Sentimen berubah positif saat pasar kripto turun? #BeritaKripto

Tim Luno
Kembali ke blog


lama baca 3 menit

Harga Bitcoin terus menurun dari level ATH hingga ke bawah level US$56.000 (Rp784 juta) pada hari Senin. Saat ini, harga tampak cukup stabil di kisaran US$57.000 (Rp798 juta). Apakah harga Bitcoin bisa kembali melambung, atau justru semakin terjun?

Kondisi pasar secara umum sebetulnya terlihat cukup positif, usai pengumuman Presiden AS Joe Biden di hari Senin. Biden menunjuk kembali Jerome Powell untuk menjadi Ketua bank sentral Amerika Serikat, Federal Reserve.

Selama ini, Jerome Powell nampak memiliki pandangan positif terhadap Bitcoin, dan cukup kritis terhadap peraturan terkait aset kripto. Kabar tersebut memberikan dorongan positif kepada sekuritas dan aset kripto, namun sepertinya belum cukup untuk menaikkan pergerakan harga.

Bitcoin berhasil menembus US$60,000 (Rp840 juta) di akhir pekan. Tapi dengan berkurangnya aktivitas trading akibat perayaan Thanksgiving di Amerika, akankah kenaikan harga terjadi juga di minggu ini?

Kenapa Hillary Clinton Insecure dengan Popularitas Kripto?

Pekan lalu, mantan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Hillary Clinton, memberikan pernyataan yang cukup menarik perhatian di Forum Bloomberg New Economy. Ia mendesak seluruh negara untuk memperhatikan kebangkitan cryptocurrency atau aset kripto, karena menurutnya, kripto bisa merusak peran dolar sebagai salah satu mata uang di dunia, dan mengganggu kestabilan negara.

Walaupun begitu, masih banyak juga yang optimis bahwa kripto dan dolar akan saling melengkapi, dan tidak bisa dijadikan saingan antara satu dan yang lain.

Proyek Raksasa El Salvador Berikutnya: Kota Bitcoin

Sementara itu, El Salvador baru saja mengumumkan rencana ambisius pembangunan kota Bitcoin. Presiden El Salvador, Nayib Bukele, belum mengumumkan kapan proyek ini akan dimulai. 

Tapi, proyek ini ditaksir akan menelan dana senilai 300.000 BTC atau sekitar Rp241 triliun. Kota Bitcoin ini rencananya akan berlokasi di kawasan gunung berapi Conchagua, sehingga bisa memanfaatkan energi panas bumi sebagai sumber tenaga mesin mining (penambangan) Bitcoin. Fasilitas yang biasa ada di kota pada umumnya seperti rumah sakit, pusat perbelanjaan, hingga rumah sakit, juga rencananya akan disiapkan di kota Bitcoin.

Perusahaan Asal Singapura Siap Melantai di NASDAQ Lewat Daur Ulang Energi Sisa Mesin Mining

Sebagai salah satu upaya untuk membuat aktivitas mining kripto lebih ramah lingkungan, perusahaan asal Singapura bernama SAITech menciptakan sebuah teknologi untuk memanfaatkan energi panas yang dihasilkan dari mesin mining. Energi sisa tersebut nantinya akan didaur ulang dan digunakan untuk kebutuhan rumah tangga, pertanian, hingga industri. SAITech bahkan tengah dalam proses untuk terdaftar di bursa saham NASDAQ lewat jalur SPAC (special purpose acquisition company).

Analisis harga Bitcoin

Bitcoin tengah diperdagangkan di level US$57.000 (Rp 798 juta) setelah gagal mempertahankan level support di US$58.000 (Rp 812 juta) pada rentang konsolidasi sebelumnya. Level US$58.000 kini menjadi area resistance utama. Sebelum pecahnya ATH di bulan Oktober, Bitcoin telah menguji level resistance ini selama beberapa hari sebelum akhirnya menembus US$60.000 (Rp 840 juta).

Untuk sementara ini, Bitcoin tampaknya telah menemukan support di angka US$55.000 (Rp 770 juta) setelah tiga kali menguji level ini. Jika gagal mempertahankan support, maka level support berikutnya ada di area US$53.000 (Rp 742 juta). Selain itu, pada aksi jual besar-besaran di bulan September, Bitcoin sempat mengalami support di level US$38.000 (Rp 532 juta).

Sinyal bullish bitcoin adalah jika berhasil mendapatkan support di atas garis tren pada kisaran US$50.000 (Rp 700 juta). Jika harga bergerak di bawah garis tren ini, maka ini adalah indikasi bahwa tren bullish telah berakhir.

Isi artikel ini hanya bertujuan sebagai informasi dan bukan saran investasi atau bentuk rekomendasi ataupun ajakan. Luno selalu menyarankan Anda untuk mendapatkan nasihat keuangan oleh Anda dan untuk Anda sendiri sebelum berinvestasi atau trading cryptocurrency.

Avatar Tim Luno
Penulis

Tim Luno

Kami menulis semua hal tentang cryptocurrency untuk mengedukasi dan membuka lebih banyak mata serta pandangan tentang cryptocurrency. Blog kami menyampaikan pandangan Luno dan berbagai opini dan karakter unik di tim kami. Kami tidak akan pernah memberi Anda nasihat atau tips tentang keuangan, dan kami mendorong Anda untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya terlebih dahulu sebelum membeli atau terlibat dalam bursa cryptocurrency apapun. Dunia cryptocurrency adalah dunia yang menantang dan harga di pasar bisa berubah dalam hitungan detik, jadi lakukanlah investasi cryptocurrency Anda dengan bijak. Sampaikan kepada kami pendapat Anda tentang blog kami melalui Twitter kami @lunomoney

Jangan sampai ketinggalan!

Beli, simpan dan belajar tentang aset kripto sekarang

Desktop Icon Apple App Store Logo Google Play Store Logo