Berita kritpo: Koreksi harga Bitcoin indikasi pergerakan pasar yang sehat

Tim Luno
Kembali ke blog


lama baca 3 menit

Pergerakan volume, informasi, dan harga BTC (Bitcoin) sepekan

Koreksi harga BTC indikasi pergerakan pasar yang sehat

Meskipun harga BTC terlihat nyaris mencetak harga tertinggi tahunan baru (yearly high) di level US$10.500 (Rp 157 juta), harga Bitcoin tertahan di level support US$9.500 (Rp 142,5 juta) dan saat ini turun lagi di level support berikutnya.

Saat ini support ada di kisaran US$8.000 (Rp 120 juta) yang juga merupakan level support MA-200 hari. Jika tren harga BTC masih naik, maka dapat disimpulkan pullback merupakan indikasi pasar yang ‘sehat’. Sebaliknya, jika trennya harga BTC berubah, trader harus mewaspadai level US$6.800 (Rp 102 juta) dimana secara historis kita telah melihat banyak aktivitas trading Bitcoin juga banyak terjadi di level tersebut. 

 

Volume masih tinggi, minat terhadap Bitcoin terus meningkat

Berbanding lurus dengan kenaikan harga BTC, volume rata-rata trading Bitcoin harian dalam sepekan melonjak US$ 2 miliar (Rp 30 triliun) lebih minggu lalu. Volume harian sempat mencapai US$3 miliar (Rp 45 triliun) untuk keenam kalinya di tahun 2020. Satu hal yang menarik untuk kita amati adalah apakah volume bisa terus bertahan di level ini, atau akan terjadi penurunan volume trading yang sama seperti di bulan Maret saat harga BTC anjlok.

Minat terhadap Bitcoin halving meroket

Hasil pencarian Google menunjukkan bahwa semakin banyak orang yang tertarik dengan BTC halving. Minat pencarian relatif untuk "Bitcoin halving" telah meroket di 2020, 4x lebih tinggi dari halving 2016. Kurang dari sebulan yang lalu, grafik menunjukkan pencarian halving di Google melampaui level di 2016.

Lonjakan minat ini mungkin telah berkontribusi pada kenaikan harga BTC belakangan ini, karena orang akan terfokus pada bagaimana harga Bitcoin bergerak setelah Bitcoin halving. Apakah harga BTC akan menunjukkan tren naik atau turun?

Harga melonjak, pasar kripto ‘pisahkan” diri dari pasar saham

Ada beberapa info yang beragam tentang pasar kripto dalam 10 hari terakhir. Setelah Bitcoin memimpin dominasi kenaikan market cap, aset kripto dengan kapitalisasi pasar kecil (Small Caps) berhasil menyalip Bitcoin. Namun, market cap Bitcoin masih menunjukkan kenaikan - hampir 1% dalam satu pekan terakhir. Sementara itu, sejauh ini Large Cap dan Mid Caps masih terlihat berjuang naik setelah turun hampir 5% di bulan ini.

Secara umum, grafik pasar keuangan global juga terlihat lebih datar di bulan Mei. Kenaikan harga Bitcoin di awal bulan ini bisa menjadi indikasi awal bahwa pasar kripto mulai memisahkan diri dari pasar saham sejak market crash di bulan Maret lalu. Hal ini juga ditunjukkan dengan nilai korelasi Bitcoin dan pasar saham (salah satunya S&P500) yang menurun.

Nyaris sentuh level Greed, minat terhadap aset kripto naik

Indeks Fear & Greed (indeks yang digunakan untuk mengukur sentimen pasar terhadap aset kripto) mengalami peningkatan sejak minggu lalu. Hal ini terjadi karena momentum rally (kenaikan harga BTC) yang terjadi sejak akhir April. Setelah naik ke angka 50 dan nyaris memasuki level "greedy", indeks turun kembali mengikuti koreksi harga BTC minggu lalu. Saat ini indeks kembali ke level “fear” di angka 40.

Level Greed sendiri menunjukkan bahwa minat atau permintaan aset kripto naik dimana biasanya banyak orang beli Bitcoin atau aset kripto lainnya. Sedangkan Fear menjadi indikasi penurunan harga BTC karena biasanya terjadi sell-off yang mengakibatkan supply aset kripto meningkat.

Avatar Tim Luno
Penulis

Tim Luno

Kami menulis semua hal tentang cryptocurrency untuk mengedukasi dan membuka lebih banyak mata serta pandangan tentang cryptocurrency. Blog kami menyampaikan pandangan Luno dan berbagai opini dan karakter unik di tim kami. Kami tidak akan pernah memberi Anda nasihat atau tips tentang keuangan, dan kami mendorong Anda untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya terlebih dahulu sebelum membeli atau terlibat dalam bursa cryptocurrency apapun. Dunia cryptocurrency adalah dunia yang menantang dan harga di pasar bisa berubah dalam hitungan detik, jadi lakukanlah investasi cryptocurrency Anda dengan bijak. Sampaikan kepada kami pendapat Anda tentang blog kami melalui Twitter kami @lunomoney

Jangan sampai ketinggalan!

Beli, simpan, dan belajar Bitcoin, Ethereum, XRP, dan Litecoin sekarang

Desktop Icon Apple App Store Logo Google Play Store Logo