Berita kripto: Bitcoin melesat - saham jalan di tempat

Tim Luno
Kembali ke blog


lama baca 3 menit

Di berita kripto minggu ini, ada beberapa informasi menarik yang tidak boleh Anda lewatkan. Diantaranya harga Bitcoin naik sebagai koreksi dan imbasnya terhadap volume trading Bitcoin dan pergerakan aset kripto lainnya. Simak ulasannya di bawah ini.

Harga Bitcoin naik - Bitcoin pimpin tren bullish di pasar kripto

Bak roller coaster, sejauh ini bulan Maret menunjukkan naik-turun pasar aset kripto dengan begitu cepat. Setelah anjlok, pasar aset kripto mulai naik dengan stabil sebagai koreksi  akibat anjloknya harga yang terjadi dua minggu lalu.

Dilihat dari hari harga terendah di bulan Maret, harga Bitcoin anjlok hingga 43% (USD$4857 atau Rp 72 juta). Namun dengan kenaikan yang terjadi minggu lalu, nilai penurunan Bitcoin dari harga tertinggi di 2020 berkurang menjadi 31,7%. Hal ini menandai bahwa raja aset kripto ini mulai mengalami pemulihan dengan cukup cepat. Kapitalisasi market (market cap) naik sebesar 1,03% dalam satu minggu menjadi 64.35%.

Koin dengan market cap kecil alami kenaikan yang lebih tinggi dari koin dengan market cap sedang dan besar. Sedangkan market cap Bitcoin memiliki kenaikan tertinggi di antara semuanya. Sejauh ini koin dengan market cap sedang masih turun 41,6% di bulan Maret. Sementara ETH dan XRP masih terlihat mengekor Bitcoin.

Bitcoin pulih saat saham masih jalan ditempat

Baik COVID19 maupun supply shock minyak mentah yang disebabkan oleh perang minyak antara Arab Saudi dan Rusia, keduanya telah menyebabkan ketidakpastian di pasar keuangan global. Semua indeks pasar besar menukik di minggu ketiga Maret 2020.

Saat harga pasar dipengaruhi oleh parahnya situasi COVID19, Bitcoin pun jatuh. Hal ini sebagian dipengaruhi oleh banyaknya investor yang memilih untuk menghindari resiko dengan cara menarik dana mereka dari berbagai bursa dan memilih untuk memegang uang tunai (risk-off) karena ketidakpastian global. Setelah harga Bitcoin anjlok, pergerakan harga Bitcoin seolah mengikuti laju harga saham, mengarah ke level tertinggi dalam Korelasi 90 hari antara Bitcoin dan indeks pasar saham S&P 500. 

Lonjakan harga Bitcoin minggu lalu menunjukkan bahwa tingkat korelasi ini berbalik arah. Harga Bitcoin naik sejak akhir pekan lalu (hingga berita ini ditulis harga Bitcoin Rp 110 juta/BTC), sedangkan pasar saham tetap stagnan.

Harga Bitcoin pulih, volume trading makin melesat tinggi

Dari sisi volume, rata-rata nilai trading dalam satu pekan telah meningkat lebih dari dua kali lipat dari minggu sebelumnya. Terjadi jual-beli Bitcoin yang cukup besar akibat volatilitas ekstrim khususnya saat harga Bitcoin naik secara tiba-tiba sejak akhir pekan lalu. Rata-rata volume trading harian dalam sepekan semakin mendekati level tertinggi pernah kita lihat di tahun lalu (sekitar bulan Juni 2019).

Berhenti tembus level support sebelumnya, harga Bitcoin memantul

Dua pekan terakhir telah menjadi masa yang menegangkan dan penuh dengan ketidakpastian. Kini Bitcoin perlahan kembali bergerak menuju ke level tinggi sebelumnya setelah turun dengan brutal di pertengahan Maret. Satu hal yang menarik untuk kita lihat adalah korelasi Bitcoin dan saham. Apakah kedepannya Bitcoin benar-benar dapat menunjukkan korelasi negatif dengan pasar saham di saat sulit seperti ini?

Kisaran level US$6.600 - US$6.800 (Rp 98 juta - Rp 102 juta) menjadi level support harga Bitcoin beberapa kali dalam setahun terakhir. Apakah level ini dapat menjadi resistance dalam waktu dekat, atau harga justru akan naik terus menembus level tersebut hingga kita dapat melihat level support yang lebih tinggi lagi?

Avatar Tim Luno
Penulis

Tim Luno

Kami menulis semua hal tentang cryptocurrency untuk mengedukasi dan membuka lebih banyak mata serta pandangan tentang cryptocurrency. Blog kami menyampaikan pandangan Luno dan berbagai opini dan karakter unik di tim kami. Kami tidak akan pernah memberi Anda nasihat atau tips tentang keuangan, dan kami mendorong Anda untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya terlebih dahulu sebelum membeli atau terlibat dalam bursa cryptocurrency apapun. Dunia cryptocurrency adalah dunia yang menantang dan harga di pasar bisa berubah dalam hitungan detik, jadi lakukanlah investasi cryptocurrency Anda dengan bijak. Sampaikan kepada kami pendapat Anda tentang blog kami melalui Twitter kami @lunomoney

Jangan sampai ketinggalan!

Beli, simpan, dan belajar Bitcoin, Ethereum, dan XRP sekarang

Desktop Icon Apple App Store Logo Google Play Store Logo