Blog Luno

To the moon: masa depan uang

Back to Blog

Mengapa Luno tidak menambahkan cryptocurrency lain?

Claristy
lama baca 3 menit

Ini adalah salah satu pertanyaan umum yang banyak kami terima dari komunitas kami. Kami memahami validitas pertanyaan ini; dan pertanyaan ini pula yang sering kami ajukan pada diri kami sendiri.

Dengan keberadaan lebih dari 1500 cryptocurrency (altcoin), dan banyak layanan bursa lainnya yang mendukung altcoin - “Bukankah akan lebih menguntungkan jika kami menambah altcoin sebanyak mungkin?

A set of measuring tools

Singkatnya, prioritas utama kami adalah menjaga keamanan cryptocurrency pelanggan kami, dan memastikan bahwa platform kami mudah digunakan oleh semua orang.

Kami sangat terbuka untuk menambah lebih banyakcryptocurrency, jika dan ketika situasinya mendukung; namun, setiap penambahan baru perlu disesuaikan dengan tujuan utama kami.

Kami telah menggali lebih dalam kriteria pemilihan kami sebelumnya, namun kami berpikir untuk kembali mengulangi mengapa kami hanya mendukung Bitcoin dan Ethereum untuk saat ini.

Keamanan, utilitas dan pertumbuhan pasar

Hal pertama yang kami perhatikan adalah keamanan jaringan. Kami menempatkan perhatian ekstra untuk memastikan jaringan tersebut tidak rentan terhadap hal-hal seperti:

Selain keamanan, kami juga mempertimbangkan beberapa hal ini:

  • Apakah cryptocurrency ini menyelesaikan kasus yang jelas dan unik? Apakah sudah ada solusi lain yang berhasil?
  • Apakah ia mengalami pertumbuhan pasar?
  • Apakah ia terdesentralisasi? Contohnya, apakah ia dikendalikan oleh organisasi tunggal atau perorangan?
  • Seperti apakah timnya? Apakah mereka memiliki pengalaman?
  • Apakah ia terhubung dengan penipuan atau skema pump and dump?

Ada banyak proyek cryptocurrency menarik yang berlangsung saat ini.

Harapannya adalah periode eksperimen ini akan membuahkan hasil yang bermanfaat dan inovatif.

Namun di balik optimisme kami, kami juga tetap berhati-hati. Untuk saat ini, kami belum merasa yakin akan masa hidup proyek-proyek di bidang ini. Karena itu, kami percaya bahwa tidak ada ruginya bila kami bersikap ekstra hati-hati, dan kami mendorong Anda melakukan hal yang sama.

Masa depan multi-currency

Walaupun demikian, kami tidak mengatakan bahwa Bitcoin akan menjadi satu-satunya cryptocurrency. Kami prediksi bahwa cryptocurrency terdesentralisasi yang akan merevolusi dunia ke sistem keamanan yang lebih baik.

Tidak ada cara untuk mengetahui apakah cryptocurrency itu adalah Bitcoin atau cryptocurrency lainnya. Kebanyakan Altcoin merupakan teknologi baru dan tidak dirancang untuk menggantikan Bitcoin sebagai sistem pembayaran. Jadi kemungkinan besar, paling tidak beberapa cryptocurrency akan eksis berdampingan bersama Bitcoin, untuk memberikan layanan di berbagai industri.

Altcoin tidak memiliki nilai secara inheren, dan mereka bukan mesin pembuat uang otomatis (ataupun definitif). Kebanyakan Altcoin ini dibuat dan bertahan tidak lama sebelum punah.

Agar suatu cryptocurrency memiliki nilai, harus ada permintaan pasar yang kokoh dan berkelanjutan. Ini adalah prinsip ekonomi yang paling dasar, namun sering dilupakan.

Tidak peduli seberapa menguntungkannya sebuah koin alternatif di atas kertas, ia tidak memiliki nilai jika orang-orang tidak menginginkannya. Kenaikan harga jangka pendek bukanlah indikator yang baik, karena bisa jadi itu hanya merupakan manipulasi yang bersifat sementara. Sebaliknya, kami lebih suka mencari adanya pertumbuhan yang berkelanjutan dan stabil.

Kami mengamati setiap perkembangan baru dalam bidang ini dan senantiasa terlibat dalam perbincangan konstan dengan perusahaan, para influencer, bank, pembuat kebijakan cryptocurrency serta banyak pihak lainnya. Kami 100% terbuka pada kemungkinan penambahan cryptocurrency lainnya, jika kondisinya mendukung.

Industri ini dirancang untuk terus berubah dan terus berkembang, sehingga konyol jika kami berkata bahwa kami mengetahui apa yang akan terjadi di masa depan. Kami memiliki visi jangka panjang; kami tidak fokus hanya pada keuntungan jangka pendek. Kami lebih memilih menunggu dan melihat perkembangan-perkembangan baru yang ada.

Kami tidak tergesa-gesa untuk terjun ke setiap cryptocurrency baru yang kelihatannya menjanjikan karena itu dapat mengacaukan visi jangka panjang kami. Kami tahu bahwa industri ini bergerak dengan kecepatan cahaya, namun kami percaya bahwa tidak ada salahnya bersabar jika itu artinya kami dapat membuat keputusan yang tepat untuk pelanggan kami.

Menjaga kesederhanaan

Kami ingin memastikan pelanggan kami dapat menggunakan Luno dengan mudah. Artinya, kami dengan serius merencanakan segala sesuatu yang akan kami tambahkan karena kami tidak ingin platform kami rumit bagi pelanggan kami. Pengguna baru bisa saja kewalahan terhadap banyaknya hal yang harus dipahami.

Jika Anda tertarik dengan Altcoin, Anda dapat menggunakannya melalui Luno. Jika Anda memiliki Bitcoin atau Ethereum di dalam dompet Luno Anda, Anda dapat menggunakan melalui ShapeShift atau Changelly untuk mengkonversikannya ke Altcoin yang Anda inginkan secara instan.

To the moon!

Avatar Claristy
Penulis

Claristy

A graduate from the University of Indonesia, Claristy is young, enthusiastic, passionate and been awarded as one of the most outstanding students by several companies and institutions in Indonesia. She is a combination of a perfectionist and a high achiever.

Tidak ada kata terlambat untuk memulai.
Beli, simpan, serta pelajari Bitcoin dan Ethereum sekarang.

Desktop Icon Apple App Store Logo Google Play Store Logo