Luno: 2019 dan seterusnya

Di Luno kami sedang bersiap untuk menapaki tahun yang sangat menantang di dunia cryptocurrency.

Melihat ke belakang, mudah untuk melupakan betapa banyak hal yang telah terjadi dalam kurun waktu yang singkat, baik sebagai sebuah perusahaan maupun industri.

luno_beyond_2019

Sejak tahun 2017, kami telah melihat harga cryptocurrency naik, turun, dan menjadi stabil. Kami menyaksikan, bahkan di harga pasar yang datar atau sedang menurun, untuk pertama kalinya ribuan orang membeli cryptocurrency, setiap hari. Bagi kami, harga bukanlah hal yang penting dalam mencapai visi jangka panjang kami untuk membawa dunia ke sistem keuangan yang lebih baik, namun kenyataannya memang benar  fluktuasi harga mendatangkan lebih banyak pendatang baru ke dunia cryptocurrency lebih cepat. Ini adalah bukti kuat bahwa semakin banyak orang teredukasi tentang nilai nyata cryptocurrency untuk jangka panjang.

Kami telah membahas  pandangan kami ke depan tentang prinsip-prinsip yang mendorong penggunaan cryptocurrency dan mengapa cryptocurrency bergerak lebih cepat dari yang dikira oleh kebanyakan orang. Kami percaya ini adalah bagian dari evolusi alami uang, dan kami akan terus melihat Bitcoin berkembang lebih cepat dari yang dibayangkan kebanyakan orang.

Roma tidak dibangun dalam semalam

Satu tantangan besar yang kami yakini masih dihadapi industri ini adalah kepuasan instan.

Semua orang ingin cryptocurrency tetap sama atau menjadi sistem keuangan yang lebih baik daripada yang sudah ada dalam waktu semalam:

  • Harus menjadi alat penyimpan nilai yang lebih baik;
  • Harus memfasilitasi transaksi yang lebih cepat dan lebih murah;
  • Harus memiliki biaya pengiriman uang yang lebih rendah;
  • Harus bersifat global dan terbuka serta sepenuhnya aman.

Semua poin di atas (dan banyak lagi yang lainnya), sekarang juga.

Kenyataannya adalah sistem keuangan yang berlaku sekarang dibangun ratusan – atau bahkan ribuan – tahun dan kita tidak akan bisa membangun infrastruktur keuangan yang baru dalam waktu satu malam.

Meskipun kami percaya bahwa suatu hari nanti cryptocurrency akan mencakup poin-poin di atas (dan banyak lainnya), kita perlu bersabar dan berhati-hati. Taruhannya tinggi dan langkah yang terburu-buru bisa menjadi tindakan yang tidak bertanggung jawab dan dapat menimbulkan bahaya.

Kabar baiknya adalah adanya data yang sangat jelas yang sekarang dapat kita lihat di semua area utama, baik itu harga, keamanan, perkembangan, pengakuan dari regulator, liputan pers, ataupun yang lainnya – sedang bergerak ke arah yang diharapkan.

Number of Cryptocurrency articles from May 2013 to July 2018
Keterangan: Jumlah artikel Cryptocurrency dari Mei 2013 hingga Juli 2018

Number of Bitcoin transactions per month from 2009 to 2017
Keterangan: Jumlah transaksi Bitcoin per bulan dari 2009 hingga 2017

Kami melihatnya setiap hari: Inovasi terjadi lebih lambat dari yang diharapkan oleh para pengguna awal, tetapi lebih cepat bagi mereka yang meragukannya. Apapun yang terjadi, penting untuk melihat pasar dalam jangka panjang dan kami yakin bahwa akan terjadi transisi besar dalam cara dunia menilai dan menggunakan uang dalam 5-10 tahun ke depan.

Mengikuti laju pertumbuhan

‘Pertumbuhan’ bisa bersifat merugikan atau progresif. Sambil menghadapi volatilitas industri, di Luno kami berupaya keras untuk mencapai kemajuan yang berkelanjutan dan terukur. Kami terus mengikuti laju pertumbuhan industri sepanjang tahun 2018 dengan menghadirkan banyak anggota tim baru yang berbakat dan ambisius dari beberapa perusahaan paling terkenal di seluruh dunia.

Tim kami telah bertambah lebih dari tiga kali lipat dari 57 menjadi 192 orang, dan kami harap jumlah ini akan bertambah dua kali lipat (setidaknya) pada tahun 2019, jadi lihat halaman Karir kami jika Anda tertarik untuk ikut bergabung ke dalam roket kami menuju perjalanan seumur hidup ini. Kami juga membuka kantor baru di London dan Johannesburg, melakukan ekspansi ke Singapura, Cape Town, Jakarta, Kuala Lumpur dan Lagos, dan sekarang kami telah beroperasi di lebih dari 40 negara di Eropa, Asia Tenggara, dan Afrika.

Kami memproses transaksi miliaran dollar dan menambah lebih dari satu juta dompet (pelanggan) baru. Kami juga terus melakukan sejumlah peningkatan produk dan layanan dan kami akan terus berinvestasi dengan jumlah sangat besar demi layanan pelanggan dan pengalaman produk yang lebih baik di tahun 2019, di samping beberapa fitur produk baru yang menarik dan expansi ke negara lain.

Kami optimis dengan tahun 2019

Terlepas dari perbincangan tentang ‘musim dingin kripto’, yang cenderung terlalu terpaku pada harganya, kami bersiap untuk tahun yang baru dengan penuh semangat.

Beberapa hal positif yang kami nantikan di tahun ini:

Regulasi yang lebih jelas untuk bisnis

Semakin banyak regulator di seluruh dunia memberikan kejelasan bagi perusahaan cryptocurrency untuk beroperasi baik dalam kerangka kerja yang ada, atau menggunakan lisensi baru. Hal ini akan membantu meningkatkan kepercayaan, menyingkirkan sebagian besar (jika tidak semua) aktor jahat, dan membentuk dasar bagi uang institusional berskala besar untuk masuk ke ekosistem crypto.

Dukungan media

Media telah menjadi pedang bermata dua bagi cryptocurrency, karena awalnya dapat membantu meningkatkan kesadaran masyarakat pada umumnya, tetapi seringkali dengan cara yang cenderung negatif. Headline clickbait seperti ‘Bitcoin sudah berakhir’, ‘Bitcoin digunakan untuk narkoba, dan‘ Bitcoin diretas ’tidak membantu industri ini sama sekali. Meskipun kami selalu siap untuk membela – dan tentu saja ada beberapa risiko nyata seputar cryptocurrency – berita negatif sering dilebih-lebihkan, tidak berdasarkan fakta, atau hanya berdasarkan pada pemahaman yang sangat sempit tentang sektor ini.

Kami sudah melihat perubahan ini dengan cepat karena pasar (dan media) terus menjadi semakin teredukasi. Kami juga berkontribusi melalui investasi besar-besaran ke Portal Pembelajaran Luno kami, yang membantu masyarakat, media, dan para stakeholder lainnya mengedukasi diri mereka tentang fakta, peluang, dan risiko di pasar cryptocurrency.

Harapan yang realistis

Visibilitas seputar aktivitas terlarang nampaknya tersembunyi tapi ini sangatlah penting. Dengan cryptocurrency, standar yang telah ditetapkan secara psikologis jauh lebih tinggi oleh regulator, bank dan media – dalam banyak kasus dengan tingkat toleransi risiko nol.

Kami melihat 2019 sebagai waktu yang kritis di mana sentimen ini akan bergeser dari ‘penghapusan risiko’ menjadi mentalitas ‘mitigasi risiko’, yang akan berdampak besar bagi prospek pertumbuhan industri.

‘Blockchain’ bukan lagi sebuah tren

Tren utama lainnya di 2019 adalah ditinggalkannya proyek-proyek ‘blockchain’ dan ICO secara massal, dengan perhatian dan pengalihan uang kembali ke cryptocurrency yang terdesentralisasi.

Data menunjukkan bahwa ICO hampir mati dan kami harap fokus beralih pada penggunaan cryptocurrency (saat ini): cryptocurrency yang terdesentralisasi. Kecuali jika fenomena snake oil (suatu fenomena munculnya produk atau jasa  yang diklaim mampu menjadi solusi dan memiliki manfaat yang besar namun tidak terbukti) mulai muncul, namun menurut pandangan kami fenomena hanya akan bertahan hingga kebenaran terungkap.

Bisnis, yang (tidak) biasa

Meskipun kami tidak yakin akan melihat penggunaan cryptocurrency di ranah institusi secara massal di tahun 2019, kami percaya bahwa akan ada beberapa penggerak awal seperti Fidelity, dan BAKKT (yang juga tertarik untuk mendapatkan investasi dari investor Seri A utama kami, Naspers) akan memulai momentum ini. Namun, kami melihat fintech kecil dan perusahaan teknologi lainnya mulai masuk melalui kemitraan dengan perusahaan cryptocurrency yang ada seperti Luno. Sebagai salah satu perusahaan yang mengawali dan memimpin pasar di ruang cryptocurrency B2B, kami telah meresmikan tim Luno for Business untuk membantu menghubungkan semua bisnis ini dengan pelanggan mereka ke cryptocurrency.

Edukasi masih penting

Tahun ini juga akan terlihat pengedukasian yang jauh lebih baik seputar pasar cryptocurrency. Proses ini akan dibantu oleh pers, perusahaan cryptocurrency itu sendiri, dan lembaga keuangan yang belum siap untuk meluncurkan proyek cryptocurrency mereka namun berada di tahap pengujian minat dari pelanggan mereka.

Salah satu kesalahan terbesar industri cryptocurrency adalah mengasumsikan Joe Public akan memahami semua tentang desentralisasi dan penambangan (mining). Hal seperti ini tidak akan menjadi perhatian ketika harga cryptocurrency meroket dan orang-orang tidak begitu peduli tentang apa artinya semua itu, tetapi pada tahun 2019 edukasi nyata akan menjadi pendorong utama pertumbuhan (yang seharusnya dilakukan sejak awal).

Semuanya tentang pengembangan

Tahun ini cryptocurrency seperti Bitcoin, khususnya, akan mengalami beberapa kemajuan besar yang telah kita lihat pada 2018 untuk skala yang bahkan lebih baik dari segi kecepatan, biaya dan keamanan. Luno adalah salah satu perusahaan cryptocurrency besar pertama yang mendukung Segwit, kami telah membuat beberapa alat pengembangan internal seperti Moonbeam, dan kami sangat menyukai Segwit berskala besar seperti Lightning. Kami percaya tren ini akan berlanjut dan secara perlahan membantu bertambahnya lebih banyak lagi nilai bagi keseluruhan jaringan dan industri ini.

Tak ada mukjizat

‘Bentuk penggunaan nyata’ cryptocurrency yang sangat dinantikan akan mulai terlihat pada tahun 2019. Sebagian besar, hal ini didorong oleh jumlah infrastruktur yang dibangun oleh para pemain cryptocurrency besar di seluruh dunia di tahun 2018 serta banyaknya masalah penskalaan yang telah ditangani di masa lalu.

Jangan mengharapkan mukjizat atau ‘aplikasi pembunuh’ – kami tahu sekarang bahwa cryptocurrency sendiri sudah menjadi ‘aplikasi pembunuh’. Namun, yang akan kita lihat lebih banyak adalah manfaat yang diterapkan untuk produk, jasa, dan komunitas yang tepat khususnya yang mampu menunjukkan hal-hal yang yang dilakukan cryptocurrency namun tidak dapat dilakukan oleh sistem keuangan yang ada (misalnya, bersifat kekal, mudah telusuri, dan sebagainya) dan di negara-negara yang tidak memiliki infrastruktur keuangan yang sangat maju atau kompetitif, khususnya pasar negara berkembang. Di Luno kami juga memiliki tim yang baru dibuat yang berbasis di London, didukung oleh tim kami di Afrika, Asia Tenggara, dan Eropa yang lebih luas, yang semata-mata fokus pada hal ini, dengan beberapa pengumuman menarik segera hadir.

Masih ada pekerjaan yang harus dilakukan

Terakhir, kami masih akan terus melihat banyak tantangan untuk pertumbuhan dan adopsi cryptocurrency tahun ini. Walaupun pandangan peraturan akan positif secara keseluruhan, kami masih melihat beberapa negara membutuhkan waktu lebih lama untuk menyelaraskan pandangan mereka dengan dampak negatif pada pasar-pasar tersebut, seperti yang kita lihat di India akhir tahun lalu. Bank, yang pada dasarnya adalah pengatur de facto industri saat ini, akan terus bekerja hanya dengan perusahaan cryptocurrency tertentu, yang menghambat persaingan dan pertumbuhan.

To the moon

Seiring kita memasuki tahun 2019, saya juga ingin berterima kasih kepada jutaan pelanggan setia kami atas semua dukungannya selama setahun terakhir. Kami telah ditantang, dan belajar dalam jumlah yang luar biasa dan kami mengakui ada saat-saat di mana kami tentu bisa melakukan yang lebih baik. Kami menerima semua masukan dan rintangan di atas kapal, dan kami berinvestasi besar-besaran untuk menciptakan produk cryptocurrency paling aman dan paling ramah pengguna di dunia.

Berita baiknya adalah kami telah berhasil membangun tim yang sangat kuat, berbakat, dan bersemangat untuk bekerja keras demi memenuhi semua janji dan visi kami kepada Anda. Kami semua datang untuk bekerja setiap hari dengan bersemangat dan penuh energi membangun produk dan layanan yang lebih baik untuk Anda, dan Luno tidak akan berada di sini tanpa dukungan yang berkelanjutan dari Anda. Kami semua sangat menghargainya.

Terus baca blog kami untuk mendapatkan informasi menarik lainnya selama beberapa bulan ke depan dan tetap semangat: 2019 and beyond!

Marcus

Did you find this useful?

0
0