Sempat meradang, harga Bitcoin Cs mulai pulih ke zona hijau #BeritaKripto

Tim Luno
Kembali ke blog


lama baca 2 menit

 

 

Pasar kripto dibuka cukup fluktuatif minggu ini, kemudian sempat jatuh ke level terendah dalam sebulan terakhir. Pada Rabu malam, harga Bitcoin pun berada di kisaran US$40,000 (Rp 575 juta), turun 10% dari harga tertinggi pada akhir minggu yaitu di kisaran US$49,000 (Rp 686 juta). Ethereum (ETH) juga mengalami penurunan sekitar 10% ke bawah US$3,000 (Rp 42 juta) untuk pertama kalinya dalam sebulan terakhir.

 

Tak perlu waktu lama, harga kedua aset kripto ini kembali pulih dan menunjukkan kenaikan. BTC dan ETH naik masing-masing hampit 6% dan 11% dalam 24 jam terakhir. Saat berita ini ditulis, Bitcoin diperdagangkan di kisaran US$44,000 (Rp 630 juta). Sedangkan Ethereum di rentang US$3113 (Rp 44 juta).

 

Penyebab harga aset kripto meradang

Kondisi penurunan pada Rabu malam diduga terjadi karena beberapa hal. Salah satunya adalah koreksi besar di pasar keuangan, yang juga menurun tajam di minggu ini. Di New York, saham blue-chip FTSE 100 jatuh ke poin terendah dalam dua bulan terakhir di hari Senin. Sementara Nasdaq, S&P 500, dan IHSG ditutup dengan penurunan masing-masing sebesar 2.2%, 1.7%, dan 1.2%

 

Peristiwa ini terjadi di tengah prediksi ekonomi yang belum pasti, masih meluasnya penyebaran varian Delta COVID-19, inflasi meningkat, dan hambatan pada rantai pasokan yang menimbulkan berbagai masalah di seluruh dunia, dan kabar kurang baik dari raksasa properti di Tiongkok.

 

Runtuhnya Evergrande Corp di Tiongkok

Raksasa properti nomor dua terbesar Tiongkok, Evergrande Corp, terlilit utang sebesar kira-kira US$300 miliar (Rp 4.200 triliun) kepada banyak kontraktor, investor dan pembeli rumah. Hal ini menyebabkan ketakutan akan munculnya masalah sistemik pada pasar global, dan memicu aksi jual besar-besaran. 

 

Ketakutan yang berkembang bahwa kehancuran Evergrande, dan kerugian yang harus ditanggung oleh bank dan pemegang obligasi, akan menimbulkan efek domino seperti yang dialami Amerika Serikat pada September 2008 silam. Saat itu, bank investasi Lehman Brothers pun harus mengalami keruntuhan.

 

Analisis harga

 

 

Pergerakan harga minggu ini mirip dengan minggu lalu. Harga dibuka dengan kenaikan yang cukup stabil usai konsolidasi harga yang berlangsung selama beberapa hari dan diakhiri dengan penurunan besar.

 

Level Support vital kini mendekati harga terbaru di kisaran US$42,000 - US$43,000 (Rp 588 juta - Rp 602 juta). Jika Bitcoin tidak berhasil mempertahankan level Support ini, maka akan terjadi pembalikan tren dan bisa membawa ke pengujian di level Support selanjutnya di angka US$37,500 (Rp 525 juta).

 

Di sisi lain, level Resistance terdekat berada di kisaran US$48,000 (Rp 672 juta). Level US$46,000 - US$48,000 (Rp 644 juta - Rp 672 juta) telah menjadi rentang konsolidasi penting di selama bulan Agustus dan September.

 

Jika Bitcoin berhasil menembus level Resistance di level US$48,000 (Rp 672 juta), maka level penting berikutnya yang perlu ditembus adalah di angka US$53,000 (Rp 742 juta), harga tertinggi sebelum jatuh di tanggal 7 September.

 

 

Isi artikel ini hanya bertujuan sebagai informasi dan bukan saran investasi atau bentuk rekomendasi ataupun ajakan. Luno selalu menyarankan Anda untuk mendapatkan nasihat keuangan oleh Anda dan untuk Anda sendiri sebelum berinvestasi atau trading cryptocurrency.

Avatar Tim Luno
Penulis

Tim Luno

Kami menulis semua hal tentang cryptocurrency untuk mengedukasi dan membuka lebih banyak mata serta pandangan tentang cryptocurrency. Blog kami menyampaikan pandangan Luno dan berbagai opini dan karakter unik di tim kami. Kami tidak akan pernah memberi Anda nasihat atau tips tentang keuangan, dan kami mendorong Anda untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya terlebih dahulu sebelum membeli atau terlibat dalam bursa cryptocurrency apapun. Dunia cryptocurrency adalah dunia yang menantang dan harga di pasar bisa berubah dalam hitungan detik, jadi lakukanlah investasi cryptocurrency Anda dengan bijak. Sampaikan kepada kami pendapat Anda tentang blog kami melalui Twitter kami @lunomoney

Jangan sampai ketinggalan!

Beli, simpan dan belajar tentang aset kripto sekarang

Desktop Icon Apple App Store Logo Google Play Store Logo