Kabar kripto: pasca Bitcoin halving, Bitcoin terus menguat saat pasar saham jeblok

Tim Luno
Back to blog


lama baca 3 menit

Dalam berita kripto minggu ini, kami telah rangkum analisa dampak dari Bitcoin halving. Di samping itu, Anda juga dapat melihat bagaimana pergerakan harga Bitcoin dibandingkan dengan aset lain. Selengkapnya dapat Anda simak di bawah ini.

Pasca Bitcoin halving pasar kripto tunjukkan korelasi negatif dengan saham

Pasca Bitcoin halving, pasar kripto nampak bergejolak dalam seminggu terakhir. Dengan pertumbuhan yang kuat di akhir pekan kemarin, korelasi pasar kripto dengan pasar saham pun menurun setelah secara konstan menunjukkan korelasi positif hampir dalam dua bulan berturut-turut. Pasar kripto mungkin akan benar-benar berhenti mengekor pergerakan pasar saham (decoupling) setelah Bitcoin halving pekan lalu.

Bitcoin halving yang menjadi buah bibir penggila dan pengguna aset kripto terjadi pada Senin malam 12 Mei lalu. Dampak minornya sudah terlihat, harga Bitcoin berfluktuasi secara tajam - menyentuh US$9.100 (Rp 136 juta) dan US$8.100 (Rp 121 juta) dalam 24 jam! Kini harga telah terlihat menguat sejak halving dan hampir kembali ke level US$10.000 (Rp 150 juta).

Bitcoin mantap lepaskan diri dari pengaruh saham

Minggu lalu kami menyampaikan bahwa lepasnya Bitcoin dari pengaruh pasar saham bisa jadi semakin dekat. Pernyataan kami tersebut diperkuat dengan pergerakan harga masing-masing aset dalam sepekan terakhir. Bitcoin telah menunjukkan performa yang cukup baik - memperluas kesempatan trader dan investor untuk meraup keuntungan setidaknya 11% dalam sepekan. Sementara pasar saham terlihat berjuang keras untuk kembali naik setelah turun -2% sejak pekan lalu. 

Jika tren ini berlanjut, hal ini dapat benar-benar memvalidasi dugaan kita bahwa pada dasarnya Bitcoin tidak dipengaruhi oleh pergerakan harga aset atau instrumen investasi manapun. Halving sudah selesai, korelasi BTC dengan saham negatif - nampaknya masa depan Bitcoin makin cerah dan menjanjikan!

Melesat tinggi! Volume trading Bitcoin sentuh level tertinggi 2020

Setelah lonjakan volume trading Bitcoin harian sebesar Rp 30 triliun di pekan lalu, dalam sepekan terakhir volume rata-rata trading Bitcoin harian mencuat ke level tertinggi di 2020. Dengan volume trading yang solid, meskipun pasar bergejolak pasca Bitcoin halving, tapi minat trading Bitcoin masih tinggi.

Kami melihat beberapa trading harian dengan besar volume antara US$2-3 miliar (Rp 30 - 45 triliun), yang menyebabkan tingginya rata-rata trading harian dalam sepekan. Level ini belum terlihat sejak puncak kenaikan harga Bitcoin tahun lalu, di bulan Juli 2019.

Level support kuat, tren naik pergerakan harga Bitcoin terus berlanjut

Pasca pullback yang cukup kuat di akhir pekan sebelumnya, banyak dugaan muncul bahwa tren naik Bitcoin akan segera berakhir. Namun, support yang kita bicarakan minggu lalu membuat tren bullish masih terlihat mendominasi pergerakan harga.

Setelah harga gagal naik sentuh level tertinggi tahunan (level tertinggi 2020 sejauh ini terjadi di bulan Februari), harga Bitcoin turun hingga ke kisaran US$8.000 (Rp 120 juta). Sempat menjadikan area US$8.000 sebagai support, harga Bitcoin justru memantul (bounce) dengan cepat. Saat ini, BTC perlu menahan level di sekitar US$9.500 (Rp 142 juta) dan menjadikannya sebagai level support agar pergerakan harga masih dapat kita waspadai - seperti yang kita bicarakan minggu lalu. Momentum harga Bitcoin masih terlihat kuat dan bukan tidak mungkin Bitcoin akan cetak harga tertinggi tahunan terbaru di 2020 ini.

Avatar Tim Luno
Author

Tim Luno

Kami menulis semua hal tentang cryptocurrency untuk mengedukasi dan membuka lebih banyak mata serta pandangan tentang cryptocurrency. Blog kami menyampaikan pandangan Luno dan berbagai opini dan karakter unik di tim kami. Kami tidak akan pernah memberi Anda nasihat atau tips tentang keuangan, dan kami mendorong Anda untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya terlebih dahulu sebelum membeli atau terlibat dalam bursa cryptocurrency apapun. Dunia cryptocurrency adalah dunia yang menantang dan harga di pasar bisa berubah dalam hitungan detik, jadi lakukanlah investasi cryptocurrency Anda dengan bijak. Sampaikan kepada kami pendapat Anda tentang blog kami melalui Twitter kami @lunomoney

Jangan sampai ketinggalan!

Beli, simpan, dan belajar Bitcoin, Ethereum, XRP, dan Litecoin sekarang

Desktop Icon Apple App Store Logo Google Play Store Logo