Kembali ke Artikel

Luno integrasi Segwit untuk menurunkan biaya

Claristy
lama baca 2 menit

Luno kini telah melakukan integrasi SegWit untuk seluruh transaksi kirim dan terima Bitcoin.

Luno SegWit

Apa itu SegWit?

SegWit, singkatan dari Segregated Witness, adalah penyempurnaan terhadap cara transaksi Bitcoin dilakukan. Dengan SegWit, informasi tertentu pada transaksi Bitcoin mengalami restrukturisasi sehingga ukuran transaksi menjadi lebih kecil - hasilnya, lebih banyak transaksi yang dapat diikutsertakan ke dalam satu blok. Dengan begitu, transaksi Bitcoin berlangsung lebih cepat dan lebih murah.

Penting untuk diingat bahwa SegWit tidak sama dengan fork SegWit2X yang pernah diusulkan (dan telah ditangguhkan).

Untuk penjelasan lebih teknis, Anda dapat melihatnya di sini.

Apa untungnya untuk saya?

Kirim dan terima Bitcoin lebih cepat, lebih murah!

Luno telah menggunakan SegWit untuk transaksi kirim Bitcoin pada bulan Desember 2017. Hasilnya, biaya jaringan Bitcoin yang Anda bayar saat mengirim Bitcoin jauh lebih murah dari sebelumnya. Dengan menerapkan SegWit secara internal, Luno telah berhasil mengurangi biaya kirim yang dibayarkan oleh pelanggan lebih dari 25%. Setelah pelanggan beralih ke alamat SegWit yang baru, penurunan biaya kirim yang lebih banyak akan terjadi dalam beberapa minggu dan bulan mendatang.

Perlu diperhatikan bahwa biaya jaringan Bitcoin bersifat fluktuatif, tergantung pada kepadatan blockchain, sehingga membandingkan biaya untuk dua periode waktu yang berbeda bukanlah hal yang mudah.

Hingga beberapa saat yang lalu, Anda hanya dapat menerima Bitcoin di Luno dengan alamat dompet Bitcoin non-SegWit, yang dikenal sebagai alamat dompet legacy Anda.

Namun mulai hari ini, Anda juga dapat menerima Bitcoin di alamat dompet SegWit Bitcoin baru milik Anda. Perlu diperhatikan bahwa biaya terima, yang dijelaskan di sini, akan tetap ada. Anda juga dapat mengirim Bitcoin ke orang lain secara instan & tanpa biaya menggunakan alamat email atau nomor ponsel penerima.

Apa yang harus saya lakukan?

Untuk menambahkan alamat dompet SegWit:

  1. Masuk ke akun Luno Anda (aplikasi atau website)
  2. Pilih Dompet dari menu
  3. Pilih Dompet BTC Anda
  4. Pilih Terima Bitcoin
  5. Pilih Tambah alamat dan ikuti instruksi selanjutnya

Setelah selesai, ketika Anda ingin menerima Bitcoin dari orang lain, Anda perlu menggunakan alamat Bitcoin SegWit Anda. Alamat legacy Bitcoin Anda diawali dengan angka 1, sedangkan alamat Bitcoin SegWit diawali dengan angka 3. Pilih alamat SegWit Anda untuk menerima Bitcoin. Anda tetap dapat menerima Bitcoin yang dikirimkan ke alamat Bitcoin lama atau legacy Anda.

Catatan: Anda dapat kirim Bitcoin dari dompet legacy Anda ke dompet SegWit (dan sebaliknya) - mereka masih berada di blockchain Bitcoin yang sama. Ingat, jika Anda kirim ke dompet yang sudah menggunakan SegWit (atau terima dari dompet SegWit), Anda akan dikenakan biaya yang lebih murah.

Sebagai penutup

Kami ingin mengucapkan terima kasih atas kesabaran Anda. Kami sudah berencana untuk meluncurkan SegWit lebih awal, namun dengan volatilitas harga, berbagai kepentingan, volume transaksi dan pendaftaran pelanggan baru yang luar biasa selama dua bulan terakhir, kami harus menggunakan semua sumber daya kami untuk memastikan performa situs & aplikasi serta memberikan waktu respon yang lebih cepat untuk para pelanggan kami.

Kami sedang dalam perjalanan untuk merevolusi dunia ke sistem keuangan yang lebih baik dan ini adalah salah satu titik penting dalam perjalanan kami. Kami ingin mengucapkan terima kasih telah memilih kami sebagai pemandu Anda menuju dunia baru ini dan kami berkomitmen untuk memberi Anda lebih banyak perbaikan dan pembaruan saat kita menuju ke sana bersama-sama.

Terima kasih.

Avatar Claristy
Penulis

Claristy

A graduate from the University of Indonesia, Claristy is young, enthusiastic, passionate and been awarded as one of the most outstanding students by several companies and institutions in Indonesia. She is a combination of a perfectionist and a high achiever.

Tidak ada kata terlambat untuk memulai.
Beli, simpan, serta pelajari Bitcoin dan Ethereum sekarang.

Desktop Icon Apple App Store Logo Google Play Store Logo