Menguak Skema Pump-and-Dump di Balik Kabar Kerjasama Walmart & Litecoin #BeritaKripto

Tim Luno
Kembali ke blog


lama baca 3 menit

 

Adopsi BTC di El Savador sebagai booster market kripto

Pada hari Selasa lalu, Bitcoin resmi diperkenalkan sebagai alat tukar resmi di El Salvador. Namun, hal itu rupanya belum memberikan dampak positif pada pergerakan harga Bitcoin. Bahkan, BTC justru menurun tajam dari level US$52,000 (Rp746 juta) menuju US$43,000 (Rp642 juta) dalam kurun waktu satu hari.

 

Kini, harga BTC nampak mulai pulih dan tengah dipertukarkan pada kisaran US$48,000 (Rp687 juta). Tapi, kita masih perlu mengamati apakah keputusan EL Salvador untuk mengadopsi aset kripto tersebut akan berdampak positif, bahkan mampu menjadi booster untuk harga Bitcoin seperti yang diharapkan banyak orang.

 

Analisis tren turun market pasca adopsi BTC di El Savador

Sempat ada kabar bahwa jatuhnya harga pasar di waktu yang bersamaan dengan peluncuran Bitcoin di El Salvador adalah akibat dari selling the news (menjual aset setelah sebuah berita dirilis, hingga harganya jatuh). Namun, kita tidak bisa menyalahkan selling the news sepenuhnya. Karena jika dilihat lagi, seluruh pasar aset kripto juga mengalami kinerja yang tidak sebagus sebelumnya. Ternyata, ini adalah salah satu tanda bahwa kondisi ekonomi global tengah melemah secara meluas.

 

S&P 500, indeks dari 500 perusahaan besar yang paling banyak dipertukarkan, terus mencatat penurunan selama lima hari berturut-turut di minggu lalu. Kemudian disusul dengan pengumuman kondisi ekonomi yang suram di pasar tenaga kerja AS dan di tengah situasi ketakutan akan inflasi global.

 

Kerjasama Walmart dan LTC hanya hoaks belaka

Sementara itu, minggu lalu mungkin Anda telah mendengar kabar bahwa Walmart, perusahaan ritel terbesar di Amerika Serikat, telah mengumumkan bahwa mereka bekerja sama dengan Litecoin (LTC) untuk menyediakan pembayaran melalui kripto. Sayangnya, berita yang telah dimuat di berbagai media mainstream tersebut, bahkan Reuters salah satunya, ternyata hoaks belaka.

 

Belakangan diketahui bahwa berita tersebut berasal dari keterangan pers palsu untuk melancarkan skema pump-and-dump yang disusun amat rapi. Pump-and-dump adalah sebuah taktik untuk memanipulasi sentimen di pasar aset kripto. Sekelompok orang yang berkepentingan biasanya akan menggiring opini investor dan trader terhadap sebuah aset kripto, agar semakin banyak orang tertarik dan harganya naik (pump). Setelah itu, orang yang berkepentingan beramai-ramai menjual kripto mereka, hingga menimbulkan harganya jatuh (dump).

 

Peristiwa Walmart tersebut bisa menjadi pengingat tentang bagaimana berita besar dapat mempengaruhi pasar aset kripto, terutama pada koin-koin yang kurang likuid. Maka sebaiknya, lakukan riset Anda secara menyeluruh sebelum membuat suatu keputusan keuangan.

 

Mastercard mantapkan keterlibatannya di sektor kripto

Perusahaan layanan keuangan Mastercard telah mengakuisisi CipherTrace, sebuah perusahaan pelacak kripto yang mengembangkan solusi atau fitur untuk mencegah anti-pencucian uang kripto, forensik, dan intelijen ancaman blockchain.

 

Dalam sebuah pernyataan yang diberikan oleh Ajay Bhalla, presiden cyber dan intelijen Mastercard, mengatakan pertumbuhan pesat ekosistem aset digital membawa kebutuhan untuk memastikannya tepercaya dan aman.

 

Meskipun proses akuisisi tidak diungkapkan secara detil, hal ini menjadi upaya adopsi baru dari Mastercard di sektor kripto. Pada bulan Juli, perusahaan jasa keuangan ini mengumumkan rencana untuk mengizinkan pedagang menerima pembayaran dalam kripto. Pada bulan yang sama, Mastercard juga mengumumkan akan menggunakan stablecoin USDC sebagai aset penghubung bagi pemegang kartu.

 

 

Analisis harga

 

 

Menyusul kejatuhan harga di hari Selasa, bitcoin telah mengalami konsolidasi dalam rentang trading yang cukup sempit, dengan pembalikan level Support di angka $47,000 (671 juta) yang kini menjadi level Resistance.

 

Bitcoin sempat menyentuh level $42,000-$44,000 (Rp 608 juta - Rp 642 juta) saat penurunan. Level ini telah menjadi level Support yang penting bagi bitcoin. Jika harga turun menembus level ini, maka ini menandakan pembalikan tren dan bisa membawa pada pengujian harga di area $38,000 (Rp 550 juta). Harga juga kemungkinan akan mengalami sideway berkepanjangan dalam rentang $42,000-$50,000 (Rp 608 juta - Rp 721 juta). Harap perhatikan breakout dari rentang tersebut.

 

 

Isi artikel ini hanya bertujuan sebagai informasi dan bukan saran investasi atau bentuk rekomendasi ataupun ajakan. Luno selalu menyarankan Anda untuk mendapatkan nasihat keuangan oleh Anda dan untuk Anda sendiri sebelum berinvestasi atau trading cryptocurrency.

Avatar Tim Luno
Penulis

Tim Luno

Kami menulis semua hal tentang cryptocurrency untuk mengedukasi dan membuka lebih banyak mata serta pandangan tentang cryptocurrency. Blog kami menyampaikan pandangan Luno dan berbagai opini dan karakter unik di tim kami. Kami tidak akan pernah memberi Anda nasihat atau tips tentang keuangan, dan kami mendorong Anda untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya terlebih dahulu sebelum membeli atau terlibat dalam bursa cryptocurrency apapun. Dunia cryptocurrency adalah dunia yang menantang dan harga di pasar bisa berubah dalam hitungan detik, jadi lakukanlah investasi cryptocurrency Anda dengan bijak. Sampaikan kepada kami pendapat Anda tentang blog kami melalui Twitter kami @lunomoney

Jangan sampai ketinggalan!

Beli, simpan dan belajar tentang aset kripto sekarang

Desktop Icon Apple App Store Logo Google Play Store Logo