Blog Luno

To the moon: masa depan uang

Kembali ke Blog

Menjaga Bitcoin pelanggan kami dengan aman

Claristy
lama baca 3 menit

Di Luno, prioritas nomor satu kami adalah menjaga agar Bitcoin pelanggan kami tetap aman. Tim engineering kami ada untuk hal ini, senantiasa melakukan yang terbaik. Alasannya, reputasi perusahaan kami bergantung pada hal ini. Kami ingin menjadi tempat terbaik dan paling aman untuk siapa saja membeli dan menyimpan Bitcoin.

Rahasia menjaga Bitcoin Anda dengan aman adalah manajemen kunci yang efektif. Fungsi kriptografi yang menjaga agar Bitcoin Anda aman di dompet Luno didasarkan pada "kriptografi kunci publik".

Kriptografi kunci publik (Public key cryptography)

Kriptografi kunci publik berfungsi layaknya kotak pos. Siapa pun yang memiliki alamat kotak pos Anda dapat mengirimkan uang kepada Anda, namun satu-satunya cara untuk mengambil dan menggunakan uang itu lagi adalah dengan memiliki akses atau kunci kotak pos itu. Dalam istilah Bitcoin, kunci ini dikenal sebagai "kunci privat" dan setiap kunci dapat membuka alamat kotak pos tertentu yang dikenal sebagai "alamat dompet". Tanpa kunci privat, tidak ada yang bisa mengakses Bitcoin di dompet Anda. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga agar kunci privat ini tetap aman agar tidak hilang atau dicuri orang lain.

Anda mungkin dapat menyimpan kunci privat Anda di komputer Anda sendiri - tapi ini sama seperti menyimpan uang di bawah kasur Anda daripada menyimpannya di bank. Sayangnya, banyak orang tidak sepenuhnya memahami risiko yang terkait dengan penyimpanan sendiri. Oleh karena itu, ada orang-orang yang memahami bahwa lebih baik untuk mempercayai penyedia layanan dompet Bitcoin yang terpercaya untuk menyimpan Bitcoin Anda.

Ada 2 cara utama untuk menyimpan Bitcoin dengan aman; yaitu dengan menggunakan kombinasi sistem:

  • Offline: Menyimpan Bitcoin di komputer yang tidak terhubung ke internet. Hal ini menjaga kunci dengan sangat aman, namun sulit diakses. Metode penyimpanan offline ini dikenal sebagai "cold storage".
  • Online: Kunci dompet Bitcoin tersimpan di server yang terhubung ke internet. Hal ini membuat Bitcoin mudah diakses dan dapat dikirim dengan cepat, namun relatif kurang aman dibandingkan metode offline di atas. Ini dikenal sebagai penyimpanan "hot wallet"

Di Luno, kami melakukan prosedur tambahan di samping kombinasi metode itu untuk menjaga agar Bitcoin Anda tetap aman.

Sebagian besar Bitcoin pelanggan kami disimpan dengan kunci yang aman. Kunci ini lalu disimpan dalam brankas-brankas dalam kotak deposit yang aman di  beberapa bank di dunia. Kami menyebut sistem ini solusi penyimpanan "deep freeze" kami. Ada sejumlah proses dan prosedur khusus untuk memaksimalkan keamanan:

  • Kunci ke penyimpanan deep-freeze adalah kunci "multi-sig", yang berarti bahwa untuk memberi izin transaksi Bitcoin, dibutuhkan beberapa kunci yang hadir secara bersamaan. Hal ini mirip apa yang dilakukan di bank besar, dimana ada beberapa kunci yang harus diaktifkan bersamaan untuk membuka suatu brankas bank.
  • Hanya individu tertentu yang memiliki akses ke kotak deposit, dan satu orang tersebut tidak memiliki akses ke lebih dari satu kotak deposit.
  • Kunci privat di kotak deposit ini dienkripsi, jadi tidak mungkin pegawai bank dapat mencuri kuncinya.

Penyimpanan deep-freeze kami sangat sulit untuk diakses, jadi untuk keperluan operasional sehari-hari, sebagian kecil Bitcoin ini disimpan dalam sistem kombinasi yang menggunakan penyimpanan offline cold storage dan online hot wallet yang kami jelaskan sebelumnya. Hal ini memungkinkan kami untuk memastikan selalu ada Bitcoin untuk memproses pengiriman yang Anda butuhkan.

two-key-storage
Credit: https://www.flickr.com/photos/stuartconner/

Pastinya, menjaga keseimbangan antara keamanan dan ketersediaan Bitcoin Anda dengan cara ini membutuhkan keterampilan khusus.

Pelanggan kami menginginkan yang terbaik dalam keduanya - mereka menginginkan Bitcoin mereka sangat aman, namun mereka juga menginginkan akses cepat ketika dibutuhkan. Luno berusaha menyediakan kedua hal ini dengan menggunakan kombinasi cold storage dan hot wallet.

Keamanan tambahan

Selain langkah-langkah keamanan internal yang kami lakukan, kami juga telah melakukan integrasi mitra co-signing untuk hot wallet kami. Satu-satunya cara untuk menggunakan Bitcoin dari hot wallet kami adalah hanya jika Luno dan mitra kami memberikan otorisasi transaksi menggunakan kunci multi-sig masing-masing. Mitra kami juga menawarkan langkah-langkah keamanan tambahan seperti batasan penggunaan kunci harian dan seumur hidup.

Prosedur keamanan yang secara rutin kami ingatkan ke pengguna kami adalah untuk mengaktifkan  otentikasi dua faktor di akun Luno Anda. Kami mengamankan Bitcoin Anda dengan prosedur internal, namun Anda juga perlu melakukan prosedur tertentu untuk memastikan keamanan Bitcoin Anda.

Melindungi kunci privat secara efektif dan sempurna memang sulit. Saat Anda daftar ke layanan penyedia dompet Bitcoin, tanyakan pada diri Anda sendiri:

  • Apakah saya mempercayai orang-orang yang membuat produk atau layanan tersebut?
  • Apakah mereka mengerti dan menerapkan prosedur penyimpanan kunci yang aman?
  • Apakah mereka memiliki latar belakang teknis yang kuat dengan sumber daya yang cukup untuk bertahan lama?
  • Apakah mereka memiliki fitur keamanan khusus seperti otentikasi dua faktor atau apakah mereka terintegrasi dengan mitra khusus keamanan?
  • Apakah mereka menjalani audit keamanan dan keuangan secara berkala?
  • Apakah perusahaan itu didukung oleh investor kelas dunia?

Ringkasan

Saat memilih siapa yang harus dipercaya agar Bitcoin Anda tetap aman, lakukan riset Anda dan pilihlah perusahaan yang memiliki reputasi baik dan didukung oleh investor kelas dunia, memiliki tim teknik yang solid, menjadikan keamanan prioritas utama, dan menerapkan berbagai metode untuk menjaga Bitcoin Anda tetap aman.

Baca lebih lanjut di sini.

Avatar Claristy
Penulis

Claristy

A graduate from the University of Indonesia, Claristy is young, enthusiastic, passionate and been awarded as one of the most outstanding students by several companies and institutions in Indonesia. She is a combination of a perfectionist and a high achiever.

Tidak ada kata terlambat untuk memulai.
Beli, simpan, serta pelajari Bitcoin dan Ethereum sekarang.

Desktop Icon Apple App Store Logo Google Play Store Logo