Lagi-lagi Ethereum pecahkan rekor ATH baru #BeritaKripto

Tim Luno
Kembali ke blog


lama baca 2 menit

Bertepatan dengan hari Halloween kemarin, 31 Oktober, 13 tahun lalu, white paper Bitcoin (BTC) diluncurkan untuk pertama kalinya. Dokumen tersebut memuat gagasan awal, yang akhirnya berkembang menjadi aset kripto. Kini, Bitcoin telah memiliki ratusan juta pengguna di seluruh dunia, dan telah banyak digunakan di berbagai negara serta institusi keuangan.

Pasar aset kripto pun sedang terlihat cukup bullish. Bitcoin melambung ke angka US$63.000 (Rp882 juta) pada hari Selasa. Namun, Ethereum menjadi sorotan setelah berhasil memecahkan dua ATH baru. Kemarin, aset kripto kedua terbesar ini naik ke angka US$4.600 (Rp66 juta), setelah sempat menembus ATH US$4.400 (Rp62 juta) pada hari Jumat lalu. 

Di bulan Oktober, Bitcoin dan Ethereum telah mengalami kenaikan hingga hampir 30%. Akankah hal yang sama terulang di bulan November?

Borong saat harga Bitcoin turun, El Salvador akan bangun sekolah

President El Salvador Nayib Bukele mengindikasikan dalam serangkaian cuitannya bahwa pemerintah El Salvador telah membeli 420 bitcoin (US$25 juta, atau setara Rp350 juta). Dengan demikian, total El Salvador kini memiliki sekitar 1.120 Bitcoin. Beliau juga menyatakan bahwa terdapat rencana untuk membangun 20 sekolah dari keuntungan investasi Bitcoin yang negara tersebut peroleh.

Sekolah di Pennsylvania terima BTC untuk pembayaran uang sekolah

Sekolah bisnis Wharton di University of Pennsylvania mengumumkan bahwa para mahasiswa yang mendaftar kelas online “Perekonomian Blockchain dan Aset Digital” (Economics of Blockchain and Digital Assets) bisa membayar uang sekolah mereka dalam aset kripto.

Siap-siap! Aset kripto akan dikenakan pajak di Indonesia

Neilmaldrin Noor - Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Humas DJP Kementerian Keuangan mengatakan transaksi kripto merupakan hal baru, sehingga betul-betul diperlukan kajian yang lebih mendalam serta komprehensif. Gagasan dan rencana ini muncul menyusul maraknya investasi aset kripto di Indonesia.

Analisis harga Bitcoin

Bitcoin masih terkonsolidasi di rentang US$58.000 (Rp812 juta) dan US$64.000 (Rp896 juta). BTC masih bertahan di level ini setelah gagal breakout dari ATH terbarunya pada tanggal 20 Oktober. 

Level resistance terdekat ada di area US$64.000 (Rp896 juta). Level ini telah menjadi titik puncak pada rally harga di awal tahun dan telah menjadi level resistance dari rentang konsolidasi baru Bitcoin.

Jika Bitcoin berhasil bergerak naik dari rentang konsolidasi ini, maka level resistance selanjutnya berada pada ATH di kisaran $67.000 (R 938 juta). Dalam rentang konsolidasi terkini, support berada di level US$58.000 (Rp812 juta). 

Level ini sebelumnya bertindak sebagai level resistance saat breakout Bitcoin pada tanggal 15 Oktober dan telah menjadi level support yang kuat dalam rentang konsolidasi sekarang.

Jika level support tidak bisa dipertahankan, maka support selanjutnya berada di antara level US$54.000-US$56.000 (Rp756 juta - Rp784 juta) dan support kuat di kisaran US$50.000 (Rp700 juta).

Isi artikel ini hanya bertujuan sebagai informasi dan bukan saran investasi atau bentuk rekomendasi ataupun ajakan. Luno selalu menyarankan Anda untuk mendapatkan nasihat keuangan oleh Anda dan untuk Anda sendiri sebelum berinvestasi atau trading cryptocurrency.

Avatar Tim Luno
Penulis

Tim Luno

Kami menulis semua hal tentang cryptocurrency untuk mengedukasi dan membuka lebih banyak mata serta pandangan tentang cryptocurrency. Blog kami menyampaikan pandangan Luno dan berbagai opini dan karakter unik di tim kami. Kami tidak akan pernah memberi Anda nasihat atau tips tentang keuangan, dan kami mendorong Anda untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya terlebih dahulu sebelum membeli atau terlibat dalam bursa cryptocurrency apapun. Dunia cryptocurrency adalah dunia yang menantang dan harga di pasar bisa berubah dalam hitungan detik, jadi lakukanlah investasi cryptocurrency Anda dengan bijak. Sampaikan kepada kami pendapat Anda tentang blog kami melalui Twitter kami @lunomoney

Jangan sampai ketinggalan!

Beli, simpan dan belajar tentang aset kripto sekarang

Desktop Icon Apple App Store Logo Google Play Store Logo