, BIP 148 dan Bitcoin Cash: Debat scaling, Bitcoin fork, serta kemungkinan gangguan jaringan Bitcoin

 

Apakah Luno mengubah posisi terhadap Bitcoin Cash?

Kami mendefinisikan "mendukung" mata uang digital adalah dengan memberikan para pengguna akses untuk mengirim, menerima, menyimpan, dan melakukan jual beli dengan mata uang lokal di beberapa negara dimana kami beroperasi. Dengan demikian, kami tetap tidak berniat untuk mendukung Bitcoin Cash.

Dapat dikatakan, karena kebingungan umum di pasar tentang apa yang orang-orang harus lakukan dengan Bitcoin mereka, permintaan dari masyarakat, dan kemungkinan bahwa Bitcoin Cash akan memiliki nilai yang tinggi di masa depan - kami memutuskan untuk membuat rencana cadangan untuk pengguna kami melakukan penarikan Bitcoin Cash.

 

Jika Luno tetap menganggap bahwa nilai Bitcoin Cash tidak berharga, apa yang terjadi dengan koin BCC dari pelanggan Luno?

Tidak ada yang akan terjadi. Kami tidak berencana untuk menjual, mengakses atau menggunakan Bitcoin Cash yang berasal dari Bitcoin pelanggan kami.

bitcoin-cash-luno

Avatar Jodi Edmunds
Penulis

Jodi Edmunds

Tidak ada kata terlambat untuk mulai menggunakan Bitcoin. Pelajari, beli, dan gunakan Bitcoin dengan Luno sekarang.

Desktop Icon Apple App Store Logo Google Play Store Logo