Harga Tertinggi Bitcoin Nyaris Rp 1 M, ETH segera menyusul? #BeritaKripto

Tim Luno
Kembali ke blog


lama baca 2 menit

Berita kripto pekan ini didominasi oleh torehan sejarah yang terjadi di dunia kripto. Pekan ini, rekor harga tertinggi Bitcoin yang baru atau dikenal ATH (all-time high) berhasil dipecahkan. Selengkapnya di bawah ini!

Harga tertinggi Bitcoin cetak rekor baru

Harga Bitcoin kembali meroket perlahan namun cukup tajam pekan ini hingga pecahkan rekor all-time high (ATH/harga tertinggi Bitcoin). Rabu (20/10/2021) malam sekitar pukul 22:00 WIB, Bitcoin tercatat menembus US$66.000 (Rp 932 juta). Angka tersebut lebih tinggi dari ATH sebelumnya di bulan April tahun ini. Kala itu Bitcoin diperdagangkan di level US$63.000 (Rp 920 juta). Sehari sebelumnya, harga Bitcoin berada di kisaran US$61.000 (Rp 860 juta).

Kenaikan harga Bitcoin ini disinyalir disebabkan oleh dana bursa berjangka (ETF atau Exchange Traded Fund) berbasis Bitcoin pertama di dunia yang baru saja diluncurkan di bursa saham New York Stock Exchange (NYSE) Selasa lalu.

Susul Bitcoin, Ethereum akan segera cetak ATH baru?

Token asli Ethereum, Ether (ETH) terlihat mulai bergerak merangkak naik sejak awal pekal ini. Harga ETH menguat pada 20 Oktober lebih dari 5%. Banyak pihak di komunitas kripto di jejaring sosial Twitter pun  berpendapat bahwa ETH mungkin saja segera cetak rekor ATH baru. Bukan mustahil, karena ETH terpantau telah menembus di atas US$4.000 (Rp 55 juta), level resistence yang penting.

Kenaikan ETH hingga menembus level US$4.000 muncul tak lama berselang setelah Bitcoin (BTC) menembus level US$65.000. Dilansir dari data Crypto Watch, korelasi 30 hari antara Bitcoin dan Ether meningkat menjadi 0,81. Hal ini menunjukkan korelasi positif linier 81% antara kedua aset. Korelasi 30 hari ini sendiri sering dijadikan salah satu tolak ukur untuk melihat apakah pergerakan suatu aset kripto dapat mempengaruhi aset kripto lainnya.

Dukung Bitcoin, Mariah Carey pro kripto untuk edukasi

Dari dunia hiburan, teknologi kripto pun masih menjadi daya tarik kuat bagi sejumlah pesohor dunia. Setelah Jay-Z, Mick Jagger, Kanye West yang pernah dikabarkan terlibat dalam beberapa project terkait teknologi aset kripto seperti Bitcoin, kini giliran legenda musik dunia Mariah Carey yang menambah daftar panjang selebritas dunia yang mendukung Bitcoin atau aset kripto.

Siapa sangka, seorang Diva seperti Mariah Carey juga turut ambil bagian untuk mengedukasi investasi kripto. Aksi tersebut dilakukannya bersama platform kripto Gemini, dan sebagian biaya transaksi jual-beli Bitcoin yang masuk dari kampanye tersebut akan didonasikan untuk organisasi not-for-profit bernama Black Girls Code. Black Girls Code sendiri merupakan organisasi nirlaba yang berfokus pada penyediaan edukasi pemograman komputer dan teknologi untuk anak perempuan Afrika-Amerika.

Isi artikel ini hanya bertujuan sebagai informasi dan bukan saran investasi atau bentuk rekomendasi ataupun ajakan. Luno selalu menyarankan Anda untuk mendapatkan nasihat keuangan oleh Anda dan untuk Anda sendiri sebelum berinvestasi atau trading cryptocurrency.

Avatar Tim Luno
Penulis

Tim Luno

Kami menulis semua hal tentang cryptocurrency untuk mengedukasi dan membuka lebih banyak mata serta pandangan tentang cryptocurrency. Blog kami menyampaikan pandangan Luno dan berbagai opini dan karakter unik di tim kami. Kami tidak akan pernah memberi Anda nasihat atau tips tentang keuangan, dan kami mendorong Anda untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya terlebih dahulu sebelum membeli atau terlibat dalam bursa cryptocurrency apapun. Dunia cryptocurrency adalah dunia yang menantang dan harga di pasar bisa berubah dalam hitungan detik, jadi lakukanlah investasi cryptocurrency Anda dengan bijak. Sampaikan kepada kami pendapat Anda tentang blog kami melalui Twitter kami @lunomoney

Jangan sampai ketinggalan!

Beli, simpan dan belajar tentang aset kripto sekarang

Desktop Icon Apple App Store Logo Google Play Store Logo