Hampir bersamaan, Bitcoin & Ethereum kembali pecahkan rekor ATH #BeritaKripto

Tim Luno
Kembali ke blog


lama baca 2 menit

Kabar baik bagi para investor kripto, minggu ini penuh dengan pencapaian rekor ATH baru oleh Bitcoin (BTC) dan Ethereum (ETH).

 

Aset kripto terbesar kedua, Ethereum, pada Selasa lalu kembali mencetak rekor baru dan menanjak ke atas level US$4.800 (Rp69 juta). Sementara pada Rabu malam, Bitcoin melampaui angka US$68.000 (Rp979 juta), mengalahkan ATH sebelumnya di harga US$67.700 (Rp947,8 juta) pada akhir Oktober lalu.

Kenaikan harga ini terjadi menjelang upgrade terbesar jaringan Bitcoin yang rencananya akan diluncurkan pekan depan. Upgrade yang dikenal dengan nama Taproot ini bertujuan untuk meningkatkan privasi dalam bertransaksi, serta membuka potensi smart contract pada jaringan Bitcoin, seperti yang telah ada terlebih dahulu di jaringan Ethereum.

Market Cap Bitcoin libas Facebook dan Tesla

Tak lama setelah menembus harga tertingginya yang baru, Bitcoin kembali menorehkan pencapaian rekor di sisi market cap. Dengan rekor baru ini berhasil menjadikan Bitcoin sebagai aset terbesar no. 8 di dunia dari sisi market cap, mengalahkan Tesla dan Facebook.

Adapun kapitalisasi pasar bitcoin saat ini mencapai US$ 1,264 triliun (Rp 18 kuardriliun), sedangkan kapitalisasi pasar Tesla saat ini US$ 1,028 triliun (Rp 14 kuardriliun) dan Meta (Facebook) mencapai US$ 932,92 miliar (Rp 13 kuardriliun).

Selain Bitcoin, Ethereum juga mencapai rekor ATH kemarin (Selasa, 9 November 2021) di harga US$ 4.824,41 (Rp 68.747.843).

Wali kota New York dukung edukasi kripto di kalangan anak muda

Wali kota terpilih New York Eric Adams mengatakan; “Ketika saya bicara tentang blockchain dan Bitcoin, anak muda di jalanan berhenti dan bertanya kepada saya, ‘Apa itu?’”

Eric Adams, yang merupakan mantan kapten di NYPD mengatakan ia ingin kaum muda tahu bahwa Bitcoin berarti “cara baru untuk membayar barang dan jasa di seluruh dunia.”

"Dan itulah yang harus kita lakukan - sekolah kita harus terbuka untuk mengajarkan teknologi dan cara berpikir yang baru ini," kata Adams.

Saat ditanya apakah aset kripto bisa diadopsi ke sistem pendidikan sebagai metode pembayaran uang sekolah, Adams mengatakan mereka sedang mempertimbangkannya, tetapi harus tetap melangkah dengan hati-hati karena mereka “ingin melakukannya dengan benar.”

Analisis harga

Setelah terkonsolidasi di antara US$58.000 (Rp812 juta) hingga US$64.000 (Rp923 juta) selama 17 hari, Bitcoin melonjak naik pada Senin sore, dan sekarang tengah dipertukarkan di atas level ATH 20 Oktober. 

ATH sebelumnya adalah US$67.000 (Rp940 juta), kini menjadi level support terdekat. Level ini telah diuji sekali hari ini dan masih mempertahankan support-nya. Jika momentum ini dipertahankan, maka harga akan bergerak ke angka pembulatan selanjutnya. US$70.000 (Rp980 juta) bisa menjadi level resistance berikutnya, diikuti dengan $75.000 (Rp1.05 miliar). 

Jika gagal breakout, maka Bitcoin akan kembali ke rentang konsolidasi sebelumnya. Jika ini terjadi, maka rentang di kisaran US$58.000 (Rp812 juta) akan menjadi resistance kuat.

Isi artikel ini hanya bertujuan sebagai informasi dan bukan saran investasi atau bentuk rekomendasi ataupun ajakan. Luno selalu menyarankan Anda untuk mendapatkan nasihat keuangan oleh Anda dan untuk Anda sendiri sebelum berinvestasi atau trading cryptocurrency.

Avatar Tim Luno
Penulis

Tim Luno

Kami menulis semua hal tentang cryptocurrency untuk mengedukasi dan membuka lebih banyak mata serta pandangan tentang cryptocurrency. Blog kami menyampaikan pandangan Luno dan berbagai opini dan karakter unik di tim kami. Kami tidak akan pernah memberi Anda nasihat atau tips tentang keuangan, dan kami mendorong Anda untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya terlebih dahulu sebelum membeli atau terlibat dalam bursa cryptocurrency apapun. Dunia cryptocurrency adalah dunia yang menantang dan harga di pasar bisa berubah dalam hitungan detik, jadi lakukanlah investasi cryptocurrency Anda dengan bijak. Sampaikan kepada kami pendapat Anda tentang blog kami melalui Twitter kami @lunomoney

Jangan sampai ketinggalan!

Beli, simpan dan belajar tentang aset kripto sekarang

Desktop Icon Apple App Store Logo Google Play Store Logo