Berita kripto: Harga Bitcoin naik, pasar kripto pun pulih

Tim Luno
Kembali ke blog


lama baca 3 menit

Berita kripto kali ini kembali kami hadirkan untuk Anda! Banyak kejadian menarik seputar dunia kripto. Selain harga Bitcoin naik di awal April ini, pasar aset kripto pun mulai pulih sejak akhir minggu lalu. Semuanya sayang untuk Anda lewatkan. Apa saja berita lainnya? Simak info lengkapnya di bawah ini!

Setelah harga Bitcoin naik di awal April, apakah pasar kini sudah pulih?

 

Volatilitas tinggi di pasar kripto menyebabkan rasa was-was bagi banyak trader dan investor dalam satu pekan khususnya di akhir bulan Maret lalu. Namun, kita dapat melihat telah terjadi kenaikan harga yang signifikan di pasar kripto dalam beberapa hari pertama di bulan April. Volatilitas harga beberapa aset kripto kembali normal, hal ini juga terlihat dari naiknya persentase ROI lebih 10% dalam seminggu terakhir karena pasar tampaknya kembali stabil. Tetapi, mungkin masih terlalu dini bagi kita untuk merayakan - meskipun terjadi kenaikan yang signifikan selama beberapa hari terakhir.

 

Di sisi lain, tren pergerakan harga Bitcoin masih menunjukkan korelasi dengan aset di pasar keuangan lainnya. Selain Bitcoin, lonjakan harga juga terlihat pada harga saham dan minyak minggu lalu. Yang harus kita waspadai adalah dampak dari peningkatan jumlah pengangguran yang tinggi dan jumlah orang yang terpapar COVID-19 di Amerika Serikat. Kedua hal tersebut kemungkinan akan mempengaruhi performa pasar global dalam jangka waktu beberapa bulan kedepan. Dan tidak menutup kemungkinan pasar kripto juga akan terkena imbasnya.

 

Namun, fenomena tersebut justru akan memberikan kesempatan bagi Bitcoin dan aset kripto lainnya untuk membuktikan bahwa aset kripto memiliki nilai korelasi negatif dengan aset lain di luar pasar kripto, dan menguatkan argumen Bitcoin sebagai aset safe-haven terbaik kedua setelah emas saat ini.

Maret 2020 - salah satu periode terbrutal dalam sejarah kripto?

Maret mungkin jadi salah satu bulan dengan tingkat volatilitas tertinggi dalam sejarah kripto. Setelah harga anjlok di pertengahan Maret, sebagian besar aset kripto perlahan pulih dalam beberapa minggu terakhir.

 

Aset kripto dengan market cap kecil (Small Caps) keluar sebagai aset kripto dengan performa terbaik di bulan Maret. Persentase penurunan terkecil diantara market cap lainnya, yaitu hanya 23%. Sementara itu, Bitcoin berada di urutan kedua dengan penurunan hampir 25%. Mid Caps muncul sebagai market cap dengan penurunan terbesar di bulan Maret, turun lebih dari 36%. Secara keseluruhan, pasar kripto di akhir Maret setelah sebagian besar aset kripto anjlok 40% -50% dua minggu yang lalu.

Pasar kripto pulih, Bitcoin tunjukkan sinyal bullish baru

Minggu ini, kami kembali melihat bagaimana pergerakan harga dalam beberapa minggu kebelakang. Kami telah melihat indikasi adanya pemulihan setelah harga Bitcoin merosot tajam tiga minggu lalu.

 

Setelah pulih pasca penurunan yang tajam, hingga 6 April harga Bitcoin terkurung di kisaran US$5.800 dan US$6.800 (Rp 93 juta dan Rp 108 juta). Ada dua kemungkinan yang dapat terjadi kedepannya. Pertama, jika kita melihat tren harga beberapa minggu terakhir, penurunan harga bisa mungkin saja terjadi. Jika hal ini berlanjut, baik US$6.200 (Rp 99 juta) maupun US$5.800 (Rp 93 juta) bisa menjadi level support. Yang kedua, harga Bitcoin terlihat memantul setelah menyentuh level resistance di US$6.800 beberapa kali. Jika harga bitcoin naik atau bertahan di atas level US$7.000 (Rp 112 juta), maka sinyal bullish pun semakin kuat dengan level support dan resistance masing-masing di harga US$7.000 dan US$7.400 (Rp 118 juta). Hingga berita ini kami tulis, harga Bitcoin naik dan berada di kisaran US$7.300 atau Rp 116 juta.

Volume trading Bitcoin kembali turun ke volume rata-rata di 2020

Minggu lalu rata-rata volume trading mingguan Bitcoin terus turun. Seperti yang kami sampaikan di berita kripto sebelumnya, harga Bitcoin naik yang diikuti penurunan volume trading biasanya merupakan sinyal bearish.

 

Beberapa faktor bisa menjadi pemicu penurunan ini, salah satunya keraguan investor di tengah pasar global yang belum pulih dari dampak COVID-19. Meski turun ke level rata-rata volume di 2020 - yaitu sekitar US$ 1 miliar (Rp 16 triliun), angka ini masih jauh lebih tinggi dibandingkan rata-rata volume di penghujung tahun 2019.

Avatar Tim Luno
Penulis

Tim Luno

Kami menulis semua hal tentang cryptocurrency untuk mengedukasi dan membuka lebih banyak mata serta pandangan tentang cryptocurrency. Blog kami menyampaikan pandangan Luno dan berbagai opini dan karakter unik di tim kami. Kami tidak akan pernah memberi Anda nasihat atau tips tentang keuangan, dan kami mendorong Anda untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya terlebih dahulu sebelum membeli atau terlibat dalam bursa cryptocurrency apapun. Dunia cryptocurrency adalah dunia yang menantang dan harga di pasar bisa berubah dalam hitungan detik, jadi lakukanlah investasi cryptocurrency Anda dengan bijak. Sampaikan kepada kami pendapat Anda tentang blog kami melalui Twitter kami @lunomoney

Jangan sampai ketinggalan!

Beli, simpan, dan belajar Bitcoin, Ethereum, XRP, dan Litecoin sekarang

Desktop Icon Apple App Store Logo Google Play Store Logo