Pasar bitcoin kembali bullish - Visa libatkan USDC

Tim Luno
Kembali ke blog


lama baca 2 menit

Minggu ini, pergerakan harga bitcoin bullish dan cendrung positif setelah pasar aset kripto terlihat datar sebelumnya. Bitcoin bullish secara perlahan naik ke angka US$60,000 (Rp 860 juta) setelah menunjukkan tren sideways selama beberapa pekan terakhir, dan kini bitcoin diperdagangkan di atas US$59,000 (Rp 840 juta).

 

Kenaikan terbaru ini terjadi usai kabar bahwa Visa meluncurkan proyek perdana yang melibatkan USDC - stablecoin terbesar kedua yang dipatokkan ke dolar AS. Meskipun tidak ada kaitan langsung dengan Bitcoin bullish, tindakan ini dinilai sebagai salah satu bentuk adopsi teknologi cryptocurrency yang semakin meningkat di industri keuangan mainstream.

 

Bertahannya bitcoin di atas level US$50,000 (Rp 700 juta) merupakan hal yang sangat mengesankan jika kita mempertimbangkan bahwa kondisi yang penuh FUD (fear, uncertainty and doubt / ketakutan, ketidakpastian, dan keraguan), dan merosotnya saham industri teknologi serta kenaikan dolar AS.

 

Bitcoin kini tengah memasuki akhir dari kuartal pertama 2021 dengan kenaikan Q1 terbesar dalam 8 tahun, terakhir yakni dengan hampir dari 100% kenaikan sejak awal tahun. Kenaikan ini juga melonjak 1,000% dari titik terendah bitcoin di bulan Maret 2020. Selain itu, permintaan (demand) dari sisi institusional dan ritel juga tidak pernah setinggi ini sebelumnya.

 

Data harga historis bitcoin menyimpulkan bahwa bulan April biasanya merupakan bulan yang baik untuk Bitcoin. Data pergerakan harga sepuluh tahun terakhir menunjukkan rata-rata kenaikan sebesar 51%. Akankah kenaikan baik ini terus berlanjut?

Analisis harga

Bitcoin kembali berhasil naik ke atas level US$59,000 (Rp 840 juta), setelah sideways di kisaran Rp 790 juta - Rp 800 juta.

Penurunan ke level US$50,000 (sekitar Rp 700 juta) terjadi pada hari Kamis lalu, namun harga telah kembali ke level Resistance US$58,000 (Rp 820 juta), bahkan lampaui US$59,000 (Rp 840 juta). Secara teknis, terlihat kondisi bitcoin bullish. Namun, jika bitcoin gagal bertahan di level Resistance-nya, US$54,000 (Rp 770 juta) - US$55,000 (Rp 785 juta) tampaknya akan menjadi Support baru bagi bitcoin.

Berita dan topik minggu ini

1. Visa rampungkan transaksi kripto pertamanya melalui Ethereum

Pada hari Senin, Visa mengumumkan rencana untuk mengizinkan penggunaan stablecoin, USD Coin (USDC), untuk menyelesaikan transaksi pada jaringan pembayarannya. Visa juga melibatkan penggunaan Ethereum yang berperan meniadakan konversi koin digital ke mata uang fiat sebelum transaksi diselesaikan.

 

2. Penambang Bitcoin menghasilkan lebih dari $1.5 miliar (Rp 21 triliun) di bulan Maret

Berdasarkan data yang dikumpulkan oleh The Block Research, sejauh ini para penambang (miner) bitcoin telah memperoleh pendapatan lebih dari US$1.5 miliar (Rp 21 triliun) di bulan Maret. Pencapaian ini menandai pendapatan terbanyak yang dihasilkan oleh sektor penambangan bitcoin dalam satu bulan.

 

Tips aman dan terhindar dari penipuan aset kripto

Dunia digital memiliki banyak keuntungan, namun kita juga perlu lebih waspada terhadap siapa dan apa yang kita percayai atau gunakan. Tidak terkecuali dengan aset kripto, apalagi saat bitcoin bullish seperti saat ini. Simak tipsnya dari kami untuk memastikan tidak ada seorang pun yang bisa mengakses akun atau uang Anda.

Avatar Tim Luno
Penulis

Tim Luno

Kami menulis semua hal tentang cryptocurrency untuk mengedukasi dan membuka lebih banyak mata serta pandangan tentang cryptocurrency. Blog kami menyampaikan pandangan Luno dan berbagai opini dan karakter unik di tim kami. Kami tidak akan pernah memberi Anda nasihat atau tips tentang keuangan, dan kami mendorong Anda untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya terlebih dahulu sebelum membeli atau terlibat dalam bursa cryptocurrency apapun. Dunia cryptocurrency adalah dunia yang menantang dan harga di pasar bisa berubah dalam hitungan detik, jadi lakukanlah investasi cryptocurrency Anda dengan bijak. Sampaikan kepada kami pendapat Anda tentang blog kami melalui Twitter kami @lunomoney

Jangan sampai ketinggalan!

Beli, simpan, dan belajar Bitcoin, Ethereum, XRP, dan Litecoin sekarang

Desktop Icon Apple App Store Logo Google Play Store Logo