Berita Kripto: Pecah rekor - Harga Bitcoin Rp330 juta!

Tim Luno
Kembali ke blog


lama baca 3 menit

 

Penggila kripto di seluruh dunia dikagetkan dengan pecahnya rekor harga tertinggi Bitcoin sepanjang masa (all-time high). Seolah tak puas pecahkan rekor satu kali, dalam beberapa pekan terakhir Bitcoin sempat menerobos all-time high December 2017 pada 30 November di harga US$19,684 (Rp 278 juta), kemudian dilanjutkan dengan all-time high terbaru di kisaran Rp 300 juta lebih. Sekarang Bitcoin berada di rentang harga US$ 23.000 (Rp 320 - 330 juta), setelah naik lebih dari US$ 3.000 (Rp 42 juta) dalam 24 jam terakhir.

 

Aset kripto lainnya terpantau mengikuti trend naik ini dalam 24 jam terakhir. ETH mengikuti pergerakan BTC sepanjang minggu kemarin seperti yang bisa Anda lihat di grafik di atas, namun korelasi antara Bitcoin, pasar saham dan kelas aset lainnya semakin menurun. Korelasi dengan S&P telah menurun dengan konstan sejak awal Oktober, dengan keuntungan luar biasa Bitcoin dalam beberapa bulan terakhir yang semakin memisahkannya dengan kebanyakan aset lain. Korelasi dengan S&P500 kini berada pada titik terendah sejak keanjlokan di bulan Maret.

Dilihat dari segi historis, Bitcoin adalah sebuah aset yang tidak berkorelasi. Tetapi peristiwa-peristiwa yang terjadi di tahun ini sempat menimbulkan pertanyaan mengenai hal tersebut. Namun, dengan “pemulihan alam” yang terjadi serta ketakutan dan ketidakpastian yang semakin menurun, Bitcoin kembali terpisah dengan aset lainnya dan kembali ke pergerakan yang tidak berkorelasi.

 

Analisis harga

Level teknikal yang kita amati sekarang ada pada level yang sama dengan minggu lalu meskipun level resistance telah ditembus. Bitcoin sempat menukik jatuh ke pertengahan level US$ 17 ribu (Rp 241 juta) minggu lalu, namun kembali pulih dengan segera. Penutupan mingguan di atas US$18,000 (Rp 255 juta) masih merupakan tanda bullish. Bahkan kejatuhan di level US$ 16 ribu (Rp 234 juta) bukan berarti kondisi bearish, melainkan hanya indikasi periode rentang sebelum pergerakan naik Bitcoin.

 

Satu minggu “Extreme Greed” tinggi lagi

Meskipun terjadi fluktuasi di sepanjang minggu kemarin, Indeks Fear and Greed kembali di atas level 90. Apakah kita akan melihat rekor tertinggi baru lagi minggu ini? Jika Bitcoin mengikuti tren terakhir, maka angka tertinggi baru mungkin akan dicapai. Meskipun jika kita lihat secara historis, performa di masa depan mungkin akan mengalami penurunan dalam hal kepercayaan pasar secara keseluruhan dalam waktu dekat.

 

Kenaikan volume Bitcoin mengekor kenaikan harga

Volume yang diperdagangkan selama 24 jam terakhir adalah US$ 55.018.131.019, naik dari $ US$ 26.741.982.541 kemarin. Volume yang tinggi dapat menunjukkan bahwa pergerakan harga yang signifikan memiliki dukungan yang lebih kuat dan kemungkinan besar akan bertahan.

 

Volatilitas menurun di bulan Desember

Setelah mencapai angka di atas 5% dua minggu lalu, kini kita kembali di rentang 2-3% lagi. Angka ini telah menjadi level rata-rata untuk volatilitas 7-harian selama beberapa bulan terakhir. Bitcoin tidak bergerak secepat di bulan November lalu dan volatilitas 7-harian telah menurun hampir separuhnya selama beberapa minggu ini. Namun merujuk pada volatilitas harian, terjadi kenaikan volatilitas harga Bitcoin selama 30 hari terakhir yaitu di angka 55,46%.

Avatar Tim Luno
Penulis

Tim Luno

Kami menulis semua hal tentang cryptocurrency untuk mengedukasi dan membuka lebih banyak mata serta pandangan tentang cryptocurrency. Blog kami menyampaikan pandangan Luno dan berbagai opini dan karakter unik di tim kami. Kami tidak akan pernah memberi Anda nasihat atau tips tentang keuangan, dan kami mendorong Anda untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya terlebih dahulu sebelum membeli atau terlibat dalam bursa cryptocurrency apapun. Dunia cryptocurrency adalah dunia yang menantang dan harga di pasar bisa berubah dalam hitungan detik, jadi lakukanlah investasi cryptocurrency Anda dengan bijak. Sampaikan kepada kami pendapat Anda tentang blog kami melalui Twitter kami @lunomoney

Jangan sampai ketinggalan!

Beli, simpan, dan belajar Bitcoin, Ethereum, XRP, dan Litecoin sekarang

Desktop Icon Apple App Store Logo Google Play Store Logo