Kembali ke Artikel

Hidup dalam dunia multi-digital-currency

Marcus Swanepoel
lama baca 4 menit

Sejak beberapa bulan lalu, kami menerima banyak pertanyaan mengenai sikap kami terhadap berbagai mata uang digital, termasuk initial coin offerings (ICOs), dan alasan mengapa kami hanya menyediakan Bitcoin di platform kami.

connected-multi-currencies

Sejak awal kami berdiri, kami memandang diri kami sebagai digital currency agnostic. Ketika kami mulai membangun sistem Bitcoin pertama di dunia yang terintegrasi penuh dengan bank besar pada tahun 2013 lalu, kami bereksperimen dengan berbagai blockchain dan mata uang digital, termasuk Bitcoin, Ethereum, Ripple, dan sebagainya.

Tim dan investor kami juga mengetahui betul bahwa kami sangat terbuka terhadap evolusi industri ini serta kemungkinan munculnya salah satu teknologi atau mata uang yang dominan. Namun, dasar keyakinan kami adalah mata uang digital desentralisasi akan menjadi dasar keuangan masa depan, dan hal ini selaras dengan misi kami untuk membawa mata uang digital untuk siapa saja, di mana saja.

Kami percaya bahwa kita semua pada akhirnya akan tinggal di dunia multi-digital-currency, karena beberapa asumsi.

Mata uang yang benar untuk penggunaan yang benar

Pertama, suatu mata uang digital didesain agar dapat memenuhi suatu kebutuhan spesifik secara lebih baik dari hal lainnya. Contohnya, Ethereum mungkin adalah cara yang baik untuk aplikasi desentralisasi tertentu, mata uang digital lainnya mungkin menawarkan kecepatan, biaya, atau keuntungan privasi yang berbeda, dan misalnya Bitcoin, mungkin lebih baik dalam hal pemindahan nilai dalam jumlah besar atau sebagai suatu metode penyimpanan nilai.

Kami percaya kemungkinan besar satu mata uang digital -kemungkinan besar adalah Bitcoin- akan terus memainkan peran dominan, karena karakteristik Bitcoin sebagai metode penyimpanan nilai dan efek jaringan yang telah kita saksikan sejauh ini.

Bitcoin mungkin tidak akan menggantikan seluruh sistem yang ada saat ini, namun Bitcoin menambahkan sebuah nilai baru - seperti kita yang masih menggunakan kotak pos dan telepon rumah walaupun kini kita memiliki Facebook, Skype, dan Gmail. Pengaruhnya kini telah terbukti signifikan.

Mata uang digital lain mungkin menawarkan peran yang berbeda dan lebih spesifik, dan orang-orang dapat menggunakan Bitcoin untuk penyimpanan atau menukarnya ke mata uang digital lain. Bitcoin mirip seperti suatu cadangan mata uang digital global, tidak seperti US dollar yang ada di sistem keuangan saat ini.

Berikut analogi yang sangat sederhana mengenai hal ini:

bitcoin-niches

Bentrokan koin-koin

Alasan kedua adalah kompetisi. Dalam bisnis, politik, dan berbagai hal di dunia, apa yang menguntungkan untuk konsumen akhir adalah jika terjadi kompetisi yang sehat, bukan monopoli. Kompetisi mengharuskan pemain dan pasar untuk menjadi lebih efisien, lebih terjangkau, dan pada akhirnya akan membawa manfaat yang lebih berharga kepada masyarakat.

Kami telah melihat bagaimana Bitcoin mendominasi dalam jangka waktu yang lama di dunia mata uang digital. Namun, kini kita mulai melihat berbagai perkembangan alternatif yang menawarkan kinerja yang lebih baik, dan para pemain Bitcoin mulai mencoba untuk memperbaiki beberapa hal yang ada. Kami merasa hal ini sangat penting dan sehat untuk para konsumen, bisnis, dan ekosistem mata uang digital secara keseluruhan.

Jalan ke depannya

Walaupun hal ini berarti kami bukan Bitcoin maximalists seutuhnya, ini juga tidak berarti kami akan menutup mata dan hanya mengikuti apa mata uang digital yang hadir di perjalanan kami. Dengan pengalaman panjang selama ini bekerja dengan mata uang-mata uang ini, jujur kami telah banyak dikecewakan oleh banyak dari mereka. Misalnya ketika ada perkembangan kecil yang sepele, penggunaan yang terbatas, masalah adopsi pasar, hingga hal yang serius seperti masalah keamanan dan penipuan yang serius.

Dan paling penting, kami memiliki banyak pelanggan yang mengandalkan kami untuk menyediakan mereka cara yang paling mudah dan terpercaya untuk mempelajari mata uang digital seperti Bitcoin, sehingga mengalokasi sumber daya untuk inisiatif marjinal tidak memberikan manfaat yang besar untuk pelanggan kami.

Jadi, walaupun kami terbuka untuk menambahkan mata uang baru di platform kami, kebijakan tersebut juga harus masuk akal.

Bagaimana cara kami memutuskannya? Kami pastinya berusaha seobjektif mungkin, yang sebenarnya lebih gampang diucap daripada dilakukan, namun kami akan mempertimbangkan berbagai hal, termasuk:

  • Mata uang tersebut harus terdesentralisasi (sebagaimana mestinya)
  • Harus sangat aman
  • Harus didesain oleh tim atau developer yang kredibel
  • Harus ada suatu manfaat/penggunaan unik dan jelas
  • Harus memiliki adopsi pasar yang signifikan
  • Tidak boleh memiliki prima facie terhadap isu yang diasosiasikan dengan penipuan atau skema ‘pump and dump’
  • Ada jumlah yang cukup dari pengguna kami yang menginginkannya, sehingga secara ekonomis memungkinkan untuk diimplementasikan ke base pengguna yang lebih luas
  • Mata uang tersebut harus selaras dengan visi kami untuk membangun sistem keuangan baru yang bermanfaat untuk semua masyarakat

Untuk artikel ini, kami mengabaikan penjualan token atau ICO, karena kami merasa mereka adalah kategori aset yang berbeda dan kami akan memberikan komentar terhadap hal tersebut secara spesifik di artikel lain.

Penting juga untuk dicatat bahwa kami mungkin tidak akan menyediakan akses langsung ke setiap mata uang digital, namun pastinya kami menyediakan cara akses ke sana melalui pertukaran mata uang digital ke Bitcoin terlebih dahulu, lalu menggunakan Bitcoin tersebut untuk mendapatkan mata uang digital lain di platform lainnya.

Namun, pelanggan harus mengetahui resiko dan membaca banyak mengenai penipuan yang ada. Tetap berhati-hati di tempat dimana Anda akan memberikan uang Anda - ada alasan mengapa banyak dari “mata uang-mata uang” ini yang dengan cepat muncul lalu hilang begitu saja.

Dalam beberapa hari ke depan, Anda akan melihat kami memberikan pengumuman terhadap pandangan dan dukungan kami terhadap mata uang digital selain Bitcoin, jadi stay tuned!

Avatar Marcus Swanepoel
Penulis

Marcus Swanepoel

Marcus is the cofounder and CEO of Luno. Previously, he worked for Standard Chartered in Singapore and before that 3i and Morgan Stanley in London. He holds an MBA from INSEAD, is a qualified Chartered Accountant and a CFA charterholder. He is a South African citizen and a Singapore Permanent Resident.

Tidak ada kata terlambat untuk memulai.
Beli, simpan, serta pelajari Bitcoin dan Ethereum sekarang.

Desktop Icon Apple App Store Logo Google Play Store Logo