Kini hadir di Luno - Pembelian Berulang

Tim Luno
Kembali ke blog


5 minute read

Kini telah hadir satu fitur baru yang tak sabar ingin kami perkenalkan kepada Anda; Pembelian Berulang (Repeat Buy) - cara baru untuk mempermudah investasi cryptocurrency Anda di Luno.

Dengan Pembelian Berulang, Anda dapat mengatur jadwal transaksi beli cryptocurrency Anda secara otomatis dengan interval atau jadwal pembelian yang teratur. Sebagai contoh, Anda ingin membeli Bitcoin senilai Rp1.000.000 di tanggal 1 setiap bulan. Cukup masuk ke akun Luno Anda, pilih seberapa sering (frekuensi) Anda ingin melakukan transaksi beli beserta jumlahnya, pastikan Anda memiliki cukup dana atau saldo di dompet Luno Anda, selebihnya serahkan kepada kami. Mudah kan?

 

Strategi investasi otomatis ini sering disebut sebagai ‘dollar-cost averaging’. Dollar-cost averaging (walaupun menggunakan istilah dollar, namun strategi ini bisa dipakai untuk mata uang apa saja di seluruh dunia) bukan hanya sekadar cara mudah berinvestasi di dunia kripto, namun cara ini telah menarik perhatian banyak investor dalam beberapa tahun belakangan terakhir karena sejumlah manfaat yang ditawarkan.

 

MENGATUR PEMBELIAN BERULANG

Trading aset kripto

Pasar cryptocurrency dikenal dengan volatilitas harganya yang cukup fluktuatif. Jika Anda memiliki cryptocurrency seperti Bitcoin karena Anda yakin bahwa nantinya harga cryptocurrency akan melonjak tinggi, maka volatilitas mungkin bukan masalah penting bagi Anda. Namun Ada pula yang justru memanfaatkan volatilitas harga cryptocurrency dan melihat hal tersebut sebagai suatu kelebihan.

 

Trading kripto bukanlah investasi tanpa risiko. Anda bisa saja menghabiskan waktu untuk mencari tahu banyak informasi untuk menebak waktu yang paling tepat untuk jual atau beli kripto untuk memperoleh keuntungan, tapi tebakan atau prediksi Anda belum tentu benar. Tentunya hal ini bisa jadi membuat Anda sangat stress. Jika Anda belum bisa menemukan strategi trading yang cocok untuk Anda dan belum bisa melakukan analisis pergerakan pasar, atau jika Anda adalah orang yang menghindari resiko (risk averse), maka ini adalah cara yang lebih mudah untuk memperoleh profit atau keuntungan.

 

 

Investasi jangka panjang

Hal yang menarik dari aset kripto adalah meskipun dalam jangka waktu pendek harganya fluktuatif, namun dalam jangka panjang, bisa dikatakan aset kripto tidaklah sefluktuatif yang Anda bayangkan. Contohnya, pada tanggal 11 Maret 2016, Anda dapat membeli 1 Bitcoin dengan harga sekitar Rp 5 juta. Bitcoin yang Anda beli tersebut akan bernilai Rp 134,7 juta pada tanggal 13 Juni 2020 - keuntungan sebesar hampir 27 kali lipat dari harga beli di tangan Anda.

 

 

Tren kenaikan jangka panjang ini telah mempopulerkan strategi hodling (sebuah istilah cryptocurrency dimana Bitcoin yang dibeli, disimpan dengan aman untuk potensi kenaikan nilai investasi dalam jangka panjang).

 

Hodling berasal dari kesalahan eja kata “hold” pada sebuah poster forum online Bitcoin Talks. Secara sederhana, hodling adalah ketika Anda membeli sejumlah cryptocurrency dan menyimpannya kemudian Anda jual saat terjadi kenaikan harga yang diinginkan.

 

Berbeda dengan trading Bitcoin yang dilakukan dengan cara transaksi beli-jual dalam jangka waktu yang pendek pada saat terjadi pergerakan harga (baik turun atau naik), hodling tidak memiliki batasan waktu sehingga Anda tidak perlu repot-repot melihat pergerakan harga setiap saat.

 

Cara ini juga terbukti efektif bagi banyak orang mengingat kenaikan nilai Bitcoin yang bisa sangat tinggi dan cepat sejak Bitcoin pertama kali diluncurkan. Selain itu, istilah ini juga dipakai sebagai akronim untuk ‘Hold On for Dear Life’ (secara harfiah artinya ‘peganglah erat-erat’). Artinya adalah jika Anda tidak membeli Bitcoin pada waktu yang dirasa kurang tepat atau ketika Bitcoin ada pada titik terendahnya dan harga Bitcoin alami penurunan, yang dapat Anda lakukan hanyalah menunggu dan mengamati hingga harga naik kembali.

 

Strategi dollar-cost averaging

Dollar-cost averaging merupakan variasi hodling yang dapat membantu meminimalisasi risiko dan menjauhkan Anda dari stress yang muncul dari proses mengamati pergerakan harga dan menunggu waktu yang tepat untuk beli atau jual.

 

Tujuan dollar-cost averaging adalah untuk melakukan investasi teratur dengan jumlah yang sama pada interval yang berulang, tanpa harus mengamati pergerakan harga harian dari aset kripto yang Anda beli. Pada dasarnya, dengan menginvestasikan uang Anda dalam jumlah kecil untuk beli aset kripto secara teratur (mencicil) dalam jangka waktu yang panjang akan menghindarkan Anda dari pergerakan kenaikan dan penurunan harga yang signifikan. Dollar-cost averaging juga menurunkan potensi kerugian Anda jika pasar jatuh, dan ketika pasar kembali naik, cara ini akan memaksimalkan keuntungan Anda. Cara ini juga memiliki keunggulan lainnya yaitu menghilangkan beberapa keraguan Anda saat ingin beli aset kripto. Ketika Anda menerapkan strategi dollar-cost averaging, strategi ini yang akan mengambil keputusan beli aset kripto untuk Anda.

 

Contohnya, jika Anda sudah menginvestasikan Rp100.000 setiap minggu sejak tiga tahun yang lalu, dan terus melakukannya selama tiga tahun, Anda telah melipatgandakan investasi Anda, dengan keuntungan sebesar 119.49%. Artinya, dalam waktu 2,5 tahun, jumlah Rp15.000.000 naik menjadi Rp30.000.000

 

Kedengaran sempurna, bukan? Tidak juga. Ada beberapa orang yang meyakini bahwa dollar-cost averaging tidak memberikan keuntungan sebesar yang bisa didapatkan dari trading harian ataupun hodling. Ketika harga bergerak naik, mereka yang melakukan investasi lebih dulu akan memperoleh hasil yang lebih baik. Artinya, dollar-cost averaging memiliki dampak peredaman pada keuntungan dalam tren naik. Pada kasus ini, investasi sekaligus (lump-sum) akan mengalahkan hasil dari dollar-cost averaging. Dollar-cost averaging juga tidak sepenuhnya memitigasi Anda dari segala resiko dan pastinya tidak dapat memastikan investasi yang sukses - faktor lainnya pun perlu diperhitungkan. Namun, dollar-cost averaging merupakan pilihan yang paling aman. Jika Anda menginginkan pengalaman rasa dag-dig dan tegang saat melakukan investasi aset kripto atau jika Anda ingin menjadi trader ‘sejati’ yang mahir, maka cara ini mungkin bukan untuk Anda.

 

 

Saya tertarik. Bagaimana caranya?

Fitur baru Pembelian Berulang kami akan mudahkan transaksi dollar-cost averaging Anda. Masuklah ke Aplikasi Luno Anda dan ketika Anda membeli kripto, akan muncul pilihan untuk mengaktifkan Pembelian Berulang.

 

Setelah Anda mengaktifkannya, jika Anda berubah pikiran Anda dapat mengganti jumlah dan frekuensi investasi atau transaksi beli Anda ataupun membatalkannya kapan saja. Anda perlu memastikan bahwa ada cukup dana di dompet IDR Anda untuk melakukan pembelian. Anda bisa mengatur transfer bank berulang untuk deposit jumlah ini secara otomatis atau kami akan mengirimkan notifikasi untuk mengingatkan Anda untuk melakukan deposit dana. Yuk coba fitur ini sekarang!

Langkah 1: Pilih jumlah mata uang lokal yang Anda inginkan untuk beli BItcoin dan frekuensi pembelian yang Anda inginkan 

  

Langkah 2: Pilihlah hari dalam satu minggu atau satu bulan dimana Anda ingin melakukan deposit. Jika Anda memilih opsi harian, Anda akan diberikan pilihan kapan Anda ingin memulai. 

Bulanan

Mingguan

Harian

 

Langkah 3: Konfirmasi, dan Pembelian Berulang Anda pun sudah aktif!

 

AKTIFKAN SEKARANG

 

 

Avatar Tim Luno
Penulis

Tim Luno

Kami menulis semua hal tentang cryptocurrency untuk mengedukasi dan membuka lebih banyak mata serta pandangan tentang cryptocurrency. Blog kami menyampaikan pandangan Luno dan berbagai opini dan karakter unik di tim kami. Kami tidak akan pernah memberi Anda nasihat atau tips tentang keuangan, dan kami mendorong Anda untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya terlebih dahulu sebelum membeli atau terlibat dalam bursa cryptocurrency apapun. Dunia cryptocurrency adalah dunia yang menantang dan harga di pasar bisa berubah dalam hitungan detik, jadi lakukanlah investasi cryptocurrency Anda dengan bijak. Sampaikan kepada kami pendapat Anda tentang blog kami melalui Twitter kami @lunomoney

It’s never too late to get started

Buy, store and learn about Bitcoin, Ethereum, XRP and Litecoin now

Desktop Icon Apple App Store Logo Google Play Store Logo